Minggu, 22 Februari 2009

Mesjid Raya Bani Umar Bintaro Tangerang




لسلام عليكم و رحمة الله و بركاته

Mesjid Raya Bani Umar merupakan masjid dengan menara yang tertinggi di Tangerang ( 59.62 meter ), Pembangunan mesjid ini diprakarsai oleh Keluarga Almarhum Umar Wirahadikusuma ( Mantan Wakil Presiden RI ke 4 periode 1983 - 1988 ) yang tergabung dalam Yayasan Bakti Djajakusumah, mesjid ini dibangun diatas lahan 1.2 hektar dan peletakan batu pertamanya dilakukan pada tanggal 07 Juli 2007 dengan menelan biaya sekitar Rp 2 Milyar. Peresmiannya dilakukan oleh Presiden RI Bpk. Susilo Babang Yudhono ( SBY ) pada tanggal 10 Oktober 2008 bertepatan dengan tanggal kelahiran Bpk. Almarhum Umar Wirahadikusumah.

Mesjid Raya Bani Umar agak sedikit unik karena dibangun tanpa Kubah seperti mesjid pada umumnya, namun menurut Arsitek yang membangun mesjid ini yakni Fauzan Noe'man kubah bukan unsur wajib dalam bangunan sebuah masjid. Daya tarik masjid tiga lantai ini terletak pada bangunan menara yang menjulang tinggi hingga 59 meter.
Selain dari itu Disign Interior didalam mesjid sungguh menakjubkan tertutama pernak-pernik Lightingnya dan dan suasana Orangye mendominasi warna Mesjid, suasana Lighting ini akan tampak sangat mempesona bila melihatnya dimalam hari, kata saudara saya yang pernah menyaksikan diwaktu malam.

Selain dari itu Taman tertata dengan apik dengan diselang-selingi oleh pohon Palm dan batu sebagai pembatas Syaf Shallat, sehingga pada saat shallat Idul Fitri atau Idul Adha atau perayaan keagamaan lainnya dapat digunakan untuk menanpung umat diluar ruangan utama dalam jumlah besar untuk menjalankan ibadah tesebut.

Dalam sambutannya tanggal 10 Oktober kemarin Ibu Karlinah Djaja Atmadja, istri almarhum Umar Wirahadikusumah, mengungkapkan bahwa keberadaan masjid yang nyaman digunakan untuk beribadah sudah menjadi kebutuhan bagi semua umat Islam. "Kita semua sangat mendambakan sebuah masjid yang indah, dikelilingi taman-taman yang segar dan bernilai estetis dengan arsitektur tinggi," kata Ibu Karlinah. Dengan adanya masjid nan indah dan nyaman diharapkan jamaah bisa beribadah dengan khusyu.

Mesjid Bani Umar dibangun bukan saja dalam aspek kegiatan ibadah ritual, tetapi juga bagi pembinaan seluruh aspek kehidupan. Kegiatan-kegiatan yang akan dilaksanakan, antara lain, pelayanan ibadah haji, mengelola zakat, infaq dan shodaqoh, dakwah dan kajian Islam. Juga mengembangkan perpustakaan Islam, serta menyelenggarakan kegiatan pelayanan kesehatan dan pelayanan umum, ujur Ibu Karlinah yang saya kutip dari media Nasional.

Sungguh sebuah cita-cita yang mulia dari Keluarga Almarhum, mudah-mudahan cita2 itu dapat terlaksana dengan sebaik-baiknya, Amin.

Teman-teman bila anda bertempat tinggal disekitaran tangerang dan ingin berwisata Relegius, tempat ini bagus untuk dikunjungi, lokasinya berada Jalan Graha Bintaro Raya Kavling Blok GK 4 Nomor 24, Kelurahan Perigi Baru, Kecamatan Pondok Aren, Kabupaten Tangerang Selatan. Ketika saya memasuki pintu gerbang Mesjid ini si-petugas dengan santun menuntun saya untuk menunjukkan tempat parkir kendaraan, ketiga anak saya ketika setelah melakukan shallat Ashar...lari sanai lari sini untuk meneksplor suasana didalam dan di taman.....dan saat diluar ruangan mereka sangat tertarik dengan banyaknya kolam ikan, dan juga ikannya...jadi kalau mampir kesini bila membawa makanan ikan akan lebih baik.

Mesjid Raya Bani Umar, sungguh mempesona arsitekmu baik didalam ataupun diluar ruangan, saya masuki semua ruangan untuk umum tapi saya belum menemukan semacam jadwal kegiatan mesjid ini, kalau jadwal kegiatan itu ada dan terlihat oleh pengujung maka akan lebih baik lagi tentunya.

Demikian, lebih dan kurang saya mohon maaf.



