Sabtu, 29 Maret 2008

Dokter Umum atau Dokter Specialist

Rating:★★★★
Category:Other
لسلام عليكم و رحمة الله و بركاته

 photo AjidirawatdiRSS.jpg
Sisulung (Aji ) tadi malam badannya Panas disertai dengan batuk serta kepalanya pusing dan Sibungsu ( Inez ) sejak hari jum’at kemaren badannya juga lumayan panas tapi masih bisa ditanganin oleh mamanya dengan dikerok dan kemudian diolesin sama “Medicated Oil”.

Nah tadi malem kondisi keduanya semakin memburuk, artinya badannya yang tadi lumayan panas … panasnya lumayan naik tapi menurut saya masih dalam batas normal karena saya perhatikan tenggorokannya merah artinya penyakit ini disebabkan oleh radang tenggorokan dan memang kalau anak2 saya sakit biasanya selalu dimulai dari sini dan ketiga anak saya menurut dokter semuanya Amandel , melihat kondisi tersebut saya putuskan untuk menunda pergi kedokter besok pagi saja.

Tadi pagi sekitaran jam 10:30, setelah pulang dari goes sepeda sambil beranjangsana kerumah teman semasa SMA dulu, langsung luncur ke Klinik Umum “ Banjar Medika “ klinik langganan kami sekeluarga.
Meskipun di Klinik itu ada juga Dokter Specialist, tapi kami selalu berobat ke dokter Umum, dimana dokternnya prakteknya bekerja Shift2an ( kadang dr Asrul, dr Christian dan lainnya ), dan Alhamdullillah selama ini dengan dokter Umum atau dokter klinik tidak ada masalah.

Ada beberapa alasan kenapa saya selalu pergi kedokter umum, salah satunya adalah pengalaman saya dulu ketika tahun 1998 dimana waktu itu kami masih tinggal di Kedaung Ciputat…nah kalau disana jika anak sakit, saya salalu membawa anak saya ke dokter specialist Anak yakni dr. M….lokasi Prakteknya di Ruko Pamulang, dan Alhamdullillah bila kami ke dokter M anak kami selalu sembuh dan pulih kesehatannya.

Nah pas pindah rumah di tangerang, lokasi dari Pamulang khan jauh….jadi kami memilih dokter specialist di sekitaran tangerang, tapi bila kami bawa anak kami ke dokter specialist di tangerang kok jadinya ngak ampuh ya….?? butuh satu atau dua kali berobat kedokter tersebut baru kemudian pulih/ sembuh….tapi kalau kami kembali ke dokter langganan di Pamulang, langsung saja sembuh….??

Alasan lainnya saya peroleh dari dokter yang kebetulan juga temen, dia bilang bahwa kardar obat yang diberikan oleh dokter specialist itu jauh lebih tinggi dosisnya dibandingkan dosis obat yang diberikan oleh dokter umum, sehingga bila kita berobat ke dokter specialist akan cepat sembuh karena kadar/dosis obatnya tinggi. Jadi bila kita selalu pergi kedokter Specialist, bila dikemudian hari kita pergi ke dokter Umum, sembuhnya akan rada lama….karena kadar/dosis obatnya rendah….sedangkan tubuh kita sudah terbiasa menerima dosis obat yang lumayan tinggi.
Alasan lainya juga berdasarkan biaya, kalau dokter specialist khan pasti lebih mahal ya, bila dibandingkan dengan dokter umum, selain dari itu juga antriannya….ampun deh untuk dokter specialist pasti lebih panjang.
Tapi kalau disuruh milih antara dokter specialist dan dokter umum sih, bagusnya ngak ke dokter ya….???
Karena kalau kita selalu pergi kedokter saat kita sakit sedikit aja, maka lambat laun langsung atau tidak langsung tubuh kita akan teracuni oleh efek negative dari obat2an khususnya obat2an yang bersifat antibiotik.

Kalau saya sih, bila ada gejala mo sakit….tenggorokan serasa ngak enak…maka tak lain saya minum Tolak Angin atau Atangin ditambah dengan ‘Medicated Oil “ dielusin aja ke dada dan leher, plus minum Vitamin C dosis tinggi dan istirahat yang cukup…..dan apabila dalam beberapa hari ( max 3 hari ) tidak juga sembuh baru pergi kedokter Umum.

Secara pribadi pilihan pergi kedokter umum sebetulnya lebih ditekankan pada efek jangka panjang dari pengaruh obat, bukan pada biaya…karena kalau masalah biaya Insya Allah perusahaan tempat bekerja saya, bisa mengcover biaya berobat jalan lebih dari hanya sekeder dokter specialist. Lagian kalau Cuma pilek dan demam sedikit aja masak kita harus panik sih ya…..???? ya kalau cuma burung kecil aja….nembaknya pake senapang angin aja sudah cukup ngak perlu pake M16 atau AK47 “ khan…..?????

