Jumat, 20 Februari 2009

Pasar Lama Tangerang




Pasar merupakan tempat beraktifitasnya antara penjual dan pembeli, baik itu kebutuhan primer ataupun kebutuhan sekunder lainnya, Geliat ekonomi sebuah tempat, kota atau negara dapat dilihat disini, semakin besar dan ramainya pasar maka omset yang mengalir juga akan semakin besar.

Namun bagi pengunjung, menariknya sebuah pasar dalam hal ini Pasar Tradisonal bukan hanya harga yang murah, tempat yang strategis, suasana yang nyaman tapi kekhususan yang dimiliki oleh pasar tersebut.

Seperti halnya dengan Pasar Lama Kota Tangerang, pasar ini merupakan pasar tertua yang ada, bangunannya pun masih ada yang menunjukan sisa2 bangunan jaman dulu.
Didalam pasar ini ada bangunan Klenteng Boen Tek Bio yang dibangun oleh Penduduk Tionghua pertama yang berasal dari daerah Teluk Naga yang datang melalui jalur Sungai Cisadane yang berada persis dipinggiran Pasar ini.

Ada 3 Gang masuk yang memasuki pasar ini yakni Gang Cirarab, Gang Tengah/Kali Pasir, dan Gang Cilangkap. Suasana didalam pasar memang tak berbeda jauh dengan pasar-pasar tradisional lainnya tapi kalau dilihat jalan atau gang utama lumayanlah karena jalannya menggunakan Konblok.

Pasar ini mulai ramai dikunjungi dari jam 09 pagi hingga jam 17 sore, tapi bila hari sabtu dan minggu pasar ini akan tampak membludag karena ramainya pengunjung, dan anda akan kesulitan memperoleh lokasi parkir bila anada menggunakan kendaraan roda empat.

Kalau ditanya mengenai harga, dipasar ini memang lumayan lebih tinggi bila dibandingkan dengan pasar tradisional lainnya ; daging iga yang akan dibeli istri perkilogramnya Rp 38 rb ditawar Rp 30 rb tidak dikasih matinya Rp 35 rb, akhirnya dengan berat hati istri mencari Iga di tempat lainya yakni di Pasar Anyar yang lokasinya tidak begitu berjauhan, dan disana diperoleh dengan harga Rp 28 rb dengan harga pertama Rp 30 rb.

Pasar Lama Tangerang, riwayatmu dulu dan kini....semoga pasar ini akan selalu tetap bertahan...menjadi ikon kota tangerang dengan kekhasan yang ada dan tersedia....!!



Tangerang, 19 Februari 2009.



Wasalam,





6 komentar:

Teh Icho mengatakan...

Hiks.. kangen pasar lama euy..
Ini es bah kongsrang, skrng mungkin turunannya yg jualan yaa
.. soto mie yang mangkal di sini uenaaaak tenan

Salam kenal Papa Inez..

Lusy Mardiani mengatakan...

wah semoga lestari pasar2 tradisional..dengan catatan : jangan becek dan mahal harganya hehehe

Papanya Inez GP mengatakan...

Wah ini sepertinya fameliar banget didaerah ini.....kenangan masa lalu ya Bu....???
Salam kenal kembali ya.....salam dari istri dirumah.

Papanya Inez GP mengatakan...

Iya, semoga saja....kalo becek sih ngak terlalu deh....!!

Teh Icho mengatakan...

familiar banget Papa Inez..
saya SMP dan SMA di Tangerang..
pulang sekolah sering ngubek2 Tangerang dulu.. termasuk ngubek2 pasar lama
di belakang Pasar lama itubbrp teman saya tinggal di sana..
termasuk pemilik Apotik Benteng hehe

Salam juga buat mama Inez

Papanya Inez GP mengatakan...

Oh Gitu ya Bu, pantesan tempat main jadul sih....!!
Ok, terimakasih salam sdh sampaikan