Kamis, 24 April 2008

Perpanjangan STNK Kendaraan Bermotor


Rating:★★★★
Category:Other
لسلام عليكم و رحمة الله و بركاته


Alarm Handphone sudah 2x berbunyi sejak kemaren, tanda bahwa perpanjangan STNK roda dua sudah harus diperpanjang, sebetulnya STNK masih berlaku hingga tanggal 5 Mei 2008 tapi karena harus berangkat tugas tanggal 29 april maka perpanjangan STNK hari ini .

Datang ke Samsat Cikokol lewat pintu depan langsung distop oleh petugas Dishub (rev) sambil menyerahkan kertas parkir sepeda motor, ada apa Pak saya bilang…uang parker sahutnya….Loh kok saya disana bayar parkir lagi kok…..kenapa disini juga dipungut…??? Apa pungutan ini resmi saya bilang….dia ngak jawab pertanyaan saya karena kebetulan dibelakan ada beberapa mobil yang ngantri nunggu saya…..karena ga mau pusing ngurusin pungutan parkir ini akhirnya saya rogoh dikatong celana ada uang seribu perak ya udah saya serahin saja sambil berlalu.

Sampe di parkiran Samsat jam 9: 20, dan setelah itu saya langsung masuk kekantor samsat dan menanyakan untuk perpanjangan STNK, petugas menjawab dengan menunjukkan arah …bapak didepan sana photo copy semua document yang diperlukan dilengkapi dengan Map…..Ok, saya balik lagi kedepan dan menuju arah yang ditunjukkan oleh petugas.
Jadi berdasarkan pengalaman ini, kalo anda mau ke Samsat Cicokol untuk perpanjangan STNK kendaraan roda dua ataupun roda empat, sebaiknya mengikuti petunjuk dibawah ini :

1. Sebelum masuk pintu gedung Samsat anda mampir kesana untuk photo copy dokumen yakni : STNK, KTP dan BPKB total biaya photo copy plus map Rp 3.000,-

2. Selanjutnya anda masuk ke gedung Samsat lantai 1 dan mendftar di Loket I ( Pengambilan Formulir ) sambil menyerahkan berkas tadi ke petugas….tunggu 5 – 10 menit dan nama anda akan dipanggil dan berkas document anda juga akan dikembalikan.

3. Selanjutnya anda naik kelatai 2 di Loket I ( Pelayanan daftar Ulang ) disana ada petugas satpan yang akan membantu anda menerima berkas dan memberikan nomor antrian, kebetulan saya dapet nomor 126. belum sempat saya duduk nomor antrian saya dipanggil…lalu ditanya oleh petugas bisa lihat BPKBnya Pak…Ok saya serahin BPKB dan Ibu petugas menyuruh saya untuk duduk antrian kembali dan nanti akan dipanggil di Loket 2

4. Saya duduk mendekati loket 2 dan tak berapa lama kemudian jam 9:45 saya dipanggil untuk pembayaran perpanjangan STNK sebesar Rp 166.000, diloket 2 ini ada 3 kasir/ petugas yang melayani kita.

5. Dan setelah melakukan pembayaran saya duduk dibarisan Loket 5 ( Pengambilan STNK ), dan persis jam 9:50 nama saya dipanggil dan STNK yang baru sdh selesai demikian juga KTP Asli dikembalikan, saya perhatikan di STNK tidak ada kesalahan nama dan alamat dan biaya STNK meliputi PKB = Rp 130.500 dan SWDKLLJ = RP 35.000, totol Rp 165.500,-…….tadi kayaknya bayar Rp 166.000 deh…..??????

Jadi waktu yang saya butuhkan untuk mengurus perpanjangan STNK ini hanya 30 menit = 1800 detik, wah Hebat ya Samsat Cikokol…..??? salut deh untuk pelayanannya..dirungan tunggu/antrian juga nyaman karena dilengkapi oleh AC dan ada TV juga, dan antrian juga menggunakan nomor electronic….tapi panggilan kadang sedikit rancu nomor panggilan tidak berurut…..hal itu disebabkan karena selesesinya berkas kasusnya berbeda2 barangkali….untuk kasus saya cepat mungkin karena perpanjangan saja dan masa berlaku STNK sampe tahun 2011, jadi gampang……!!!

Pas pulang saya tidak melewati pintu depan, tapi lewat dari pintu belakang….bagi yang rumahnya di sekitaran Perum atau Cimone atau Lippo Karawaci sebaiknya saat masuk lewat pintu belakang saja karena lebih dekat, tapi jangan kahwatir dipintu belakang juga ada petugas Dishub ( rev.) yang akan mencegat anda untuk membayar ritribusi biaya parkir….bahkan di pintu belakan ini petugasnya sudah rada tuaan….dan sedang ngomel2 karena ada kendaraan roda 4 yang kacanya tidak dibuka…..mungkin ogah dia bayar parkir 2 kali…..?????

