Jumat, 18 April 2008

Sosok Yan Partawijaya yang Saya Kenal


Rating:★★★★
Category:Other
لسلام عليكم و رحمة الله و بركاته


Sosok Yan Partawijaya, mengingatkan saya kembali ke kenangangan masa lalu yakni diera tahun 80an dimana Bapak almarhum sangat senang dan getol nonton berita di TVRI yakni “ Dunia dalam Berita “ apalagi kalau penyiar beritannya yaitu “ Yan Partawijaya “.
Karena Bapak Almarhum dulu punya beberapa Tokoh Idola atau pujaan diantaranya : Ir. Soekarno, Jendral M. Yusuf dan Menteri Penerangan Ali Murtopo dan Penyiar Berita Kesayangan Yan Partawijaya.
Jadi kalau kita lagi nonton yang beritanya menyangkut ke 4 orang tersebut diatas … dan diantara kita ada yang ngomong sedikit aja…. pasti yang lain akan mengingatkan sambil meniup jari telunjuk…sestttt….!!

Suatu kebetulan yang diluar dugaan, dimana saat Field Break hari kamis tanggal 17 April ketika sedang menunggu boarding pass di bandara Sultan Tahha jambi saya bertemu dengan Mantan Penyiar kesayangan almarum Bapak “ Yan Partawijaya “ , langsung saja saya sapa Pak Yan ya….??? Eh langsung pula beliau menyapa dengan salaman… ya saya Yan….wah ramah juga nich saya pikir….!!!

Bapak masih tampak masih muda sapa saya, …. Pulang dinas ya Pak…?? Iya jawabnya baru saja menengok lahan di seputaran jambi di PT Wirya Karya Sakti.
PT. WKS ini bergerak dalam bidang Tanaman Industi Bubur kertas yang areal penguasaan hutannya meliputi sebagian besar provinsi jambi hingga perbatasan Riau, sangat luas memang bahkan sumur2 minyak lokasi tempat saya bekerja itu dikelilingi oleh hutan2 akasia yang merupakan hutan produktif, dan jalan-jalan yang menuju sumur-sumur itu dikembangkan, dijaga dan dipelihara oleh PT. WKS dan PetroChina.
Beliau mungkin meninjau dan melihat dari dekat pengelolaan Hutan Tanaman industi di jambi yang bekerja dibawah naungan Sinar Mas Group, karena beliau adalah salah seorang petinggi dari Konglomerat Indonesia yang masih exsist di tanah air tercinta ini.

Setelah ngobrol kesana-kemari, saya bertanya ke Pak Yan,….Pak Yan, menurut Bapak Bagaimana sih Hutan di Indonesia sekarang….???
Menurut Hemat saya Hutan Indonesia perlu dekelola dan dijaga kelestraiannya, untuk daerah tertentu keaslian hutan perlu tetap dilestarikan tapi untuk daerah2 yang produktif perlu dikembangkan menjadi hutan industri ataupun pertanian, kalau kita ke malaysia maka sepanjang jauh mata memandah akan tampak menghijau oleh pepohonan kelapa sawit sehingga ada banyak TKI yang dikirim kesana untuk bekerja di pertanian kelapa sawit, nah kalau itu kita kembangkan disini maka kita tak perlu lagi mengirim TKI ke Malaysia, ujurnya

Sebetulnya ada banyak lagi penjelasan beliau, tapi karena yang nangkep wartawan kelas nyamuk ya … yang ketulis juga nyamuk-nyamukan…. juga…hehehehe…..!!!

Tapi sepertinya kalau bicara masalah hutan beliau memang sudah menguasainya, tapi ketika saya singgung ke masalah yang lain beliau rada ragu-ragu juga menjawab : misalnya saya Tanya begini :….Pak Yan sejak beberapa tahun yang lalu BSD City kan sudah di ambil alih oleh groupnya Sinar Mas… kenapa setelah diambil alih nama-nama clusternya menjadi kebarat-baratan gitu ya Pak ….??? Sperti : Green Cove, The Latinos, Santiago, Virginia, Foresta, Costa Rica, Sevilla, De Rio, .. dst…dsb…Bukannya kita jadi asing di negeri sendiri Pak…..???

