Jumat, 29 Oktober 2010

DIY - Penyebab suara Kletek2 di kabin belakang Si-santi


Menjelang berangkat tugas tanggal 26 mei kemaren, saat pulang dari rumah Ibu mertua di Ciledug kabin belakang terasa tidak nyaman sekali, karena ketika melewati jalan tidak rata sedikit saja suara kletek2 yang tampak seperti suara baud kendor antara bagian atas dan bawah.
suara tersebut sungguh membuat was-was karena sebelumnya tidak pernah terjadi, dan terasa seperti baud kendor dan akan lepas, dengan penuh keingin tahuan Si-santi saya bawa ketepi dan setelah menyalakan lampu Hazard saya tengok kebagian bawah ban belakang kiri dan kanan tapi tak ada hal yang mencurigakan.....dan setelah saya sampai dirumah pun saya amati tapi saya belum menemukan penyebabnya....karena kadung sore akhirnya saya parkir aja Si-santi digarasi dan langsung saya tutup dengan cover karena ini boil akan dianggurin selama dua minggu dan besok saya harus mempersiapakan untuk keberangkatan tugas.

Dan ketika saya kembali tugas saya bawa Si-santi kebengkel/ Beres terdekat di AAP Serpong, dan setelah di periksa kabin bagian belakang oleh montir langganan, ternyata ditemukan seal atau Bushing karet pengencang dan pengikat baud shock Absorber sudah mengeras dan hancur, sehingga setiap benturan yang melewati jalan yang tidak rata posisi baud atas dan washer baud beradu sehingga menimbulakan suara kletek2 ......!!! Selain dari itu baud terlihat sagat berkarat dan dengan terjadinya benturan antara waher/baud dan bagian bawah shock absorber serta baud pengunci atas dikhawatirkan screw/ulir baud akan sleck atau rusak, begitu kata montir yang akan mengerjakan pekerjaan itu.....saya hanya berpesan hati2 dan perlahan-lahan saja dan gunakan WD40 dan grease tambahan supaya screwnya/ulir baudnya tidak rusak....sebab kalau sampai rusak shock abrsorbernya harus diganti dan ini bisa membuat kantong bolong karena untuk sepasang shock absorber kira2 Rp 1,6 jetian....dengan hati2 dan perlahan Si-montir bisa melepas baud tersebut lalu mengganti BUSHING Karet dan kemudian baud dikencangkan....setelah kencang dilakukan test dan melewati jalan berlubang yang disekitaran serpong, dimana rata2 jalannya lumayan tidak bagus. alias banyak lubang....dan hati saya merasa lega karena tidak ada suara kletek2 yang terjadi....alhamdulillah tentunya.

Jadi Kalau Si-santi ( Santa Fe ) anda mengalami hal yang sama dengan saya dimana suara dikabin belakang ada suara asing yang berbunyi Kletek-kletek, hal yang anda perlu perhatikan adalah :

1. Parkirlah kendaraan anda ditempat yang teduh dirumah anda tentunya.

2. Buka Pintu belakang Kendaraan anda

3. Buka Cover/ Penutup tempat dimana shock Absorber/breaker sebelah kiri dan kanan

4. Buka Karet Penutup

5. Perhatikan Karet Bushing/sealnya apakan sudah rusak/brekele...yang pasti sudah rusak sebab kalau tidak rusak ngak mungkin ada suara kletek-kletek tersebut diatas.

6. Order Part ke langganan terdekat yakni P/N 55320-26000 ( Bushing Upper B ) dan P/N : 55325-26500 ( Bushing Upper A ), harganya kalao di BERES untuk A = Rp 66 rb dan untuk B harganya Rp 91 rb.

7. Bila spare partnya sudah datang buka baud atas dengan menggunakan kunci ring pas 13 setelah terbuka ganti masing2 part untuk sebelah kiri dan kanan.

8. Bila sudah diganti coba anda lakukan test drive Insya Allah suara itu akan hilang.....!!!

Kalau hal ini anda lakukan sendiri/DIY, anda bisa menghemat ongkos kerja montir di BERES sebesar Rp 150 rb, lumayan khan buat keperluan lainnya.....!!

