Rabu, 18 Februari 2009

Karen Agustiawan, Bangga Jadi Keluarga Pertamina



PERTAMINA, perusahaan plat merah yang menjadi harapan dan tumpuan rakyat negeri ini, untuk menyediakan sumber kebutuhan pokok rakyat yang berjumlah 220 juta orang, tersebar dari Sabang hingga Merauke.

Selama dalam perjalanannya selalu menjadi bulan2 an tokoh politik dan juga Pemerintah yang berkuasa, bahkan pernah menjadi sapi perahan....semua itu terjadi karena PERTAMINA dalam setiap langkah dan geraknya, memang selalu bersinggungan dengan POLITIK....dimana antrian BBM di setiap SPBU, Konversi dari minyak tanah ke Gas...naik atau turunnya BBM akan mendapatkan tanggapan langsung dari Legistatif dan dari selurah rakyat Indonesia secara keseluruhan.

Sebetulnya telah banyak langkah yang dibaut oleh Direktur Utama Pertamina dalam membenahi Pertamina dari dalam, setiap Dirut mempunyai prioritas tersendiri dalam menanganinya : berbagai jurus telah dikeluarkan dalam membenahi Pertamina, bahkan pernah menggunakan jurus mabok dimana orang yang tak begitu memahami betul pertamina menjadi Dirut Pertamina, tapi hasilnya setelah menggunakan jurus itu Image terhadap Pertamina sedikit demi sedikit sudah berubah.

Arie H. Soemarno adalah Mantan Dirut yang benar2 all out menangani Pertamina dimana beliau ingin menjadikan pertamina sebagai Perusahan Kelas Dunia, ada banyak langkah yang dilakukan tapi karena setiap langkah kadang bersinggungan dengan status quo maka ada banyak timbul resistansi .... puncaknya adalah kebakaran Depo Pelumpang dibulan januari lalu.

Penggati beliau adalah Ibu Karen Agustiawan, yang latar belakangnya memang dari dunia MIGAS, beliau mencanangkan 6 Program Prioritas untuk menangani Pertamina, disaat awal kepemimpinannya ini sudah sangat alergi berurusan dengan dunia POLITIK.....mudah2an PERTAMINA kedepan menjadi lebih baik lagi.