Wah itu tuh… saya juga kebetulan bawa orangnya bersama rombongan saya…..sambil nengok kiri-kanan orang yang dicari ngak ada…..akhirnya dia jawab sendiri “ ya kemungkinan itu dibuat agar cluster baru tersebut bisa cepat laku “ wah ini jawaban kayaknya ngak srek buanget ke hati saya….masak Pak gara-gara nama orang jadi ga mau beli bukannya waktu BSD masih dimiliki oleh Ciputra Group nama-nama indonesianya sangat mengental seperti misalnya “ Angrek Loka, Giri Loka, Nusa Loka, Griya Loka, Kencana Loka dsb…dst….” Karena ga punya kekuatan untuk menekan beliau dan karena saya juga respek benget sama beliau yang menampilannya sangat sederhana dan bersahaja jadi saya Cuma titip pesen sama beliau “ Tolong ya Pak titip itu satu biarkan kita bangga dengan nama-nama Indonesia yang kita miliki “ jangan kita masuk ke serpong atau BSD tapi nama2nya kita asing….:).
Beliau tidak menjawab permintaan saya tapi di jawab dengan senyum, senyum khas seorang penyiar yang jarang kita lihat tersenyum kalau lagi membaca berita.

Pak Yan juga cerita bahwa ketika sebagai penyiar Berita di TVRI itu hanya sambilan saja, sebetulnya dia bekerja di Bank Duta waktu itu... tapi karena hobinya membaca ya pelampiasan baca itu melalui pembacaan berita di TVRI itu, katanya dengan mengenang.....wah dalam hati anak2 dirumah ga ada satupun yang doyan baca ya...???..:)

Pak Yan, kalaupun Bapak Saya Almarhum belum sempat bertemu langsung dengan mu…tapi anaknya yang sok jadi wartawan ini akan tersenyum dan bercerita….bahwa sosok Penyiar berita yang dikagumi oleh beliau betul tak mengecewakan anaknya….bahwa memang sosok Yan Partawijaya memang sosok yang patut diidolakan, berbicaranya Lugas, tegas dan juga santun….sehingga cerita yang terangkai dari kata-kata terungkap dari ucapan yang bermakna …..!!!

Selamat Berjuang Pak Yan....mari kita bangun negeri ini demi anak cucu kita kelak, dan ketika mereka tersenyum kitapun akan tetap tersenyum karena hutan yang kita miliki masih tetap awet dan Lestari......dan kita pun tidak asing tinggal di negeri sendiri....karena nama2 kampung kita atau tempat tinggal kita adalah nama2 dari bahasa yang biasa dipakai dikehidupan kita sehari-hari, Amin...!!

Terakhir, semoga tulisan yang sederhana dan ringkas ini terbaca juga oleh petinggi2 Sinar Mas lainnya,.... tapi kalo anda juga memiliki presepsi yang sama dengan saya, tetang seorang penyiar diera 80-90an, tentang hutan....tentang nama2 asing di perumahan elite....kita sharing yuck.....!!!


Tangerang, 17 April 2008

16 komentar:

HanunG RebeL mengatakan...

ingatan saya langsung terputar pada film TERMINAL ya pak zul, walaupun alur ceritanya beda dengan cerita pak zul, tapi yaa seneneg aja dengarnya..saya suka banget nonton film terminal itu :-)

Papanya Inez GP mengatakan...

Terminal Film baru ya Mas hanung.....??? sorry nich...aqu gak ngeh....!!!

HanunG RebeL mengatakan...

film lama pak zul, tom hanks klo tidak salah, yang dia 'terdampar' di bandara karena negaranya kisruh jadi ga bisa masuk amrik, n ga bisa dideportasi pulang, trus dia jadi penghuni bandara..

Papanya Inez GP mengatakan...

Wah belum nonton tuh...padahal Tom Hanks bintang favorit juga apalagi berpasangan sama Meg ryan..wah pas deh..judul filmnya lupa aqu....!!

