http://migas-indonesia.net/download/index.php?option=com_frontpage&Itemid=1
Bagi yang ingin mengetahui dan berkenalan di dunia Migas Indonesia, silahkan mampir dan menimba ilmu disini, ada banyak pengetahuan dan dasar2 ilmu dunia migas yang bisa dimanfaatkan dan didalami.
Perjalanan Hidup adalah sebuah cerita, cerita tentang hidup dan perjalanan hidup tentunya, namun perjalanan ini hanya sekelumit cerita yang bisa diungkap dan layak untuk diungkap, selebihnya hanya cerita bisu milik pribadi dan keluarga, serta Allah SWT. Tak ada Luka yang tak berbekas, tak ada Senyum yang tak Tuntas
Minggu, 25 Mei 2008
Sabtu, 24 Mei 2008
Sebuah Tinjauan Mengenai Bahan Bakar Minyak

Rating: | ★★★★ |
Category: | Other |
Akhirnya pengumuman kenaikan harga BBM jadi juga direlease oleh pemerintah dimana kenaikan harga tersebut rata-rata 28,7% yang meliputi kenaikan BBM menjadi Premium Rp 6000, Solar Rp 5500 dan Minyak Tanah Rp 2500, sedangkan untuk Pertamax dan Pertamax plus serta BBM Industri memang sudah tidak disubsidi lagi oleh Pemerintah.
Kenaikan ini menurut para pakar dan menteri ekonomi adalah sesuatu yang sukar dihindarkan, karena bila tidak dilakukan makan Negara ini akan bangkrut karena biaya yang tadinya untuk membangun bangsa ini digunakan untuk mensubsidi dan membiayai untuk pembelian bahan bakar bagi mereka yang berpunya, jadi menurut mereka subsidi BBM hanya untuk memsubsidi orang-orang kaya dan tidak tepat sasaran.
Sekali lagi menurut pemerintah, kalau kenaikan BBM dilakukan maka pemerintah akan menghemat biaya sebesar 126,8 Trilyun atau sebesar 15% dari total belanja Negara, dan sebagai bentuk kompensasi kenaikan harga BBM, pemerintah akan memberikan dana bantuan pendidikan bagi PNS golongan I dan II, tenaga honorer, dan tamtama TNI/Polri. ''Besarnya Rp 150 ribu yang akan dibayarkan pada Juni.
Selain dari itu Pemerintah juga akan menjalankan program Bantuan langsung Tunai ( BLT ) terhadap rakyat miskin yang tadinya 3 bulan sekali menjadi 1 bulan sekali sebasar Rp 100.000. dan total biaya yang dikeluarkan untuk BLT ini sebesar lebih kurang Rp 14 Trilyun.
Pemerintah juga akan mengadakan pasar murah untuk lima juta kepala keluarga, khusus untuk buruh dan masyarakat baik di pedesaan dan di kota. Pasar murah akan menjual paket murah kebutuhan pokok seharga Rp 50.000 yang dananya diambil dari keuntungan seluruh Badan Usaha Milik Negara dengan total dana Rp 1,2 triliun.
Tapi dengan iming2 pengalihan subsidi untuk rakyat kurang mampu tersebut, ada efek yang sudah pasti didepan mata dimana dengan naiknya harga BBM maka semua yang menggunakan transportasi baik itu darat, laut ataupun udara akan terkena imbasnya, imbasnya ya Efek Domino semua kebutuhan akan barang dan jasa yang berupa Sembako, ataupun ongkos transportasi akan mengalami kenaikan.
Nah, dengan demikian akan mengurangi daya beli masyarakat pada umumnya….kalau daya belinya menurun adakah kenaikan berupa gaji baik itu pegawai Negeri atau Swasta…??? Kita Lihat saja nanti apakah Pengusaha atau pemerintah mau mengkaji dan mereposisi pengeluaran untuk labor cost…..mudah-mudahan saja tentunya…..!!!
Harga minyak dunia yang tinggi sekarang ini, memang bukan hanya dihadapi oleh Indonesia saja, tapi oleh semua Negara di dunia, akan tetapi yang terasa berat ya pemerintahan yang ngak punya uang tetapi menerapkan subsidi minyak bagi rakyatnya, untuk negara yang punya banyak uang sih no problem tentunya, seperti halnya Negara China. Nah untuk Negara yang tidak menerapkan subsidi tidak begitu mengalami beban yang berarti karena harga BBM di pasar domestik akan mengikuti pasar internasional, sedangkan kita kalau tidak dilakukan readjustment terhadap harga minyak maka beban pemerintah akan semakin tinggi dan disparitas harga akan memungkinkan untuk BBM itu diselundupkan keluar Negeri…nah kalau hal ini sampai terjadi kita bisa rugi dua kali…..iya memang perairan kita dijaga oleh TNI dan Polri tapi dengan luasnya kepulauan NKRI dan keterbatasan Peralatan yang ada serta moral dari Oknum2 yang tidak bertanggung jawab, maka akan sangat-sangat besar BBM itu akan keluar dengan tanpa kendali.

Kalau ada pertanyaan mengenai kenapa Negara penghasil minyak kok kita mengimpor minyak dari luar…..??
Sebetulnya kondisi antara produksi dan konsumsi minyak di Indonesia saat ini tidak berimbang, karena konsumsi lebih besar yakni mencapai 1,3 juta barel perhari, sementara produksi baru 900 ribu barel, sehingga diperlukan penemuan baru ladang produksi. Dan juga sebetulnya potensi Migas di Indonesia masih cukup besar, sampai kini yang sudah diketahui sebesar 3,8 miliar barel minyak dan 17 triliun kubik gas yang diperkirakan berada di 200 wilayah eksplorasi.