Anda mempunyai pengalaman yang sama dengan dokter Specialist atau dokter Umum, atau masalah amandel anak anda atau keluarga anda……kita sharing Yuck…..!!!!!



Tangerang, 29 Maret 2008


15 komentar:

Lusy Mardiani mengatakan...

saya mah masalah ama telinga yg suka kadang2 mendadak BUDI..di bali udah pernah ke dokter THT spesialist dan harganya masih terjangkau lah..sekitar 100rb udah ama obat..nah pindah ke jkt..ala mak specialist disni kayaknya 'merampok' deh masa vacuum telinga aja abis 400rb..blom ngatrinya yg 2 jam lebih alaaaaghhhh...double deh ya sakit disedot telinga..sakit juga kantong kita..hiks

Abimanyu Panca Kusuma Wachjoewidajat mengatakan...

Asiiikk topiknya asiiikk... nimbrung ah. Katanya kalau ada dokter memberi obat cespleng itu lantaran dia beri obat secara BOMB atawa "Over Dosis" yg katanya beresiko si anak jadi imun dan kelak butuh dosis gede. Tapi kalau dg dokter yang musti 1-2x balik lagi itu lantaran dia ngasih dosis yang wajar. jadi penyakit ilang berangsur dan anak gak imun.
PERMASALAHANnya. Orang tua mana sih yang tega biarin anaknya sakit lama? pasti kita penginnya CESPLENG. Memang sih beresiko, tapi kalo pake obat yang jangka panjang juga beresiko karena obat yang dikonsumsi dikali jumlah hari ya sama2 juga Tinggi kan? Lagian haregene kalo kita piling pengobatan yang durasinya lama maka dalam periode tsb anak masih rada2 sakit, dan akan retan kena penyakit laen.
Alasan lain, kalo dg penyakit yang sama lalu ada dokter ngasih obat yang kurang cespleng bisa jadi dia salah analisa penyakit tsb.
Dan terakhir (ini alesan bikin sakit mata dokter yg baca nih) banyak dokter yang businessman juga (ya gak semua sih), jadi dia hanya INGET OBAT2 dari produsen yang lebih memberikan "keuntungan" buat si dokter. Nah kalau sudah gitu ya repot, pasien yg jadi korban.

Abimanyu Panca Kusuma Wachjoewidajat mengatakan...

Oh iya, saya punya pengalaman dapet dokter A yang ramah tapi (maaf) geblek, obatnya nggak mujarab. Si anak tetep sakit dan gak berkurang sama sekali. Trus saya bawa ke dokter laen dan mujarab. Gak lama waktu berselang di RS tsb saya ketemu si dokter A lagi, dia basa basi nanya gimana kabar anak saya. Dasar namanya Abah gak punya perasaan, saya jawab "Wah obat yang dari dokter gak mujarab, karena kecewa trus saya bawa ke dokter lain dan sembuh. Tapi gapapa dok yang penting kita sama2 dapet pelajaran dari kasus ini".. trus si dokter agak2 salting gitu.. dan saya pamit ditengah bengongnya dia atas jawaban saya yang cukup menohok... HAHAHHAHAHA
abis itu istri saya negur "Wah mas tadi kok ngomong gitu, kan gak enak. sapa tau suatu saat kita butuh dia lagi." saya bilang "Segitu banyak dokter laen di RS ini, maka kita gokil kalo masih mau ambil resiko berobat ke dokter A itu" :)) :))

Papanya Inez GP mengatakan...

Ya, yang paling bagus ya itu...dokter plus obat disatu lokasi.
anak no 2 ( Ray ) .... sama tuh kasusnya Mbak Lussy....kalo ngak rajin dibersihin kotoran kupingnya sih mengeras
tapi selama ini mamanya telaten mbersihin tuh telinganya.....!!!
ternyata jauh beda ya ibukota sama denpasar moon......gimana ada perasaan mo balik ke bali....????

Papanya Inez GP mengatakan...

Iya Bah....pertimbangan Utamanya sebenarnya di Imunitas/antibody sianak...pada dasarnya dalam tubuh kita ada antibody yg akan bekerja untuk menangkal/menyembuhkan itu penyakit...biarkan itu bekerja....!!!

yang kedua...penambahan dosis secara gradual...akan menimbulkan imunitas pada tuh virus/bakteri sehingga saat dah dewasa nanti saya khawatir ....butuh obat baru untuk menangkal tuh virus/penyakit....!!! jadi semakin dewasa dia semakin butuh biaya yang tinggi untuk berobat....???