Anda pernah mempunyai pengalaman dalam perpanjangan/ Balik nama STNK, SIM ataupun yang lainnya…..kita Sharing yuck…..!!!


Tangerang, 24 April 2008


8 komentar:

Abimanyu Panca Kusuma Wachjoewidajat mengatakan...

Abah pernah kehilangan STNK, ngurusnya di samsat polda metro.. dari masuk jam 10am kelar jam 2pm (karena ada istirahat makan) tapi lalu STNK dan nomor baru dapat diambil 2-3 hari berikutnya. overall hampir sama.
tapi satu hal yang perlu kita perhatikan adalah huruf belakang dari nopol kita karena ternyata dibedakan, jadi bisa saja ternyata mobil anda harus mengurusnya di samsat kota (mangga dua sana deh). katanya hal tsb berkaitan dengan DIMANA pertama kali mobil tsb didaftarkan ke jakarta.

ternyata walau sama2 masih di ibukota samsat tidak online. semoga kelak akan mengalami peningkatan. anyway kebetulan yang mobil saya terdaftarnya di samsat polda metro jaya.

Papanya Inez GP mengatakan...

Mungkin takut di Hacker kali ya Bah.......!!!

BTW, kehilangan STNKnya udah lama belum Bah....???? Kok bisa hilang sih...tercecer atau tertinggal dimana gitu....??? jadi pengen tau nich......:)

Abimanyu Panca Kusuma Wachjoewidajat mengatakan...

malam2 sama istri lagi makan sate di blok-S (kebayoran baru) pas mau bayar kaget kok dompet gak ada. tanya tukang2 disana pada nggak ngaku and pada nggak tau.. trus abah lapor kehilangan dan bikin STNK baru. anyway tinggal 1 bulan lagi abis jadi biaya yang dibayarkan ke samsat sudah untuk biaya perpanjangan.

and theeeeennnn...... 2 minggu setelah itu ada yang nelpon dia bilang nemu dompet abah dan dititipkan di warung blok-S juga, langsung saya kesana. dompet, KTP, SIM, STNK ada semua, tapi kartu kredit ama kartu ATM raib !!! untung abah udah keburu memblokir itu semua jadinya ya si copet nggak dapet apa2 selain duit gak ampe 100rb hahahaha...

Papanya Inez GP mengatakan...

Oh gitu ya.....pencopet yg apes.....
Saya jg pernah ngalamin kecopetan Bah.....persisnya saat jakarta 10K agustus 2004...selesai lari khan keausan..terus ada sponsor minuman yang membagikan minuman.....kitakan berusaha untuk menangkap minuman yg dilempar itu....dan saat itulah pencopet ngambil hp yang ada dikantong'' bablas tuh sl45"....!!!
Rasanya sedih buanget kehilangan hp...terutama nomor2 penting teman2....tapi namanya juga sdh nasib.....:)

Abimanyu Panca Kusuma Wachjoewidajat mengatakan...

iya paling kesel kalo HP ilang yah... jangankan ilang.. kalo ganti HP dan nomor2 yang di memory gak bisa ditransfer aja udah ngeselin banget.. soalnya ada 500an nomor.. gila aja kalo musti nyimpen ulang :))

btw sl45 itu siemens kan?

Papanya Inez GP mengatakan...

Iya Bah, Siemens.....dulu saya panatik buanget dengan siemens...dari C4...tahun 96 kalu ga salah.....terus ke ME45 dan SL45 tapi kok dengan Siemens kehilangan terus....megang rokok sama hp...yang inget sama rokoknya ....hpnya ketinggalan...heheehehe.....tercecer...tertinggal....yg dicopet cuma SL45 aja.

Makanya, sekarang semua contact saya duplikat di plaxo.....jadi kalo hilang ada backupnya Bah......Sharing nich..!!

Abimanyu Panca Kusuma Wachjoewidajat mengatakan...

sama banget. saya fanatik sama siemens ampe skarang. dari mulai S4 Power (iya tahun 96 tuh) trus C25, C35, M45, M55 (yg spt kalajengking), S55, C60, ME75 ampe skarang. Pernah karet2nya ampe ngeletek.. saking senengnya pake siemens saya belain ganti casing walau harganya tuh 6x harga casing nokia. ahhahahaha.. namanya udah fanatik teteup fanatik.

btw utk backup contact saya copy data siemens ke PC kan ada softwarenya: Siemens Data Suite.

yang S4 power pernah (waktu takbiran) nyemplung ke got trus saya bela2in ambil (padahal airnya butek banget). di hair dry dan masukin ke humidifier room. stelah shalat ied udah bisa saya pake lagi dan gak rusak !!.. siemens emang gokil abis yah.

Papanya Inez GP mengatakan...

Sama dgn ME45 Bah....wuhk.....!! ampun tuh hp tahan banting.....3x jatoh...dari meja kerja dan meeting serta saat naik tangga...tapi ga apa2.....!!!
Sekarang hp siemens ga ada tipe baru ya....??
Eh, keasyikan bicara jadi OOT ya......Hehehehehe.....!!