Masalahnya kita tidak cukup banyak uang untuk mengeksploitasi kekayaan yang ada dibumi Indonesia ini, selain dari itu :
1. Karena lapangan di indonesia adalah lapangan yg sudah tua/ mature, memang ada metoda untuk meningkatkan produksi minyak dengan EOR ( Enhanced Oil Recovery ) seperti Steam Injection, Chemical injection (Polymer/ASP/Surfactant), Microbial, Miscible Injection (CO2) dan sebagainya , namun umumnya metode EOR ini memerlukan biaya investasi yang tinggi serta memerlukan biaya riset yang cukup mahal untuk menentukan design EOR yang sesuai dengan karakteristik lapangan minyak tersebut. Nah ditempat saya kebetulan sejak bulan januari lalu ada 8 Unit jack pump ( Pompa Angguk ) yang akan di install untuk menggenjot produksi minyak yang ada di Jabung Field.
2. Sedikitnya dana investasi yg masuk ke Indonesia untuk melakukan kegiatan eksplorasi guna menemukan cadangan minyak baru, hal ini disebabkan kemungkinan karena adanya tumpang tindih prosudural antara pusat dan daerah, juga karena biaya pembesan lahan yang cukup tinggi., selain dari itu kebanyakan cadangan minyak/gas diindonesia mengandung Sulfur yang cukup tinggi sehingga perlu treatment yang tinggi pula dan tentunya Investasi yang tinggi pula.
3. Banyaknya tenaga tenaga ahli nasional perminyakan yg bermigrasi ke luar negeri turut juga andil dalam penurunan produksi minyak di Indonesia, untuk hal yang satu ini tidak bisa dipungkiri bahwa tenaga2 terdidik dan berpengalaman sebagian besar hengkang keluar terutama ke Qatar, Malaysia , Nigeria, Abu Dhabi dst.
Nah, jadi dunia migas adalah dunia yang paling komplek, biaya investasi yang sangat besar itu meliputi penemuan cadangan gas, baru setelah itu di drilling itupun kalo ditemukan minyak didalamnya ada juga setelah didrilling ternyata bukan kandungan minyak yang ditemukan tetapi kandungan blerang atau sulfur yang cukup tinggi sehingga tidak produktif untuk dikembangkan sehingga ditutup kembali, nah kalau sudah begini biaya yang besar itu akan hilang begitu saja, Betul ngak….????


Pengembangan Energi Alternatif memang merupakan hal yang mendesak dan bukan hanya sekedar slogan dari pemerintah, tetapi harus segera dikembangkan dan diproduksi, melalui kakayaan alam hayati yang kita punya.
Caranya ya dikelurkan insetive yang sebesar2nya bagi pengusaha local untuk melakukan pengembangan dan penelitian yang intensif sehingga diperoleh bahan bakar baik yang berupa Biofuel ataupun bioetanol dan sebagainya.
Itu disisi Produksi, sedang untuk disisi pengguna atau pemakai pemerintah harus mengeluarkan peraturan bagi ATPM produsen kendaraan bermotor untuk memproduksi kendaraan yang hemat bahan bakar dan kendaraan yang diproduksi bisa menggunakan bahan bakar alternative tersebut, sehingga keduanya akan berjalan selaras dan seimbang.
Terakhir saya hanya bisa memberikan kondisi yang real bahwa keputusan pemerintah untuk menaikkan harga minyak adalah keputusan yang memeng sangat sulit, kalau tidak ya ngak bakalan mau Pemerintahan SBY menaikkan harga BBM karena akan berefek buruk atau bercitra negative terhadap pemerintahannya, dimana tahun 2009 adalah saatnya untuk Pemilu….dan kalau Pemerintahan SBY menginginkan kembali untuk memegang tampuk Pemerintahan yang diamanatkan kepadanya maka SBY akan memilih untuk tidak menaikkan harga BBM……tetapi sebaliknya khan….???
Kondisi Demo dari masyarakat dan Adik2 Mahasiswa yang ada sekarang ini adalah baigian dari manuver Politik tahun 2009, bagi mereka yang mengerti dan memahami betul kondisi yang ada akan menyadari dan dengan berat hati menerima keputusan ini, Nah sekarang terserah kepada anda…….???
Kalau mengenai BLT kepada rakyat yang Miskin, bagi saya ngak masalah…lah pemerintah mau meberi uang kepada rakyatnya kok ngak boleh sih…..??? yang ada di media itu juga bagian dari maneuver politik tahun 2009, coba Tanya kepada rakyat miskin yang menerima bantuan tersebut…Wuah besar sekali manfaatnya, saya yakin itu….!!! Orang susah dikasih duit, saya tidak bisa bayangkan betapa bahagianya mereka…!! Kalau ada penyimpangan kenapa ngak dilaporkan saja ke aparat yang berwenang…??? Jangan sumbernya ditutup donk….tapi masalah penyimpangan itu yang dieleminir…..ach politik-politk….dunia yang kadang terlihat abu2......????