Mudah-mudahan tulisan ini bermanfaat terutama untuk pegguna Hyundai Santa Fe atau Trajet yang tifikal mesinnya sama.




Tangerang, 11 Juni 2009

Wasalam,

Kamis, 28 Oktober 2010

Majemuk yang SATU atau SATU yang Majemuk..?


Lukisan ini, menempatkan kita pada masa dimana kita masih SATU...
Satu itu, Bukan dua, tiga dan seterusnya...
Satu itu mempersatukan kita, karena memang kita SATU...

Sekarang, Satu itu mulai bergeser ke MAJEMUK....
Majemuk itu dipersatukan oleh Kemajemukan itu sendiri....
Dia adalah Kepentingan...Dia juga SATU...seperti halnya aku....

Aku yang majemuk, engkau yang majemuk...
Apakah aku dan kau suka yang majemuk..?
Ya, Sukaaa...karena memang kita majemuk...

Kalau kita yang majemuk tidak dipersatukan oleh Dia....lalu oleh siapa...??
Keterpercayaan....Kesadaran....Keadilan....??
Atau malah kita sendiri yang memajemukkan diri...???





Tangerang, 28 Oktober 2010

Senin, 11 Oktober 2010

Periksa Tagihan PLN Bulan ini Yuck...!!!!





Caranya mudah :
1. Catat 12 Digit ID Pelanggan PLN Anda : xxxx yyyy zzz
2. Masuk ke website ini : Infobilling PLN
3. Klick " Cek Tagihan "
4. Maka akan Tampil display " Tagihan Bulan Tertentu "
5. SELESAI

Selamat Mencoba….!!

NOTE :
Anda juga bisa memeriksa tagihan anda di bulan-bulan sebelumnya, dengan Menu " Tagihan Jangka Waktu " misalnya tagihan 12 bulan berjalan, maka akan tampil trending jumlah pemakaian sekaligus jumlah tagihannya.