Tangerang, 17 February 2009


Wassalam,



[ Kompas Kamis, 12 Februari 2009 ]
Kaget juga ketika mendadak air mata mengalir di pipi Galaila Karen Agustiawan (50), membuat wawancara terhenti. Ia teringat almarhum ayahnya, Prof Dr Soemiatno, figur panutannya. ”Beliau pernah bilang, posisi, jabatan, itu semua tidak ada artinya...,” katanya.
Galaila Karen Agustiawan, Direktur Utama PT Pertamina (Persero) yang dilantik 5 Februari 2009 menggantikan Ari H Soemarno, adalah perempuan pertama yang menempati posisi puncak di Pertamina sepanjang 51 tahun sejarah perusahaan itu.
”Mau nanya apa? 15 menit saja ya. Masih banyak yang harus saya kerjakan,” kata Karen membuka wawancara di kantornya di lantai 19 gedung utama Pertamina.
Sempat bingung juga, informasi apa yang bisa digali dalam wawancara 15-an menit. Namun, ternyata, dengan tempo bicara yang sangat cepat, Karen mengungkapkan cukup banyak hal. Mulai dari pandangannya tentang Pertamina, tantangan-tantangan dalam hidup, penolakannya terhadap intervensi ke tubuh Pertamina, suami dan tiga anaknya yang begitu mendukungnya, hingga impresinya pada Ari Soemarno. Yang terakhir inilah yang membikin mata Karen berkaca-kaca sebelum kemudian menangis.
”Saya melihat Pak Ari sebagai figur yang mirip ayah saya. Ayah saya Dirut Biofarma selama 22 tahun. Ayah orangnya sangat sederhana, ada karakter Pak Ari yang mirip ayah saya, bagaimana ia membimbing orang,” ungkap Karen.
Suaranya sedikit melemah. ”Saya ini bungsu dari sembilan bersaudara. Saya sangat dekat dengan ayah saya, ini sesuatu yang very touchy,” sambungnya. Ia berhenti sejenak dan meneruskan, ”Kalau saya pergi ke nisan ayah, saya pasti nangis.” Kali ini Karen benar-benar berhenti.
Pemimpin dan jabatan
Apa kata Karen soal pemimpin? ”Pemimpin itu role model, pembuat keputusan. Pemimpin itu pasti bikin kesalahan karena pemimpin itu harus bikin keputusan. Kalau sampai pemimpin tidak bikin keputusan, gak ada yang bisa dikerjakan. Diem saja, status quo,” paparnya.
Soal banyaknya pertanyaan terlontar menyangkut posisi barunya ini—mengingat ia baru dua tahun masuk Pertamina—Karen menegaskan, hal ini bukan persoalan politis. Ia memandang pengangkatannya sebagai dirut hanyalah kebetulan. ”Jangan salah, no no no, saya profesional. Jabatan itu comes and goes, bukan sesuatu yang harus dikejar,” katanya.
Yang dimaui Karen, Pertamina mampu menerapkan good corporate governance. ”Kalau ini jalan, maka segala bentuk intervensi yang merugikan perusahaan dan negara, at all cost, tidak tolerir,” tegasnya.
Pernah merasa diintervensi? ”Well, saya tidak bilang seperti itu. Masalahnya, persepsi publik atas Pertamina itu masih pada citra yang lama. Masih ada orang yang coba-coba (mengintervensi), dan mengubah itu butuh waktu,” sahutnya.
Soal ini (mengingat kursi Dirut Pertamina konon teramat ”panas”), Karen berjanji tidak akan melayani segala bentuk intervensi, seperti dikatakan usai pelantikan Kamis lalu. Ia juga memaparkan enam langkah prioritas (Kompas, 5/2).
Selalu ada tantangan
Sebelum di Pertamina, Karen telah lama berkarier di Mobil Oil Indonesia (1984-1996). Ia pindah ke CGG Petrosystem selama setahun sebelum pindah lagi ke perusahaan konsultan Landmark Concurrent Solusi Indonesia. Tahun 2002-2006 ia bergabung dengan Halliburton Indonesia.
Dari pengalaman berpindah-pindah tempat kerja, Karen memetik satu hal, memberikan yang terbaik. Sempat muncul kekhawatiran dari teman-temannya, Karen akan berubah setelah di Pertamina. ”Nyatanya saya malah mengubah sistem. Sistem yang harus ikut saya, itu yang terjadi kalau mau maju. Saya selalu mengambil langkah ke depan.”
Dua tahun lalu ketika masuk ke Pertamina sebagai staf ahli, peran Karen ”hanya” sebatas konsultan. ”Mengusulkan konsep, tetapi implementornya bukan saya. Sekarang, saya harus memastikan semuanya berjalan. Itu berat, tidak sebatas plan the work, tetapi work the plan. Waktu saya masuk sebagai direktur hulu, yang saya benahi adalah bagaimana work the plan,” terangnya.
Bagi Karen, Pertamina adalah tantangan, dan ia menyukai tantangan. Tantangan memicu ide di otak keluar, dan itu membuatnya hidup. ”Dulu, menjadi Direktur Hulu banyak tantangan. Tetapi kalau saya melihat posisi itu sekarang, sudah tidak menantang. Saya sekarang memimpin tujuh anak perusahaan, itu berat, tetapi menantang.”
Tantangan lain, soal maskulinitas. ”Tahu sendiri kan bisnis minyak itu maskulinitasnya kuat. Saat saya masuk, banyak yang mempertanyakan, bisa apa cewek ini.” Jawabannya? ”Banyak yang mengakui, she did bring something.”
Karen mencermati adanya perubahan cara berpikir di sektor hulu. Dulu orang masuk Pertamina lebih untuk keamanan kerja, masuk Pertamina untuk menghidupi keluarga. ”Sekarang harus diubah menjadi I’m proud to be Pertamina family. Kayak dulu di ITB zaman Posma, kan ada spanduk selamat datang putra-putri terbaik Indonesia. Saya pengin begitu di Pertamina, selamat datang sarjana terbaik di Pertamina.”
Karen menyambung, ia akan menjadikan Pertamina minimal sama dengan Petronas, perusahaan minyak Malaysia itu. Sulitnya membuat Pertamina menjadi berkelas dunia? ”Ini soal keseimbangan, we can not see our selves as a full private corporate karena ini kan perusahaan pelat merah yang mengemban tugas negara,” jawabnya.
Karen memandang Pertamina di satu sisi sebagai korporat, maka untung harus diraih. Sisi hulu pun digenjot. Namun, di sisi hilir, banyak aspek sosial yang harus dihadapi. Misalnya, bagaimana memastikan agar BBM dan elpiji tersedia dan gampang diakses.
Sumber : Kompas