Ya, tulisan ini mungkin tidak ada apa-apanya bila dibandingkan dengan tulisan para pakar Migas, Ekonom atau Praktisi. Namun harapan saya tulisan yang dicomot dari sana-sini ini dapat memberikan pencerahan bagi saya khususnya sebagai bahan intisari mengenai pemahaman saya terhadap permasalahan yang ada disekitar saya, selain dari itu saya ingin agar tulisan ini bisa dipahami oleh semua anak bangsa yang kebetulan hadir di site/blog saya ini……tujuannya hanya satu ingin berbagi informasi mengenai BBM sejauh sepengetahuan yang saya miliki…….Hidup ini indah dan berbagi akan lebih bermakana bila kita semua dapat melakukannya…….!!!!
Sumber :
1. Milist Migas Indonesia
2. Situs ESDM
3. Situs2 resmi internet ( Republika, Kompas, detikcom, antara dsb )
Mudah-mudahan tulisan ini bermanfaat, dan jangan mau diprovokasi…..!!!!
Tangerang, 24 May 2008
Wasalam,
Sisi Lain dari Tukang Sapu/ Pembersih jalan
Rating: | ★★★★ |
Category: | Other |
Jam 07:05 tadi pagi saya sedang parkir di pinggiran jalan MH Thamrin Tangerang dengan tujuan untuk menjemput orang tua yang akan tiba kira2 jam 08:40 dengan naik Bus Malam Lorena, sembari parkir dan menikmati asap rokok ada petugas kebersihan jalan yang menghampiri saya dan menyarankan untuk mundur karena daerah tempat kendaraan saya berhenti aka disapu atau dibersihkan.
Dengan petunjuk atau aba2 darinya saya nyalakan mesin dan mundur perlahan, dan setelah mundur dia ucapkan terimakasih kepada saya, karena profesi bebagai wartawan kelas nyamuk langsung saja saya matikan mesin dan pura2 menanyakan kapan kedatangan Bus Lorena dari Palembang, namun dari jawaban yang diperoleh agak ragu2… saya jadi tidak yakin dengan jawabannya namun setidaknya saya sudah masuk dan berbicara langsung dengannya dan ingin tahu sedikit mengenai profesi kerjanya sebagai penyapu jalan.




W : Maaf Pak, kalau boleh tahu namanya siapa dan mulai jam berapa kerja menyapu jalan…..??
P : Nama saya Subani asal Karawang, saya bekerja mulai jam 05:00 subuh tadi hingga nanti selesai jam 11:00 siang.
W : Wah kok kerjanya cuma 6 Jam Pak gimana bisa bersihkan semua pinggiran jalan ini…?
P : Tugas saya hanya sampai jam 11 siang setelah itu ada yang menggantikan saya yaitu shift kedua yang bertugas dari jam 11:00 sampai Jam 17:00.
W : Oh gitu, wilayah kerja Bapak dari mana sampai kemana Pak…???
P : Wilayah kerja saya dari belokan jalan yang disana sampai pangkalan Ojek disana, dia berucap sambil menunjuk dengan jempolnya (dalam hati saya kira2 1 Km ).
W : Sampah ini dibuang kemana ya Pak…..??? soalnya saya lihat disanjang jalan tempat parkir saya tidak kelihatan ada Tong sampah.
P : Sampah ini setelah dikumpulin dan dimasukan kedalam kantong plastik atau di tong sampah, kemudian ada Truk yang mengangkutnya dari tong sampah atau pelastik tersebut.
W : Bapak sudah berkeluarga belum dan tinggal dimana…??
P : Saya sudah berkeluarga dan punya anak 2 orang, saya tinggal di RSUP Tangerang dan kebetulan tidak ngontrak karena sebelumnya saya bekerja sebagai pembersih Taman Rumah sakit Umum Tangerang.
W : Istri Bapak kerja juga atau dirumah saja dan sudah berapa lama kerja sebagai penyapu jalan….???
P : Istri saya tidak bekerja, dan saya baru memasuki tahun kedua bekerja sebagai penyapu jalan.
W : Pak berapa Penghasilan Bapak Perhari dan siapa yang menggaji ….???
P : Kami digaji oleh Bapak walikota Tangerang dan gaji saya Rp 900.000 ribu perbulan, dulunya digaji setiap hari Rp 30.000 tapi karena selalu cepat habis sekarang gajiannya setiap satu bulan sekali jadi kita bisa menggunakan gaji tersebut untuk keperluan lainnya.
W : Apa cukup dengan gaji segitu Pak….???
P : Ya, dicukup-cukupin aja, walaupun sebenarnya ngak cukup.
W : Pak, BBM tadi malem naik bagaimana menurut Bapak….???
P : Wah kalau masalah itu mah saya ngak tahu pak yang pasti harga2 naik aja,… dan saya yakin pemerintah akan memperhatikan kami sebagai orang kecil.
Karena matanya selalu melirik ke sapu dan lantai jalan yang akan dibersihkan, akhirnya saya sudahi saja percakapan ini sambil meminta untuk diphoto, dengan tanpa keberatan dia dia bersedia, dan saya tawarkan rokok kepadanya namun dengan sopan dia berucap maaf Pak saya tidak merokok.
Itulah kira2 sekelumit kisah tentang Penyapu atau Pembersih jalan, dengan gaji seperti itu kita berpikir menurut standar kebutuhan fisik minimum aja….apa cukup ya…..????
Seorang Subani dengan 3 orang yang harus dihidupinya, wajah penuh dengan keringat karena sinaran matahari dan udara pinggiran jalan yang sering disirami oleh debu jalan atau asap kenalpot kendaraan, serta dengusan kendaraan dengan kecepatan yang lumayan cepat adalah bagian dari kehidupan sehari-hari seorang penyapu jalan.
