Kamis, 04 Desember 2008

Sedikit Pengalaman Pribadi Tentang PHK



لسلام عليكم و رحمة الله و بركاته


Membaca harian Kompas hari ini tentang adanya Pemutusan Hubungan Kerja ( PHK ) dan yang dirumahkan per 28 November 2008 adalah 16.988 orang.....pantastis sekali jumlah itu....kalau setiap karyawan/kepala keluarga mempunyai keluarga 3 orang ( istri + anak ), maka ada 67.952 yang akan menanggung beban ekonomi yang cukup sulit, karena bagaimanapun juga ketika kepala keluarga tidak lagi bekerja atau dirumahkan untuk sementara waktu atau mungkin juga sementaun...maka kalau tidak kuat iman akan terjadi dekadensi moral yang cukup parah tentunya.

Sebelumnya biasa ngantor, tiba-tiba harus nongkrong dirumah....sebelumnya sibuk dan mungkin juga pulang malam, tiba-tiba hanya celangak-celinguk saja dirumah...belum lagi anak-anak nanyain Papa kok ngak kerja-kerja sih....atau mikirin pemasukan untuk biaya dapur bulan depan ....dan seterusnya dan sebagainya.

Hal seperti ini pernah saya alami tahun 2004 yang lalu, sungguh memilukan deh...meskipun saat itu uang Pensiun dari perusahaan bisa mengcover kami sekeluarga untuk waktu lebih dari 4 tahun...tapi bathin ini tetap aja gelisah...memikirkan bagaimana masa depan anak-anak dan keluarga kelak....saya pensiun dari perusahaan waktu itu atas kehendak saya sendiri, dimana perusahaan menawarkan untuk pensiun dini karena perusahaan berencana mengurangi karyawannya.....melihat Posisi yang sulit untuk naik ke posisi yang lebih tinggi dan ingin mencoba untuk bekerja ditempat lain, akhirnya keputusan  untuk mendapatkan Golden Shakehand saya ambil......dan ketika sudah tidak bekerja lagi....setiap hari dirumah bengong ngak ada kerjaan, tidur, Ibadah...bangun,...noton TV ..ngater anak sekolah.....begitu terus.....sungguh sangat membosankan tentunya....!!!

Setelah lebih dari 10 Hari Bengong dirumah...akhirnya untuk killing of waste time saya putuskan untuk berbisnis....bisnisnya waktu itu jual beli mobil....alhamdulillah dengan jual beli mobil ini pendapatan yang masuk lumayan lah...paling rendah dapet keuntungan 750 rb...waktu jual mobil Karimun....karena waktu itu yang belinya Ibu-ibu....jadi nawarnya seru deh......!!! dan waktu itu jual mobil terasa gampang bener deh....yang susah itu mencari mobil yang bagus....dalam hal ini saya memang hati-hati sekali ...karena takut tertipu.....pan bisa berabe kalo sampai tertipu.....yang penting mesin bagus kalau soal penampilan bisa dipoles....ketika dapet mobil biasanya langsung saya perbaiki penampilan interiornya...lalu diiklankan dikoran....sudah itu tinggal tunggu telepon untuk tawar menawar.... pembeli akan datang dan melihat kondisi, sudah itu langsung transaksi jika deal tentunya...sederhana sekali.

Tetapi selain dibisnis itu, surat lamaran kerja juga saya sebar keberbagai perusahaan baik itu melalui Internet ataupun melalu Iklan dikoran-koran Nasional...khususnya harian Kompas....dan Syukur Alhamdulillah..pada bulan Juni tepat 3 bulan setelah saya menganggur akhirnya saya dapet juga kerjaan ditempat yang baru...tapi posisi dan tugas bukan seperti tempat kerjaan sebelumnya....malah tambah lagi....!!!

Karena kesibukan ditempat yang baru ini, bisnis jual beli mobil yang menguntungkan itu akhirnya saya tinggalkan....sebab istri selalu khawatir dengan bisnis saya....soalnya kalo sampe tertepu khan resikonya sangat besar sekali....dan karena surat lamaran yang saya kirim dulu kebanyakan....maka tawaran/panggilan Interview juga berdatangan tak henti-hentinya....tapi apa boleh buat karena saya sudah dapat kerjaan saya hanya memilih perusahaan yang bener-bener bonafide untuk saya datangi Interviewnya...dan waktu interview pun disesuaikan dengan kondisi kerja saya.

Jika merenung, terus terang waktu itu saya masih beruntunglah...ini keputusan untuk mem PHK atau merumahkan Karyawan pada kondisi ekonomi yang bener-bener sulit, saya juga tidak tahu apakah keputusan itu berarti setiap karyawan mendapatkan pesangon yang besarnya sesuai Undang-undang, syukur-syukur kalau lebih dari Normatif tentunya.