Kalau anak lambat recovery-nya ya kita kasih deadline sampe 3 hari ( paling lambat )....kalau 3 hari nga juga sembuh,...balik lagi kedokter dgn membawa obat sebelumnya.....tapi khan Bah obat itu diberikan utk jangka waktu 3-5 hari ya.....yg cespleng juga kira2 segitu....???
Diagnosa oleh dokter....yg bisa kita jadikan patokan.....kalo hasil diagnosanya menunjukkan ada gejala penyakit yg membahayakan....ya kita harus inten memperhatikan kesembuhan anak......bahkan mungkin membawanya ke Rumah Sakit....( Aduh jangan sampai deh...!!! )

Saya kadang lihat salesman/girls yg ikut ngatri sama pasen.....untuk menemui dokter......!!!
Dalam hati ....wah ga bener nich dokter.....??????


Papanya Inez GP mengatakan...

Kenapa ya Abah, kalau segala yg menyangkut diri kita sih kita kuatttt aja.....tapi kalo menyangkut anak atau keluarga....pengenya ceplas-ceplos aja...????
Tapi kalo yg gitu biasanya saya serahin sama Istri.....biar lebih malu dia......!!!!!

Lusy Mardiani mengatakan...

balik ke bali lagi mungkin nggak untuk sekarang2 ini tapi kalo pingin beli rumah di bali TETEP pingin hehehe

Abimanyu Panca Kusuma Wachjoewidajat mengatakan...

kalo menurut saya 3-5 hari sih melegakan. tanda2 cespleng buat saya setidaknya setelah berobat atau at least after D-1 ada tendensi perbaikan ya itu sudah termasuk cespleng.

btw mencegah kan lebih baek ketimbang mengobati jadi skarang sih anak2 rutin dikasih Bear Brand dan vitamin spt Stimuno.. atawa Imboost.. selain tentu LARANGAN KERAS jajan yang nggak2.. hihihihihi

Apalagi yang bungsu tingkahnya segudang sementara dia Asma, jadi sering gampang sakit kalo cuaca lagi jelek spt ini.. ya terpaksa mengandalkan vitamin2 diatas.

Abimanyu Panca Kusuma Wachjoewidajat mengatakan...

iya Mas. mungkin sih karena kalo utk diri sendiri kan kita bisa ngukur dan mikir.. kalo nggak manjur kita sendiri bisa ngerasain, tapi kalo anak? kan mrk gak bisa bedain antara sakit, capek ama lemes.. dan kita pasti lebih was2... yang I felt sorry sih nasib itu dokter.. mana dia nyangka bapak pasiennya ternyata mulutnya ternyata Wess Ewess Ewess.. Bablas Nyerocosnyeee... hohohohoho

Papanya Inez GP mengatakan...

Mudah2 dilimpahkan rezekinya buat siayah sekeluarga....sehingga tujuan dan harapan Mbak Lussy bisa tercapai, Amin....!!

Papanya Inez GP mengatakan...

Selama ini anak2 D+2 sudah alhamdulillah sudah recovery Bah....termasuk cespleng juga ya....??

Bagus tu Abah dikasi vitamin spt itu....tapi kalo bisa jangan keterusan.....!!

Oh, Sibungsu ..... iya anak2 sekarang susah sekali memberikan pengertian, mungkin sesuai umurnya kali ya....kalo terlalu kita kekang jg ga bagus....entar over protective lagi.....!!
Mudah2an efek suplimen akan menyembuhkan Sibungsu ya Bah....Amin...!!

Papanya Inez GP mengatakan...

Bisa dibayangin deh....muka itu dokter.....!!!
Kasih sayang kita pada anak dan keluarga kita, akan memberikan ketenangan dan kenyamanan untuk mereka semua,....!!

Ya Allah, bimbinglah Kami ...sehingga kami mampu membawa mereka kepada keadaan yang jauh lebih baik dari yang kami miliki saat ini, Amin.....!!!

Abimanyu Panca Kusuma Wachjoewidajat mengatakan...

amiin.

Abimanyu Panca Kusuma Wachjoewidajat mengatakan...

amiin lagi..

whuuaaahh... enak banget nih comment di blog mas Zul. Sering dapet bonus do'a. Manteebbhh...

Papanya Inez GP mengatakan...

Iya Bah, semakin banyak kita berdo'a semakin banyak pula rasa syukur yang kita panjatkan keharibaanNYA.....!!