Adakah kita, sipengguna jalan menyadari akan hal itu,..?? menyadari akan tugas seorang penyapu jalan untuk tidak membuang sampah sembarangan dijalan, dan untuk tidak memacu kendaraan saat jalan sedang dibersihkan oleh mereka…..???
Saya kadang gondok juga didalam hati, bila saya melihat ada kendaraan yang kereenn punya, membuka kaca jendela dan orang didalam kendaraan tersebut membuang sampah seenaknya saja dijalan…..dalam hati mobil sih kereeen tapi kelakuan primitif…..primitif buanget…..Sebel….!!!!
Nah buat pemerintah, saya berharap semoga saat BBM dinaikan sekarang ini, mbok ditinjau ulang gaji mereka….karena dari pembicaraan tadi dengan Pak Subani sepertinya mereka percaya benar sama Pemimpin Negara ini.
Mudah-mudahan tulisan ini ada manfaatnya.
W : Wartawan kelas nyamuk
P : Penyapu/Pembersih jalan
Tangerang, 24 May 2008
Wasalam
Jumat, 23 Mei 2008
Pohon yang Kehilangan Rohnya

Rating: | ★★★★ |
Category: | Other |
Ada salah satu kebiasaan yang ditemui pada penduduk yang tinggal di sekitar kepulauan Solomon, yang letaknya di Pasifik Selatan, yakni meneriaki pohon. Untuk apa ? Kebisaan ini ternyata mereka lakukan apabila terdapat pohon dengan akar-akar yang sangat kuat dan sulit untuk dipotong dengan kapak.
Inilah yang mereka lalkukan, jadi tujuannya supaya pohon itu mati.
Caranya adalah, beberapa penduduk yang lebih kuat dan berani akan memanjat hingga ke atas pohon itu. Lalu, ketika sampai di atas pohon itu bersama dengan penduduk yang ada di bawah pohon, mereka akan berteriak sekuat-kuatnya kepada pohon itu. Mereka lakukan teriakan berjam-jam, selama kurang lebih empat puluh hari.
Dan, apa yang terjadi sungguh menakjubkan. Pohon yang diteriaki itu perlahan-lahan daunnya akan mulai mengering. Setelah itu dahan-dahannya juga mulai akan rontok dan perlahan-lahan pohon itu akan mati dan dengan demikian, mudahlah ditumbangkan.
Kalau kita perhatikan apa yang dilakukan oleh penduduk primitif ini sungguhlah aneh. Namun kita bisa belajar satu hal dari mereka. Mereka telah membuktikan bahwa teriakan-teriakan yang dilakukan terhadap mahkluk hidup tertentu seperti pohon akan menyebabkan benda tersebut kehilangan rohnya.
Akibatnya, dalam waktu panjang, makhluk hidup itu akan mati.
Nah, sekarang, apakah yang bisa kita pelajari dari kebiasaan penduduk primitif di kepulauan Solomon ini ? O, sangat berharga sekali! Yang jelas, ingatlah baik-baik bahwa setiap kali Anda berteriak kepada mahkluk hidup tertentu maka berarti Anda sedang mematikan rohnya.
Pernahkah Anda berteriak pada anak Anda ? Ayo cepat ! Dasar lelet! Bego banget sih. Hitungan mudah begitu aja nggak bisa dikerjakan? Jangan main-main disini! Berisik ! Bising !
Atau, pernahkah Anda berteriak kepada orang tua Anda karena merasa mereka membuat Anda jengkel ? Kenapa sih makan aja berceceran ? Kenapa sih sakit sedikit aja mengeluh begitu? Kenapa sih jarak dekat aja minta diantar ? Mama, tolong nggak usah cerewet, boleh nggak? Atau, mungkin Anda pun berteriak balik kepada pasangan hidup Anda karena Anda merasa sakit hati? Saya nyesal kawin dengan orang seperti kamu tahu nggak! Bodoh banget jadi laki nggak bisa apa-apa ! Aduh. Perempuan kampungan banget sih !?
Atau, bisa seorang guru berteriak pada anak didiknya? E, tolol. Soal mudah begitu aja nggak bisa. Kapan kamu jadi pinter? Atau seorang atasan berteriak pada bawahannya saat merasa kesel? Karyawan kayak kamu tuh kalo pergi aku kagak bakal nyesel. Kerja gini nggak becus ? Ngapain gue gaji elu ?
Ingatlah ! Setiapkali Anda berteriak pada seseorang karena merasa jengkel, marah, terhina, terluka ingatlah dengan apa yang diajarkan oleh penduduk kepulauan Solomon ini.
Mereka mengajari kita bahwa setiap kali kita mulai berteriak, kita mulai mematikan roh pada orang yang kita cintai. Kita juga mematikan roh yang mempertautkan hubungan kita. Teriakan-teriakan, yang kita keluarkan karena emosi-emosi kita perlahan-lahan, pada akhirnya akan membunuh roh yang telah melekatkan hubungan kita.
Jadi, ketika masih ada kesempatan untuk berbicara baik-baik, cobalah untuk mendiskusikan mengenai apa yang Anda harapkan. Coba kita perhatikan dalam kehidupan kita sehari-hari.
Teriakan, hanya kita berikan tatkala kita bicara dengan orang yang jauh jaraknya, bukan? Nah, tahukah Anda mengapa orang yang marah dan emosional, mengunakan teriakan-teriakan padahal jarak mereka hanya beberapa belas centimeter. Mudah menjelaskannya. Pada realitanya, meskipun secara fisik mereka dekat tapi sebenarnya hati mereka begituuuu jauhnya. Itulah sebabnya mereka harus saling berteriak !