Tapi yang penting manusia itu dalam kondisi terjepit pasti otaknya akan bekerja keras dan akhirnya akan bertindak Kreatif .... tapi Kreatif yang Positif tentunya....untuk itu Peningkatan Ibadah dan memohon Pertolongan dari Allah YME adalah hal yang harus......sehingga Imajinasi kreatif kita akan berkembang kearah yang positif tentunya kalau kita selalu berlindung kepadaNYA.

Dear Teman-teman itulah sekelumit pengalaman pribadi yang mungkin bisa saya share disini....didalam kesulitan  pasti ada jalan keluarnya, yakinlah itu dan yang pasti mintalah Petunjuk dariNYA, dengan usaha dan do'a  tentunya, khususnya Shallat Malam.

Mudah-mudahan tulisan ini ada manfaatnya, lebih dan kurang saya mohon maaf.



Tangerang, 3 Desember 2008.


Wasalam,




Image soure : Klick




10 komentar:

iip rifai mengatakan...

Wah pernah bisnis mobil juga ya, hebat kreatif :)

Agam Fatchurrochman mengatakan...

Waktu saya mundur dari perusahaan tambang karena tidak cocok dengan orang-orangnya (pada hobi politicking semua, muak melihat bupati yang dasamuka), keluarga saya sih ok dengan pilihan saya. Yang aneh, pakde bude malah menudur saya dipecat? Hancur hatiku.....
Alhamdulillah dapat pekerjaan yang remunerasinya dua kali dari sebelumnya.

Kakang S mengatakan...

Bagi pemilik perusahaan posisinya juga susah... gimana bisa ngaji karyawan kalo produksinya tidak laku... nggak ada yg beli, berarti nggak ada cash flow yg masuk.... Apalagi dengan meroketnya dollar dari 9200 ke posisi 12000, wah tambah pening si pemilik perusahaan

Lusy Mardiani mengatakan...

alhamdulillah suamiku blom pernah kena PHK (mudah2an jangan deh)

Papanya Inez GP mengatakan...

Kok juga sih mas Iips, berarti pernah ngelakoni ya....??? hehehehe

Papanya Inez GP mengatakan...

Syukur Alhamdulillah kalau gitu mas Agam.....!!!
Tetapi saat saya mengajukan untuk mudur 2 Boss saya juga ikut mundur.....hehehe
Saat Bisnis jual-beli mobkas....istri sangat mendukung tapi dia selalu khawatir tertipu....invest dibisnis ini khan gede....jadi takut bener dia saya tertipu.....sedangkan itu buat makan kita sekeluarga....!!

Yang penting kita yakin dengan apa yang kita lakukan, selebihnya kita akan berjalan dengan mantabs....peke be.....hehehe

Papanya Inez GP mengatakan...

Memang bener mas Anang, delematis sekali apalagi pemberi kerja juga hutangnya banyak.......!!!
Bersyukurlah kita yang mempunyai pekerjaan....meskipun gajinya kurang memuaskan dengan tanda petik tentunya.....tapi setidaknya ada kontinyuitas pemasukan....!!!

Waktu kita dulu sering adanya slow down...beli material mahal...customer ngak bisa bayar......barang sejenis masuk dari cina dengan harga murah......wah2 bener-bener pusing buat pengusaha....cash flow ngak lancar...untung aja masih dicover oleh pemilik yang dari jepun....tapi dengan syarat decresing manpower.

Cheers up dan bersyukur selalu ....!!

Papanya Inez GP mengatakan...

Intinya di Kompetensi....kalau kompetensi kita bagus dan menguntungkan perusahaan maka kita tetap dipertahankan....mudah2an si-ayah teteup kerja terus dengan dukungan Mbak Lussy tentunya.

Didit FA mengatakan...

tapi seperti yg papa Inez bilang.. jika sudah mencapai titik ini.. "Posisi yang sulit untuk naik ke posisi yang lebih tinggi" dan ketika kondisi perusahaan sedang tidak baik.., saat itu justru kita "berharap" utk di-PHK, mengingat 'severance pay' yg bakal diperoleh. walau perusahaan tidak 'memilih' kita utk di-PHK, tapi kita mengajukan diri saja utk masuk dalam daftar karyawan yg di PHK. dibanding kalau kita 'resign' secara normal, kan tidak mendapatkan renumerasi yg kadang cukup lumayan..

tentu.. PHK dalam konteks ini adalah PHK karena kondisi perusahaan yg sedang terimbas resesi.., bukan PHK karena kita berbuat kesalahan yg mana akan tercatat dalam pengalaman kerja kita.

Papanya Inez GP mengatakan...

Qiqiqiqiqi.....jadi malu nich ketahuan sama oum Didit....!!!