Selasa, 05 Oktober 2010

Kopdaran & Silaturahmi Santa Fe Owner Club Indonesia

Persiapan Kopdaran
Rencana akan diadakan Kopdaran/ Silaturahmi Pengguna Hyundai santa Fe sebetulnya sudah didengung-dengungkan sejak pertengahan agustus bulan lalu, tapi kita masih terbentur kendala tempat dan waktu yang memungkinkan untuk diadakan acara tersebut.
Mengenai Tempat ada dua lokasi yang menjadi target yakni Halaman Parkir Oceanpark dan di Bale Pare Kota baru Parahiyangan, dan karena kendala waktu juga belum solidnya kita dalam SOCI maka untuk tahap pertama ini untuk soliditas akhirnya dipilih Halaman Parkir Oceanparks BSD.
Sedangkan untuk waktu diadakan Kopdaran, sudah disepakati sebelumnya yakni diwaktu hari libur  Sabtu atau Minggu, dan dengan alasan kalau hari sabtu ada rekan yang masih kerja, maka disepakatilah pelaksanaan Kopdaran itu dilaksanakan hari Minggu tanggal 3 Oktober kemaren.
Waktu dan Tempat sudah mendapat signal positif dari rekan-rekan semua, maka saya dan rekan-rekan lain bergegas untuk membuat Spanduk yang bertujuan untuk memberikan semacam motto/ thema diadakan kopdaran ini demikian juga dengan Cutting Sticker, yang harus segera diusahakan untuk diselesaikan sehingga saat kopdaran pembagian sticker ini akan berpengaruh terhadap eksistansi komunitas kita, dengan kemampuan yang terbatas akan proses editing akhirnya saya datangi tempat pembuatan Sablon dan Stempel yang lokasinya tidak jauh dari lokasi rumah, dan Alhamdulillah karena niatnya positif proses editing spanduk dan Cutting Stikcer berjalan dengan baik walaupun dirasa belum cukup maksimal.
Akhirnya terbentuklah Spanduk yang proses awalnya diedit oleh Bro Andra dan di finishing lagi dengan ukuran 75 x 200 cm  yang bertemakan “ Meracik Kebersamaan dan Berbagi Pengalaman “. Sedangkan untuk Cutting sticker dibentuk dari 2 warna dan dengan ukuran 7 x 25 cm dan warna akan berpendar kalau terkena sinar pada malam hari ( scothlight ).
Untuk tempat Lokasi Kopdaran Oceanpark BSD saya berkonsultasi dengan Ibu Sisilia, bahwa komunitas SOCI akan mengadakan Kopdaran dilokasi parker Oceanpark dengan jumlah kendaraan kira-kira 25 kendaran, dan begitu kondisi cuaca saya meilih lokasi parkiran Bus dimana lokasinya lebih sejuk dan ada canopy sehingga tidak terlalu panas dan bila hujan bias digunakan untuk berteduh semenetara, sedangkan bila hujan kita akan berteduh dilokasi sekitar bangunan yang memungkinkan kita untuk berteduh.
Setelah semua kesiapan berjalan, akhirnya saya menghubungi petinggi Hyundai untuk meminta advise atas semua rencana yang akan dilaksanakan, dan alhamdulillah dukungan yang bersifat non financial itu didaptakan. Persis satu hari menjelang kopdaran berlangsung, sorenya saya mendapat konfirmasi dari dari Hyundai serpong bahwa mereka akan mengirim team LKH  ( Layanan kencana Hyundai ) serta PIC Area Manager Hyundai Serpong, dan juga mendapat konfirmasi dari Majalah Car & Tuning Guide, bahwa mereka akan hadir untuk meliput acara tersebut.
2-1. Pelaksanaan Kopdaran
Jam 10:10 saya dan keluarga sudah merapat di lokasi dan berikutnya ada banyak teman-teman yang hadir, termasuk Hyundai serpong dan wartawan majalah Car & Tuning guide, rekan-rekan dari KOI dan akhirnya jam 11:30 semua rekan-rekan SOCI sudah semua pada datang semua.
Dalam periode menunggu semua kehadiran tersebut, ada banyak cerita yang tertoreh melalu sharing pengalaman yang ada baik itu : sharing suka dan dukanya menggunakan Hyundai Santa Fe dan Hyundai New Santa Fe, Pengetahuan tentang Mesin dan probematika yang ada ataupun pemakaain Spare Part, serta yang tak kalah pentingnya adalah dukungan bengkel-bengkel resmi Hyundai bila terjadi masalah di jalan, dan yang tak kalah serunya adalah penempelan Sticker secara simbolis.
2-2. Absensi Kopdaran

2-3. Sharing dan Obrolan
Dan satu lagi yang terpenting adalah keingin tahunan dari pengguna Hyundai santa Fe adalah kelebihan yang ada pada Hyundai Santa Fe 2.7 V6, milik Bro Benyamin…bukan main ini kendaraan sebagian besar menilik dari dekat untuk mengetahui kelebihan yang ada serta ada sebagian rekan yang melakukan test drive, hal ini dimaklumi karena untuk spesifikasi Hyundai santa Fe produksi tahun 2001 – 2005 grade yang paling tinggi adalah yang mempunyai mesin V6 4WD dengan pasilitas interior yang aduhai.

Sedang untuk New Santa Fe diproduksi untuk tahun 2007 sampai sekarang, ada dua versi yakni Bensin dan Diesel, dan untuk yang hadir pada kopdaran kali ini adalah Bro Muhammad Harryanto yang berdomisili di Purwakarta menggunakan New Santa Fe 2.7 V6 Automatic dengan bahan Bakar Bensin.
Dengan Panjangnya cerita dan keingin tahuan dari rekan-rekan pengguna dan juga ketua seksi acara dalam menyambut kehadiran rekan-rekan yang baru datang, dan juga bertindak sebagai phtografer, tak terasa waktu terus bergulir dan cuaca mendungpun kian menyelimuti, akhirnya diputuskan untuk Photo bersama dan setelah photo bersama hujan deras disertai angin pun tak terelakkan hingga sulit untuk menghindar, dan syukur alhamdulillah sebelumnya kita sudah ngobrol dengan Area Manager Hyundai Serpong, Pak Purwadi, dimana dalam bincang-bincang tersebut beliau menyarankan agar untuk kopdaran berikutnya diadakan di Bengkel & Showroom Hyndai serpong yang berkapasitas lebih dari 40 kendaraan, sambil diadakan acara social dan Coaching Clinic serta service Kendaraan member SOCI, ajakan tersebut cukup menarik hati rekan-rekan kita SOCI demikian juga dengan dukungan dari Korea Mobil Indonesia dalam bincang-bincang dengan Bro Don ada banyak kesempatan yang bisa diperoleh untuk menunjang kegiatan SOCI, khususnya dalam pembuatan kalender kopdaran supaya tidak bertabrakan dengan kalender kegiatan Komunitas lainnya, seingga dengan demikian kontinyuitas penyelengaraan dapat berjalan berkelanjutan dan berkesianambungan.
Karena Hujan yang sangat deras akhirnya, sebagian kecil dari founding father SOCI berkumpul di Café Soto Betawi Teraskota, dan dalam obrolan lanjutan tersebut ada beberapa hal yang menjadi penekanan dari Komunitas ini :
  • Menginginkan Komunitas SOCI berjalan Mandiri dan berdiri diatas kemampuan sendiri...dengan semangat kebersamaan dan sharing pengalaman dalam menggunakan Hyundai Santa Fe ataupun New Santa Fe dan yang tak kalah pentingnya adalam membangun Image Komunitas pada khususnya dan Image Hyundai pada umumnya.