Selain itu, dengan berteriak, tanpa sadar mereka pun mulai berusaha melukai serta mematikan roh pada orang yang dimarahi kerena perasaan-perasaan dendam, benci atau kemarahan yang dimiliki.
Kita berteriak karena kita ingin melukai, kita ingin membalas.
Jadi mulai sekarang ingatlah selalu. Jika kita tetap ingin roh pada orang yang kita sayangi tetap tumbuh, berkembang dan tidak mati, janganlah menggunakan teriakan-teriakan. Tapi, sebaliknya apabila Anda inginsegera membunuh roh pada orang lain ataupun roh pada hubungan Anda, selalulah berteriak.
Hanya ada 2 kemungkinan balasan yang Anda akan terima. Anda akan semakin dijauhi. Ataupun Anda akan mendapatkan teriakan balik, sebagai balasannya.
Saatnya sekarang, kita coba ciptakan kehidupan yang damai, tanpa harus berteriak-teriak untuk mencapai tujuan kita.
Sumber: Anonymous
Tulisan ini bagus untuk pembelajaran kita semua terutama buat saya pribadi, mudah-mudahan setelah membaca tulisan ini dapat memberikan sedikit pencerahan buat kita semua, Amin.....!!!
Tangerang, 23 May 2008
Rabu, 14 Mei 2008
Promosi Wisata oleh Pramugari Maskapai Nasional

Rating: | ★★★★ |
Category: | Other |
Ada sesuatu yang baru pada pernerbangan di Lion Air tujuan Jakarta 13 May kemaren, dimana saat pesawat berada pada posisi setengah perjalanan antara Jambi – Jakarta Pramugari Lion Air memberikan informasi Pariwisata tentang Jakarta dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris, ada beberapa hal yang saya tangkap :
1. Jakarta merupakan ibukota Negara dst….
2. Memberikan informasi tentang lokasi-lokasi yang layak dikunjungi di Jakarta, misalnya : Ancol, TMII, Mekerasari, Musium dst….
3. Informasi mengenai Kesenian yang terkenal di Jakarta Misalnya : Tari Ondel2, Gambang kromong dan Jaipongan dst….
4. Memberikan Informasi Kuliner di Jakarta, Misalnya : Soto Betawi, karedok dan aneka menu lainnya.
Mungkin hal ini diberikan sebagai apresiasi dan dukungan terhadap Pemerintah dalam menggalakkan Visit Indonesia Year 2008. Sebetulnya agak terlambat sih, kenapa saya katakan demikian. Karena sejak awal tahun 2008, program ini baru sekarang dimulai dan ketika saya tanyakan ke pramugari, dia bilang baru mulai tanggal 12 kemaren pak ujurnya….informasi ini sederhana tapi bila semua maskapai melakukan hal semacam ini dan pada saat bersamaan khan akan terlihat Gema dan Gaungnya Visit Indonesia Year 2008.
Tapi Okey lah…dari pada tidak sama sekali….????
Sebuah toleransi yang umum sering digunakan oleh kita dalam mensikapi berbagai hal yang sedang berkembang dilingkungan kita…..tapi sebetulnya dalam hati gondoknya minta ampun…dodolllll…….dst….!!
Apakah dinas pariwisata tidak berkoordinasi pada semua instansi terkait….untuk mendukung program Pemerintah ini…apakah sudah cukup hanya melalui media Televisi dan media cetak yang ada saja…..???? seharusnya semua lini berjalan secara parallel…merencanakan secara detail, menginplementasikan secara seksama dan menevaluasi secara intesif point-point apa saja yang belum berjalan dengan baik dan membuat counteraction terhadap permasalahan yang mengganjal.
Ini ngak…saat peluncuran logo pertama aja sudah masalah ( Nation’s => National )….gemanya sampe sekarang belum terdengar atau nyaris ngak terdengar…..sudah seberapa besar kunjungan wisata dari manca Negara yang sudah datang…??? Tingkat hunian hotel bagaimana….dan seterusnya dan sebagainya….????
Kalo sudah kayak gini bisa ngak ya target kunjungan Wisman 7 juta orang dengan perolehan devisa 6,4 Miliar dolar AS bisa tercapai…?? Waullahhualam….!!!
Mudah-mudahan kita bisa turut serta aktif mempromosikan keanekaragaman lokasi wisata yang ada, melalu media internet ini….dengan sepenuh hati saya mendukung hal itu dan untuk Maskapai pernerbangan yang lain ada ngak ya informasi wisata seperti Maskapai Lion Air….?????
Buat rekan-rekan MPers yuck kita galakkan dan promosikan VIY ‘ 2008…..!!!
Biar perolehan devisa dari Pariwisata bisa tercapai dan hasil devisa itu buat mensejaterakan rakyat kita yang terhimpit oleh beban hidup akan biaya kebutuhan yang pada merambah naik….!!!
Tangerang, 14 May 2008
Minggu, 27 April 2008
Film “ Kunfayakun “ layak untuk Ditonton dan layak pula untuk diambil Hikmahnya.
Rating: | ★★★★ |
Category: | Movies |
Genre: | Other |
Nonton bareng bersama keluarga terakhir kami lakukan dibulan juni 2007 bersama Telkomsel di Cineplex 21 Lippo Karawaci Filmnya saat itu The Sherk the Third, nah pas buka-buka iklan dikoran ada keinginan dari istri untuk nonton Film “ Kunfayakun “ dari judulnya saja bisa kita interprestasikan bahwa film ini film relegius jadi layak untuk ditonton oleh anak-anak.
