Jumat, 27 Maret 2009

DIY - Idle Speed Control - Testing and Replacing




Kita kadang mengalami masalah dengan Tunggangan kita, dimana speed indikator kadang turun naik saat kondisi mesin Idle ( Langsam ), untuk mengetahui mengapa hal tersebut terjadi, alangkah baiknya jika kita mengetahui fungsi kerja dari ISC ( Idle Speed Control ).

Idle Speed Control berfungsi untuk mengontrol atau mengendalikan kecepatan putaran mesin saat kondisi langsam ( Idle ), jadi dalam kondisi normal speed atau putaran haruslah stabil ( tidak terjadi indikator speed yg turun naik/hunting ), kecuali saat posisi langsam kita menggerakkan steer untuk berbelok atau menyalakan AC maka akan terjadi penurunan speed dan beberapa saat kemudian posisi indikator akan kembali ke posisi semula.

Ingin lebih jelas mengetahui fungsi, cara kerja dan cara test serta lokasi terpasangnya ISC, simaklah video dari youtube berikut.

Mudah-mudahan video ini bermanfaat.



Tangerang, 27 Maret 2009.


2 komentar:

Kakang S mengatakan...

tergantung balance power antara yg di pakai sama yg di hasilkan oleh dynamo...
siang hari tanpa AC tanpa lampu, tentu power konsumsin lebih sedikit dibanding malam, pake AC, pake lampu

Papanya Inez GP mengatakan...

ISC memang fungsinya mengatur speed saat langsam, jadi saat steer dibelokkan pressure switch akan mendeteksi tekanan hydraulic yang naik, sehingga terjadi kenaikan beban sesaat pada mesin dan efeknya speed/rpm turun sesat....nah dari deteksi press. switch tersebut ECU memberikan signal untuk menaikkan speed/rpm ke kondisi semula..jadi turunnya speed karena beban actual yaitu Power steering pump terbebani.