Rabu, 05 November 2008

DIY – Memilih dan Membersihkan Kacamata

 لسلام عليكم و رحمة الله و بركاته

Kacamata merupakan alat bantu kita untuk melihat, baik itu kacamata Minus ataupun kacamata Plus, besarnya tingkat plus atau minus dari kacamata ditentukan oleh kondisi masing-masing penggunanya. Tetapi yang akan dibahas diartikel ini bukan menyangkut tinggkat Plus atau Minusnya karena itu sudah menyangkut ranah specialist mata tentunya, artikel ini lebih menekankan pada fungsi dari kacamata dan bagaimana kita memilih kacamata serta merawatnya.
Fungsi utama kacamata lebih ditekankan pada alasan kesehatan dimana untuk melindungi kedua bolamata kita dari pengaruh cahaya luar, selain dari itu juga sebagai pelindung dari silaunya cahaya yang dapat menimbulkan kecelakaan atau sebagai peneduh mata dan yang terakhir sebagai peningkat penampilan anda tentunya….hehehehe...
Pilihlah kacamata sesuai dengan fungsinya : misalnya anda seorang yang mempunyai mata Minus dan selalu melakukan aktifitas diluar ruangan atau anda juga selalu melakukan aktifitas didalam ruangan tetapi selalu berada dihadapan komputer…. Nah untuk ini saya recommended anda untuk memilih kacamata : yg berubah struktur warnanya bila dikenai cahaya…..lensa kacamata ini memang harganya sedikit diatas rata-rata…tapi sangat membantu sekali sebagai penenduh dan pelindung mata anda juga untuk membantu penglihatan mata anda ( khusus untuk minus/plus atau cylinder ).
Dengan kacamata tipe ini sangat membantu anda untuk menahan silaunya sinar matahari, silaunya pantulan cahaya dari kendaraan didepan anda saat anda mengendarai kendaraan dimalam hari dan membantu mata anda untuk meredam terangnya sinar komputer saat anda didepan komputer..........
Mengenai Jenis Lensa kacamata yang Kaca atau Plastik dan Frame kacamata yang berat atau yang ringan yang terbuat dari bahan titanium, itu tergantung dari pilihan anda…karena semuanya bergantung dengan kocek atau kantong anda…..!!!
Karena anda sering beraktifitas diluar ruangan, tentunya kacamata anda akan terkena keringat dan menimbulkan jamur dipinggir atau dicelah2 kacamata anda….nah untuk membersihkannya, biasanya saya lakukan dengan menggunakan benang yang dilipat dua dan ditarik pada setiap celah yang berjamur, baru setelah itu saya bersihkan dengan metoda tersebut dibawah ini :
Point Persiapan ;
  1. Kapas kecantikan
  2. Shampo secukupya
  3. Tusuk gigi dari kayu
  4. Tissue
  5. Kain Lap kacamata
Pembersihan Kacamata ;
  1. Teteskan Shampo secukupnya dikapas yang sudah disiapkan
  2. Basahi kacamata denga air bersih
  3. Basahi Kapas yang sudah ditetesin shampo dengan air dan kucek2 hingga berbusa.
  4. Bersihkan kacamata dengan Kapas dan busa Shampo hingga bersih kepermukaan kacamata, Frame dan lekuk2 Frame/Lensa hingga bersih.
  5. Untuk mencapai Celah2 Frame/ Lensa gunakan tusuk gigi dan lintir ujung tusuk gigi gengan kapas shampo yang berbusa tadi dan selanjutnya bersihkan hingga benar benar bersih.
  6. Setelah bersih siram dengan air hingga busa shampo hilang dan Lensa/ Frame benar benar bersih.
  7. Keringkan Lensa/ Frame dengan Tissu
  8. Nah setelah bener-benar kering akan terlihat kacamata anda bersih dan nyaman untuk digunakan lagi.
  9. Bersihkan kacamata anda 2Minggu/sekali, atau tergantung dari aktifitas anda….!!

Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.



Tangerang, 4 November 2008

Wasalam,

6 komentar:

Chendra Widyoputra mengatakan...

makasih infonya oom...

Papanya Inez GP mengatakan...

Sama2 oum chendra.....!!

Abimanyu Panca Kusuma Wachjoewidajat mengatakan...

WHUIIIHH... telaten amat ya boss... keringet abah parah nih kalo di kacamata bisa ampe ijo .. abah sih biasanya kalo kaca udah burem abah tetesin sabun cair, trus oles2 dikit dan celah2 yang ada ijo2nya itu diolesin sabun cari ini ini juga. dan nose padnya dibuka trus dibersihin (yah 2 bulan sekali lah.. itu juga kalo gak males ahuahuaha).. didiemin bentar (Berharap sabunnya meresap ke kotoran tsb). trus guyur/bilas air dan terakhir dilap pake tissue yang lembut. berhubung pake yang kaca jadi gak takut kegores.

Papanya Inez GP mengatakan...

Dulu juga pake yang kaca Bah....tapi dua kali pecah melulu karena jatuh.....!!!
Ya, itu jamur yg ijo itu bikin aromanya ngak enak.....jgn sering lepas pasang nose padnya bah....ntar cepet sleck.....!!!
Pake benang aja......bersih kok....digesek-gesek.....!!

Sonny Sakarsono mengatakan...

aku juga kringatnya banyak jadi kacamata pada kalkah semua trutama framenya, dari yg anti karat dan palstil atau karet semua kalah ama keringatku, trutama abis makan haaaa, hee eh tuh suka ada ijo2 gitu, ntar kucoba deh resepnya smoga aku sukses

Papanya Inez GP mengatakan...

Sama kok Bro Inoz.....tapi keringetnya waktu dilapangan atau olah raga......!!!
ya itu selalu dibersihkan 2 minggu sekali, lumayan frame masih bagus belum termakan oleh jamur keringattt....!!