Sebetulnya rencana mau noton Film ini hari sabtu kemaren, tapi karena kondisi kesehatan saya ngak terlalu Fit alias lagi batuk-batu maka rencana itu saya tunda hari minggu ini saja, dan alhamdullilah minggu, setelah shallat Zuhur kami berangkat menuju Cineplex 21 METOS, dan pas sampai disana antrian untuk membeli karcis lumayan padat.
Film ini disutradarai oleh H. Guntur Novaris, Produser/ Penulis Naskah : Ustaz H. Yusuf Mansur, H. Guntur Novaris, dan didukung oleh Pemain : Agus Kuncoro, Desy Ratnasari, Vikram, Satria, Henri Olivian, Zaskia A. Mecca, Andre Stinky, Opick, Marini Zumarnis dll.


Cerita awalnya sungguh menyentuh, bahkan hampir menitikan air mata kalau boleh saya lukiskan dimana Ardan ( Agus Kuncoro ) adalah penjual kaca keliling dengan gerobak dorongnya menjajakan kaca dan bingkai photo melewati perumahan, kampung, jalan yang menanjak dan tidak rata bahkan ditemanin hujan,… sungguh memilukan.
Perjuangan Hidup ini hanya untuk lepas dari biaya kehidupan makan hari ini dan buat esok…bila jualan tidak laku akan sulit bagi Ardan atau keluarganya untuk makan, kalo pedagang bakso bisa makan kalau dagangannya tidak laku….karena bisa makan bakso…tapi kalau pedagang kaca dagangannya tidak laku …khan susah ya…apa mau makan kaca….???? Hehehehehe.....:)
Untung Ardan ini mempunyai Istri yang sabar ( diperankan oleh Desy Ratnasari ) dan selalu membesarkan hati suami serta meredam nakalnya sibungsu Nanan tapi masih diimbangi oleh dewasanya sikap sisulung Iwan.
Penampilan keluarga ini benar-benar menunjukkan realistas kehidupan keluarga, kesabaran dan ketabahan istri juga sungguh sangat menyentuh hati….dimana ketika diajak kepasar oleh tetangganya..jawaban dan raut muka Desy Ratanasari sangat menyentuh….gimana mau diajak kepasar lah uang satu sen aja ngakpunya…..waduh menyentuh buanget…..!!!
Ardan sebagai kepala keluarga juga walaupun dagangan belum laku tapi mempunyai mimpi dan optimis terhadap masa depan….ciri ini kebanyakan tidak dimiliki oleh pedagang kita kayaknya…..??? dan optimis itu dilandasi oleh keyakinan pada pertolongan Allah SWT, bahwa sesungguhnya hanya ALLAH tempat meminta dan hanya kepada ALLAH lah tempat memohon pertolongan.
Hal ini dilakukan oleh Ardan dengan melakukan Kiamul lail….dan permintaanya hanya agar Kaca yang dia buat laku….minimal balik modal….tuh khan….permintaan yang logis dari seorang anak manusia…sambil memegang kaca dia berdoa…..!!
Hal seperti ini mungkin sama juga dengan saya atau kita semua…permintaan kita bersifat spesifik…padahal ALLAH maha tahu mana yang terbaik buat umatnya….dan ketika permintaan itu tidak dikabulkan dimana justru kaca yang diharapkan laku itu ternyata malah Pecah ketika hendak dibeli…..pada saat itulah bukan hanya Ardan bahkan kitapun sepertinya pernah terlintas bahwa Allah itu sungguh tidak Adil dsb…dst…..!!!
Pecahnya kaca itu karena adanya tawuran anak sekolah….nah saat pecah itulah Ardan lepas kendali dan marah….sebuah tindakan yang logis sekali dimana uang yang tadinya sudah didepan mata dan untuk biaya hidup/makan keluarga hilang begitu saja….karena ulah anak-anak tawuran….:)
Tapi ternyata doanya Ardan, dijawab lain oleh yang MAHAKUASA….justru anaknya Iwan yang mendapat rezeki dari pemberian Bram sebesar 200 rb rupiah, karena membantu orang kaya tersebut mengantarnya pulang kerumah, dimana payung dan sandal miliknya hilang di mesjid…(.kehilangan dimesjid ini juga realitas nyata yang sering terjadi )…kita ngak usah ngumpat kalau hanya kehilangan sandal di mesjid mungkin hal yang baik untuk kita ucapkan “ semoga Allah memberikan saya rezeki yang lebih dari sandal ini “ sebuah kutipan yang bagus dari ucapan seorang Bram.
Jadi mintanya Ardan Cuma 30 ribu malah dikasih 200 ribu dengan cara yang lain dan diluar pengetahuan umat manusia….mungkin hal ini pernah kita alami dalam kehidupan kita sehari-hari…. Mungkin itu yang disebut Kunfayakun ( “ Kalau Allah berkehendak maka jadilah ia “ ).


Nah cerita selanjutnya kayaknya seperti sinetron deh….bahwa akhirnya kecelakaan menimpa Anan dan yang menabrak adalah anaknya Bram dan ternyata Bram ini juga mantan pacarnya Desy yang kebetulan dizolimi oleh Bram,….akhirnya karena Bram sdh Insyaf dan karena kecelakaan tersebut maka Ardan diberi modal oleh Bram untuk membuka Kios Pembuatan bingkai Kaca, malah lebih dari bingkai kaca dimana pelanggannya adalah sebagian besar dari client Bram…..tercapailah cita2 Ardan untuk mempunyai Kios..dan disitulah akhir dari Film ini.