Tapi pas dibandara kemaren ketema sama Pak Yan...wah bener deh sedehana dan bersahaja bener orangnya....kalo dia mau pasti dia duduk di Executive Longue...dia ngak berdiri muter2 mengelilingi tempat duduk dibandara sambil melihat gambar....trus tas yg dia bawa travel bag biasa....ga keren biasa aja....tapi dandannya rapi....saya punya photonya di hp n6600, pas mo didownload card readernya ketinggal dikamar camp...cari digoogle gambar ga ada juga photonya Pak Yan.....ya udah ceritanya ngak ada gambar.......!!!
Tapi kalo nunggu 2minggu lagi ceritanya udh basi.....ya ga ada pilihan lain malem ini juga direlease.....dgn tanpa gambar.....!!!
Gittuuu...cerita dari bandara versi sini.....:)

HanunG RebeL mengatakan...

sebenernya ceritanya sih ga sama malh, di (film) terminal, tom hank ke amerika buat menemui salah satu bintang jazz favorit ayahnya untuk minta tanda tangannya, tapi malah 'nyangkut' di bandara..di bandara situ dia belajar banyak hal dari cari duit hingga bahasa inggris, bahkan cinta :-)

btw, saya suka banget dengan orang yang low profile kaya pak yan itu..bahwa tumpukan harta, pangkat, atau kekuasaan tidak menjadi pijakan agar menjadi lebih tinggi dari orang lain..:-)

pasti menyenangkan sekali bisa berbincang2 dengan orang seperti pak yan itu ya pak zul :-)

Papanya Inez GP mengatakan...

Alhamdulliah senang buanget....kalo bukan idola Bapak aqu juga mungkin ogah ya....!!
Tapi karena Bpk Alm mengidolakannya jadi pengen ngobrol deket ....ya ternyata perkenalan sesaat itu menimbulkan kesan mendalam....saat ngobrol sih aqu ga ceritain mengenai Bapak...!!!

Lusy Mardiani mengatakan...

kan orang Indonesia suka banget ama yg berbau western pak biar gaya katanya..orang kita cenderung suka banegt kalo ada merk yg ke barat2an heheheh yg import yg paling bagus begitu katanya..ini katanya lho..saya gak ikut2an ah

Fajar Mudianto mengatakan...

kalo buat saya, masalah nama a la Indonesia itu juga ngaruh buat perasaan lho. hehehe, soalnya lidah n selera meng-Indonesia banget sih, jadi aneh aja kalo kudu ke tempat yang namanya berbau-bau western hanya karena pengen makan Nasi Uduk, hehehehe.....

Papanya Inez GP mengatakan...

Iech...gaya.....!!!
Kalo saya sih yang kejangkau dan harus value added...kita untung...bangsa untung......:)
Hehehehehe....!!

Papanya Inez GP mengatakan...

Yup...:)
Setuju 1000%.....!!!!

Lusy Mardiani mengatakan...

bangsa(t) untung >>> tanpa T ya pak qeqeqeeqeqe

Papanya Inez GP mengatakan...

Ya, tanpa "T".....!!
Kalo pake T yang lagi ketangkep dan dieksposss di tv....dan yg lagi berpoya2 ...ngabisin uang panassss...!!!

Abimanyu Panca Kusuma Wachjoewidajat mengatakan...

Beliau kakak kelas saya di SMA 6 bulungan, Jakarta. Jauuuhh diatas saya tentunya.

Waktu kami reuni akbar (sekitar september 2007) dia dateng juga. Saya jadi MC, jadi sibuk cuap2.. gak sempet kenalan ini itu..

Papanya Inez GP mengatakan...

Ohh gitu ya Bah, orangnya ramah buangett .....!!
Waktu ngobrol dia mo mendengar kita, dan visinya juga jauh tentang hutan kita.....
Selain dari itu beliau juga sederhana....satu pesawat juga dgn saya...laupun duduknya jauh......hehehehe...!!
Seneng buanget ngobrol sama orang sugihhhh.....tapi ramah dan tidak sombong....

Abah memang specialisasinya MC ya....???
Tapi si-abah kalo sdh pake jasss pangling saya....nyata bener gedeannya......!!

Abimanyu Panca Kusuma Wachjoewidajat mengatakan...

iya.. sering dijadiin MC.. soalnya mau gratisan AHUAHUAHUAHUAHUHAUHA
eh.. bukan GEDEAN .... tapi kegedean jassnya ngkali AHUAHUAHUAHUHAUA

Papanya Inez GP mengatakan...

Kamsud saya....bukan jasnya tapi orang gedean gicu.....hehehehe....!!!
Kalo jasnya kegedean.....ntar kapan2 kalo ada perlu bisa pinjem jas khan Bah.....seumur2 kayaknya pake jas waktu perpisahan sma, nikah...terus waktu berangkat ke jepun .....nah sekarang tuh jas ngangur dilemari karena ukurannya sdh ga pas lagi........maklum Bah kuliii dilapangan.......hehehehehe.....