CATATAN :

Enam Program Kerja

Pertama, akan tetap melanjutkan program kerja jangka panjang yang sudah ditetapkan pimpinan Pertamina sebelumnya.

Kedua, program utama setiap direktorat akan dilakukan dengan mengedepankan aspek efektif, efisien dan keselamatan operasi.

Ketiga, aspek distribusi dan keamanan pasokan BBM, elpiji dan biofuel akan diupayakan dan dijadikan prioritas utama.

Keempat, pengusahaan sektor hulu akan ditingkatkan porsinya karena tahun lalu sektor tersebut menyumbang laba terbesar bagi perseroan. Ia menargetkan produksi minyak tahun ini tetap 171.000 barel per hari, 1.266 mmscfd untuk gas dan dari geothermal 15 juta ton,.

Kelima, transformasi Pertamina menuju perbaikan yang sudah dimulai Mantan Direktur Utama Pertamina Ari Hernanto Soemarno tidak boleh berhenti.

Keenam, seluruh pekerja Pertamina harus tetap mempertahankan momentum perubahan, bersikap terbuka, jujur, berani, dan profesional.



9 komentar:

Didit FA mengatakan...

ribut2 kenapa tuh di DPR om..
rame banget di media massa..

Agam Fatchurrochman mengatakan...

Bangga Karen berani melawan DPR!

Papanya Inez GP mengatakan...

Atas nama rakyat..bisa ngomong se-enaknya...!!

Papanya Inez GP mengatakan...

Hehehehe....tapi ada sedikit kekhawatiran saya sama Dirut yang baru ini.....mungkin latar belakang beliau berasal dari lingkungan yang betul2 menjunjung tinggi tata krama dan sopan santun dalam bertutur ......!!

Agam Fatchurrochman mengatakan...

Memang DPR harus dilawan mas. Semua orang yang dipanggil DPR kan takut, malah sudah menyediakan amplop (saya dulu salah satu pelaku yang memberi hehehe). Bagus kalau di awal jabatannya Karen berani melawan institusi konyol yang mengaku wakil kita ini

Papanya Inez GP mengatakan...

Ya, kewenangan DPR memang perlu dikurangi.....kalau terlalu banyak nanti seperti anak yg dibilang gus Dur....hehehehe

Lusy Mardiani mengatakan...

semoga gas gak ngilang2 dan BBM selalu ada ..amien

Papanya Inez GP mengatakan...

Ya mudah2an saja, kalau menghilang harga jadi naik.....kalu naik pos yang lain harus dikurangi.....makanya kalau ada kenaikan bahan2 pokok IRT yang merasakan efeknya....!!

Papanya Inez GP mengatakan...

Perseteruan Pertamina dan Komisi VII DPR Berakhir, be mature lah.....hehehehehe
http://www.jawapos.co.id/halaman/index.php?act=detail&nid=54068