Kisah awal dari Film ini, sungguh sangat menyentuh…saya berpesan pada anak2…pernah ngak kita mengalami kekurangan seperti itu….??? Pernah ngak kalian selesai Shallat berdoa dan mendoakan papa/mama kalian….atau memohon permintaan kepada Allah tentang ujian/cita2 atau yang lainnya…?? Kalau kalian makan pernah ngak makanan yang kalian makan benar-benar habis….??? Untuk mamanya saya Cuma berpesan satu…kalau nawar jangan terlalu ya ma…kasian pedagang…dia hanya kepingin untung dan keuntungan itu buat makan keluarga mereka……nah buat saya yang berat ini Kiamul lail….saya melakukan ini kalau dalam kesulitan besar dan ada permintaan khusus…tapi Insya Allah dengan keyakinan sepertinya perlu/dan harus …..Insya Allah.
Film ini dibuat dengan Biaya Cekak yang tadinya akan dibuat Sinetron di RCTI… tapi karena Usaha Ustadz Mansur dan Teamnya dalam dua minggu terkumpul juga uang 4,2 Milyar sehingga Film “ Kunfayakun “ dapat diproduksi (http://www.republika.co.id/koran_detail.asp?id=331134&kat_id=6 )
Nah buat rekan-rakan sepertinya sangat perlu untuk menyaksikan film ini….sebuah pembelajaran bagi kita dan keluarga akan hal2 yang tadinya belum atau tidak kita pahami tentang kesulitan hidup kaum duafa…..dari sana Insya Allah kita akan menyisihkan sebagian dari harta/pendapatan kita yang 2,5% itu untuk diberikan kepada yang hak.. Insya Allah tentunya.
So, anda sudah nonton Film ini atau anda ingin menyaksikan Film ini,…monggo anda tak khan rugi mengeluarkan uang 15 rb saat hari biasa atau 20 rb rupiah saat hari libur….buat pencerahan jiwa kita dan keluarga….agar hanya kepadaNYA lah kita memohon dan hanya KepadaNYA pulalah kita meminta…..!!
Tangerang, 27 April 2008
Jumat, 25 April 2008
Termostat Alat Vital Mesin Injeksi
Suhu Ideal Mesin Diatur Secara Akurat
SISTEM pendinginan memiliki peranan amat vital dalam menjaga kinerja mesin agar tetap dalam kondisi stabil. Kinerja mesin paling efisien dan efektif terjadi pada suhu antara 82 hingga 93 derajat celcius. Pada suhu tersebut, proses pembakaran campuran BBM dengan udara berlangsung mendekati sempurna, sehingga seluruh energi kimia dari minyak bumi bisa dikonversikan menjadi gerak mekanik untuk mendorong mobil.
Suhu mesin yang terlalu dingin akan menyebabkan konsumsi bensin menjadi boros. Sebaliknya, suhu tinggi membuat kepala silinder mesin melengkung. Di sinilah peranti termostat memiliki peranan penting agar mesin tidak overheated dan cepat mencapai suhu optimum.
Termostat memiliki fungsi untuk menjaga kestabilan suhu mesin. Tugasnya adalah menutup dan membuka sirkulasi aliran air pendingin mesin yang menuju radiator. Posisi alat ini berada antara mesin dan selang radiator. Ketika suhu mesin mobil berada di bawah angka ideal, termostat akan menahan aliran air dari mesin menuju radiator. Saat itu, aliran air akan berputar di dalam blok mesin saja. Pada suhu air mencapai antara 82 derajat hingga 93 derajat, katup termostat otomatis akan terbuka kecil.
![]() | ![]() |
Begitu pula bila suhu meningkat di atas 93 derajat dan mesin menjadi panas, termostat akan membuka katupnya lebar-lebar. Air panas pun mengalir masuk ke radiator untuk didinginkan. Selanjutnya air dari radiator yang telah dingin disalurkan oleh water pump menuju blok mesin. Katup termostat akan terus membuka selama mesin panas, dan menutup kembali saat suhu mesin berubah dingin.
Mengingat pentingnya peranti termostat tersebut, diharapkan jangan mencopot alat ini. Kalau pemilik kendaraan mencopot termostat, efek yang terbesar adalah mesin lambat menjadi panas. Suhu ideal mesin akan lebih lama tercapai.
Anggapan bahwa mencopot termostat akan mempercepat menurunkan suhu ketika mesin panas, tidaklah tepat. Termostat akan langsung bereaksi saat mendeteksi suhu air melebihi dari suhu ideal tadi.
Efek lainnya bila termostat itu dilepas, maka sirkulasi air pendingin tidak ada yang mengatur lagi. Hasilnya saat mesin dingin, air tetap bersirkulasi dan berputar menuju radiator. Imbasnya, mesin jadi lebih lama untuk mencapai suhu kerja yang ideal. Seiring dengan itu mesin pun kurang optimal dan cenderung boros bahan bakar.
Tidak adanya termostat juga membuat kerja ECU (Engine Control Unit) jadi ngaco. Data sensor yang tidak akurat akan membuat ECU memerintahkan pasokan campuran bahan bakar udara yang keliru.
Karena termostat dicabut sirkulir air terus berjalan baik ketika suhu panas maupun dingin. Itu menjadikan data besaran suhu ke ECU tidak akurat lagi. Maka ECU pun akan memberikan instruksi yang tidak benar pada penyaluran campuran bahan bakar. Bila itu terjadi tentu pemakaian BBM pun tidak ekonomis.
