Senin, 07 April 2008

Waspadalah Demam Berdarah..!!


Rating:★★★★
Category:Other
لسلام عليكم و رحمة الله و بركاته

 photo WaspadaDBD1-1.jpg
Apa itu DBD..?

Demam Berdarah Dengue/ Dengue Haemorrhagic Faver ( DBD/ DHF ) disebabkan oleh virus Dengue dan ditularkan melalui gigitan nyamuk Aedes Aegypti betina pada siang hari.

Gejala dan Tanda2nya :

1.Panas Tinggi 2 – 7 hari
2.Nyeri Kepala, Tulang, sendi atau otot, bercak-bercak kemerahan pada kulit yang menunjukkan adanya pendarahan.
3.Pembesaran hati
4.Pada keadaan berat dapat terjadi penurunan tekanan darah ( syok ) serta penurunan kesadaran.


Bagaimana Cara mendeteksi DBD..?

Diagnosis ditegakkan dengan pemeriksaan fisik oleh dokter dan ditunjang oleh pemeriksaan laboratorium yaitu darah lengkap ( Hemoglobin, Hematrokrit, Lekosit dan Trobosit ) dan antibody dengue Ig G & Ig M.


Kapan waktu yang beresiko terkena DBD..?

Biasanya pada waktu peralihan dari musim panas ke musim hujan yaitu dibulan Desember sampai Maret. Tetapi untuk derah perkotaan, puncak tertinggi terjadi pada bulan Juni dan Juli.

Siapa saja yang dapat terkena DBD..?

Penyakit ini menyerang siapa saja, pada semua golongan umur. Bila terjadi pada anak sering menimbulkan komplikasi ( seperti syok, pendarahan dan penurunan kesadaran dan penanganan yang tepat akan sangat berpengaruh pada kesembuhan pasien ).


Hal-hal yang perlu diperhatikan..?

1.Segera periksa ke dokter bila panas lebih dari dua hari, tanda pendarahan seperti bintik-bintik merah di kulit ( tidak hilang bila ditekan ).
2.Segera lakukan Pemeriksaan laboratorium ( darah lengkap ).

Sumber : Leaflet Siloam Hospital



Tangerang, 7 April 2008

12 komentar:

Lusy Mardiani mengatakan...

waduh...waduh...mudah2an tdk terserang DBD ah...3M pokoknya mah..insya Allah selalu waspada...

Abimanyu Panca Kusuma Wachjoewidajat mengatakan...

dalam bertetangga yang ngeselin tuh pencegahannya... kite udah buang barang2 bekas, bantai air tergenang, dll ... tapi dia kagak.. masih ngebiarin yg begituan..

kita relain rumah dibantai foging ampe kedalem.. eh dia cuman mau disemprot halaman luar doank... katanya ntar jadi baulah.. ini lah... SIALAN BAANNGETTT.... nasib banget abah betetangga ama mahluk yang beginiaaaann hahahhahahah

HanunG RebeL mengatakan...

jadi ingat dulu terkapar tak berdaya 10 hari di klinik dekat kampus :">

siang jam 2 tiba2 sakit kepala yang teramat sangat, malam ke dokter katanya gejala typhus, dan diminta cek darah besoknya dan kembali ke dokter tersebut 3 hari kemudian, tapi tengah malam muntah2 dan menggigil kedinginan padahal suhu badan tinggi..setelah sehari (apa dua hari) dirawat di kosan oleh ehemm..[cencored] akhirnya diputuskan untuk menginapkan saya ke klinik.

kondisi setengah sadar karena panas badan yang tinggi membuat saya sering mengigau dari (katanya) langit cerah dan berbintang, hingga merasa seolah menjadi makhluk mikro yang berada di rerumputan dikejar2 batu bulat yang menggelinding (capek banget kan?)..

kadar hb sempat turun hingga 14 (normalnya klo tidak salah 120an), alhamdulillah saya masih hidup..

klinik kecil di dekat kampus tersebut memberikan pelayanan yang sangat baik, perawatnya semua berjilbab, ramah, dan sabar, dokternya baik juga..

menghabiskan 10 hari lebih, sekitar 14 kantong infus, dikunjungi puluhan teman saya, yang saya tidak sadar siapa2 yang datang, dan tidak sampai 4 juta rupiah akhirnya saya kembali beraktivitas seperti sedia kala..

duuh..saya jadi ingat lagi betapa Dia masih memberikan kesempatan kepada saya untuk 'mencari bekal' di kehidupan berikutnya, kesempatan untuk mengucapkan terimakasih tak terhingga buat Dia, dia, dan mereka..

pas sudah pulang dan sudah lebih baikan baru saya menelepon emak saya dan emak saya langsung meluncur dari jawa timur ke jakarta keesokan harinya :"> *maafkan anakmu ini mak yang ga pengen bikin emak cemas*

Papanya Inez GP mengatakan...

Amin,.... Buat File Mbak Lussy....kalo leaflet kkhan hilang.....!!
Kalo ini akan ingat terus...dan ga bisa diboongin oleh dokter kuprett...!!
tapi yang paling penting Preventif ya 3M itu.....!!!

Papanya Inez GP mengatakan...

Sama Abah...waktu RW ngadain Fogging-an...saya mah sampe dalem kamar difog semua....istri protes...nanti pengap pa and kamar bau....lebih baik bau dari pada DBD....tapi bener 2 hari baru ilang tuh baunya......!!!
Tapi nyamuk pada tewas berserakan....!!!

Nah sekarang tatakan Pot disingkirin biar ga ada genangan.....!!
kalo tetangga sih kayaknya ga ngaruh Bah ditempat saya....soalnya masyarakat kebanyakan termasuk saya....!!

Cuekin aja Bah....sabodo amit...eh amat....!!

Papanya Inez GP mengatakan...

Wah.....ini nich......ngigaunya pasti sampe kringetan ya....!!!
Waduh ngak bisa dibayangin deh.....!!!???
Mudah2an saat kegembiraan yg berlebihan dan cendrung ke perbuatan terlarang ..... selalu mengingat kejadian ini.

Papanya Inez GP mengatakan...

Ya, semoga dan semoga selalu ingat ya mas hanung......!!!
dia kecilnya masih berhubungan...???...:) ( *mo tau ON*)

Papanya Inez GP mengatakan...

Waduh,... mandiri buanget ya.....!!!
Kalo saya sih...harus ada Emak......!!

Bunga koe mengatakan...

memang lagi musim baget neh. Aku baca di koran kalau di Brasil wabah peayakit demam berdarah ini mewabah dan sampai banyak yang meninggal. So, berarti engga hanya ada di Indonesia ya.... waspada..waspada.

HanunG RebeL mengatakan...

rupanya Dia berkehendak lain, dia buakn yang terbaik buat saya dan saya bukan yang terbaik buat dia. dia sekarang, insyaallah, berbahagia bersama orang yang dicintai dan mencintainya..kmaren barusan melahirkan anak keduanya setelah beberapa bulan silam anak pertamanya meninggal sejak dalam kandungan, innalilahi wainnailaihi rojiun..

Papanya Inez GP mengatakan...

Iya Tuh Mbak Flora...pokoknya 3M deh.....!!!

Papanya Inez GP mengatakan...

Sebuah tinjauan yang arif dan ikhlass.....tak ada beban ....!!
Lepas...pass...semua ada hikmahnya....!!!