Tangerang, 22 Februari 2009


Wasalam,



Tambahan :

Pada tanggal 27 Februari Jum'at saya berkunjung lagi ke mesjid ini untuk menunaikan shalat Jum'at, hal ini saya lakukan selain untuk menunaikan shallat jum'at juga untuk meredam penasaran dalam diri saya, masak sih mesjid semegah dan seindah ini tidak ada jadwal kegiatan keagamaan...akhirnya setelah sampai disana saya perhatikan suasana parkiran sudah rada penuh, dan jamaah yang menunaikan shallat di lantai 2 penuh, tapi dilantai 3 saya tidak bisa menyaksikan jumlah jamaah karena saya berada dilantai 2.

Bertindak selaku Khatib Jum'at adalah Bpk Dr. Ir. Nana Rukmana DW.MA, dengan Imam : Bpk. M. Farazi Ash Shofa dan Muazin : Bpk. Hamim Thohari, dalam Khobah jum'atnya Khatib mengajak umat islam untuk selalu menteladani Kepemimpinan Nabi Muhammad SAW, khususnya dalam memegang amanah sebagai Pemimpin, begitu juga dalam menjelang pemilu ini Umat Islam agar senan tiasa memilih pemimpin yang amanah dan tentunya berlatar belakang pemimpin Muslim, karena memang kita umat muslim.

Kepada setiap Umat yang shallat jum'at di Mesjid Bani Umar ini, diberikan Lembar Mimbar Jum'at dimana selain isinya berupa pengetahuan tentang agama juga jadwal kegiatan 2 jum'at kedepan...( nah ini nich dalam hati yang saya cari kemaren )..adapun kegiatannya yakni :

1. Kajian Selasa jam 10:00 - 11:45

2. Kajian Malam Jum'at Jam 08:00 - 19:00

3. Kuliah Dhuha Setiap Hari Minggu jam 07:30 - 09:00
Tanggal 1 Maret Thema Tafsir Al Fatiha oleh Bpk. Drs Wahfiuddin
Tanggal 8 Maret Thema : Perempuan dalam al Qur'an ( lanjutan ) Oleh Dr. Ismawati
Tanggal 15 Maret Thema : Kunci Sukses Mendidik Anak Oleh Ust. Salim Yahya Qibas
Tanggal 22 Maret Thema Sirah Nabawiyah Oleh Ust. Rusli Hasbi

4. Untuk Shallat Jum'at tanggal 6 Maret
Khatib : Dr. Shobahussurur, Imam : H. Hasan Basri dan Muazin : Ust. Zulman.

Jadi kalau anda ingin membawa keluarga untuk wisata religius ke Mesjid Raya Bani Umar, akan lebih baik bila dihari minggu, sekalian mendengarkan Kuliah Dhuha yang setiap minggu dilakukan.

14 komentar:

Lusy Mardiani mengatakan...

wah seru jalan2 mengunjungi mesjid....tapi emsjidnya agak2 sepi ya pak..trus itu ada kolam airnya ijo..kolam apaan tuh..?

iip rifai mengatakan...

modern banget nih Mesjid, di komplek apa toh pak? kok kayaknya sepi banget

Papanya Inez GP mengatakan...

Saat saya datang menjelang Ashar....hari minggu kemaren, setelah azan jumlah orang yang Shallat ada sekitar 20 orang, kolamnya memang sedikit keruh mungkin karena belum ada pompa sirkulasi atau kondisi jamur yg lagi kembang biak..soalnya kolam2 itu kelihatannya terawat dgn baik....tapi ikannya banyak mbak Lussy..kalau hari jum'at saya yakin akan ramai sekali.

Papanya Inez GP mengatakan...

Betul mas Iips, modern dan apik....saya suka warnanya dan estetikanya.....yah seperti mesjid2 kita kebanyakan, mungkin ramenya saat shallat maggrib dan Isya atau mungkin saat shallat jum'at.
Lokasi di Graha Bintaro raya, Kel. Perigi baru, Pondok Aren, Tangerang Selatan

Chendra Widyoputra mengatakan...

terpengaruh arsitektur mana ya? kok unik banget

Chendra Widyoputra mengatakan...

waw, gran maxnya gaul, velgnya gede ya, hehe

Papanya Inez GP mengatakan...

Betul unik...entah deh arsitektur mana....!!

Papanya Inez GP mengatakan...

Wah si-oum teliti sekali sampe kesana memperhatikannya....tapi bener velgnyo okey buanget...jari2 lagi....!!

Chendra Widyoputra mengatakan...

gak taunya di gambar setelahnya ada gran maxnya aja, hehe, keburu komen. mobil jenazahnya gaul..

Papanya Inez GP mengatakan...

Mungkin yang mengelola atau yang nyumbang itu armada menyenangi otomotif....hehehe

Papanya Inez GP mengatakan...

Update tambahan tulisan..biar infonya lebih lengkap.....!!

beny prayitno mengatakan...

Assalamu'alaikum
Wah infonya lengkap bangettt, kebetulan saya sering berkunjung kesana.Jadi, makasih atas informasinya ya.Benar-benar bermanfaat.Jaazakallah Khairan.

beny prayitno mengatakan...

Foto-fotonya mirip hasil fotografer ulung:) Nampak nuansa islami, sejuk dan elegan.

Papanya Inez GP mengatakan...

Thanks Bro......!