Sensor Electronic
Termostat adalah benda yang mengagumkan karena bentuknya yang kecil, tetapi memiliki peranan penting. Rahasia kerja termostat terletak pada silinder kecil dekat mesin. Silinder ini berisi wax atau semacan lilin, yang mengembang kalau terkena panas. Ketika wax mengembang, batang dalam silinder akan bergerak menekan katup termostat untuk membuka. Untuk melihat cara kerja termostat, bisa dilakukan dengan cara mencelupkan peranti ini pada baskom yang berisi air panas.
Teknologi termostat terus berkembang. Malahan kini sudah menginjak ke sistem elektronik yang menggantikan teknik buka katup mekanis. Pada prinsipnya kerja sistem ini masih sama dengan model mekanis, hanya bedanya sistem buka tutup diatur oleh sensor elektronik
Katup elektronik ini diklaim lebih unggul, karena dapat membuka dengan besaran yang presisi dibandingkan teknologi konvensional. Katup tidak akan membuka kalau suhu belum tepat benar menyentuh angka 82 derajat celcius. Ford memasang teknologi elektronik ini pada model sedan Mondeo. Katup termostat akan membuka atau menutup untuk mendinginkan blok dan kepala silinder berdasarkan perintah sensor panas mesin. Peranti ini dirasakan cukup efektif guna meredam panas mesin untuk mendapatkan setelan pemakaian bahan bakar yang efisien.
Pabrikan komponen Bosch mengembangkan teknologi baru yang menggantikan termostat tunggal dengan sistem katup-katup elektronik yang menyeluruh. Ini akan membuat kontrol suhu mesin lebih akurat yang mendorong performa mesin meningkat.
Disebut menyeluruh karena kerja katup mekanis yang ada dalam sistem pendingin digantikan oleh elektronik. Katup termostat dikombinasikan dengan water pump elektrik yang memakai listrik sebesar 12 volt. Seluruh sistem Bosch ini dikendalikan oleh sistem manajemen mesin keluaran Motronic. (ovi)
Perhatikan Kondisi Termostat
Sama dengan komponen mobil lainnya, termostat mempunyai umur masa pakai yang terbatas. Sebaiknya gantilah peranti termostat sebelum rusak, disarankan setiap 50.000 km. Termostat yang sudah rusak tidak bisa diperbaiki, jadi harus membeli yang baru.
Salah satu kondisi yang membuat termostat tidak dapat bekerja dengan baik adalah karat. Karat pada dinding-dinding termostat harus dihindari. Penyebabnya karena komponen ini sebagian besar memakai bahan besi. Potensi terjadinya karat semakin membesar, bila air di radiator/ pendingin kotor. Itu sebabnya, penggantian secara berkala dengan air yang steril, dapat meminimalisasi munculnya karat. Lakukanlah pengurasan air radiator minimal 20.000 km.
Untuk mengetahui kondisi termostat, mau tidak mau harus membuka dudukan alat tersebut. Bila diketahui karat pada termostat sudah telanjur menempel dan banyak, maka peranti termostat harus diganti yang baru. Pasalnya, tumpukan karat pada dinding termostat bisa membuat komponen katup tidak bekerja dan macet. Kalau macet, maka termostat tidak dapat menjalankan fungsi buka-tutup aliran air dari radiator ke mesin. Terhambatnya mekanisme buka tutup katup bisa membuat termostat selalu terbuka, atau sebaliknya, tertutup terus.
Jika terbuka, aliran air antara mesin dan radiator akan terus-menerus mengalir. Situasi ini bisa membuat mesin overcooling yang dampaknya membuat temperatur kerja mesin sulit tercapai. Sebaliknya, bila kondisi tertutup membuat aliran air antara mesin dan radiator akan terhalang. Akibatnya, pada saat air pendingin telah mencapai temperatur kerja dan mendekati titik didih, tidak dapat bertukar dengan air yang dingin. Karena tidak mendapat pendinginan, bisa terjadi overheating.
Untuk mengetahui apakah termostat masih bekerja baik, bisa dilakukan dengan cara mencelupkannya ke wadah yang berisi air panas. Sebelum memasukkan termostat, terlebih dahulu lihat tanda pada bagian atas termostat. Biasanya pada bagian ini akan tertera suhu minimal saat katup termostat membuka atau menutup. Misalnya tertulis 92 derajat celcius. Itu artinya katup akan tertutup hingga suhu tersebut. Di atas suhu itu, katup akan membuka agar air yang panas dapat bersirkulasi ke dalam radiator.
Usahakan air panas yang berada dalam baskom berada di atas suhu yang tertulis di termostat, umumnya di atas 100 derajat celcius. Untuk mengetahui suhu tersebut, bisa memakai bantuan alat termometer atau pengukur suhu badan. Prosedur pengujian dilakukan dengan cara memasukkan termostat dan termometer ke dalam air. Kemudian lihat reaksi termostat. Jika dalam suhu tinggi, katup tidak bereaksi, maka termostat sudah rusak. Segeralah ganti yang baru. (ovi/bk)
*****
Mudah-mudahan tulisan ini menambah wawasan kita Tentang Thermostat.....dan ga ada lagi usaha untuk melepas thermostat kalau ruang mesin Panas ( skala temp diatas 1/2 )....melainkan cari penyebab lainnya ......
Anda mempunyai pengalaman tentang Thermostat.....kita Sharing Yuck.....!!
Tangerang, 24 April 2008
Langganan:
Postingan (Atom)