  • Dibutuhkan Kerjasama yang saling menguntungkan antara Komunitas SOCI dan Hyundai Motor Indonesia, dalam dalam hal kerjasama untuk Perawatan Kendaraan dibengkel-bengkel resmi Hyundai ataupun  emergency ketika terjadi masalah pada kendaraan.
  • Dibutuhkan sosialisasi Komunitas SOCI, melalui media-media yang ada sehingga komunitas ini berkembang dengan masuknya keanggotaan baru.
  • Meningkatkan aktifitas anggota dalam setiap kesempatan baik itu sharing permasalahan yang ada, ataupun dalam kegiatan-kegiatan Komunitas,sehingga dengan demikian semua anggota dapat mengetahui manfaat dari keanggotan SOCI.
  • Menunjuk saya pribadi sebagai Ketum sementara untuk menjalankan kegiatan Komunitas sambil mengaktifkan dan menarik anggota baru dan juga membentuk dewan Formatur yang terdiri dari Bro Sonny Sakarsono, Bro Andra Aulia, Bro Benyamin F, Bro Deddy TH dan Sis Lyna Halim hingga pembentukan kepengurusan pada Kopdaran mendatang/ berikutnya.
Demikanlah, sekelumit kisah dibaik Kopdaran SOCI yang diadakan di halaman Parkir Oceanpark BSD, lebih dan kurang saya mohon maaf, hal tersebut terjadi diluar kemampuan saya selaku individu dan semoga kedepan akan lebih baik lagi tentunya.



Tangerang, 5 Oktober 2010


Wasalam,


NOTES :
Lihat juga liputannya di Otomotifnet.com



031010 - Kopdaran Santa Fe Owner Club Indonesia


















Sabtu, 18 September 2010

DIM - Rewal Bridgestone Dueler H/T 215/70R15



Ban Belakang Santiku udah gundul sekali, mungkin kembangannya tinggal 25% dan ban depan masih lumayan kembangannya tinggal 60%, sedang ban serep sudah sangat gundul alias tinggal 10%. Kebetulan kantong masih sedikit berisi ya udah mampir ke toko ban untuk ganti ban, rencana sebelumnya akan ganti kesemua ban yang ada termasuk ban serep, ban sebelumnya juga Bridgestone Dueler H/T standar santi 215/70R15, tapi bila dilihat performanya kurang begitu macho/ agresif karena ini mobil SUV tapi menggunakan ban yang hanya digunakan untuk aspal track, maka sebaiknya ganti ban yang digunakan di semua medan atau yang lebih dikenal dengan A/T ( All Terrain ) dan dengan lebar muka/penampang ban ukuran 235.

Perlu diketahui juga untuk kendaraan SUV/ Jeep ( Sport Utility Vehicle ) dikenal ada Beberapa Tipe Ban, yakni : H/T ( Highway Terrain ), A/T ( All Terrain ), M/T ( Mud Terrain ), H/L ( Highway Luxury ) dan H/P ( Highway Performance ), di negara kita yang dikenal atau kebanyakan menggunakan tiga tipe ban yakni H/T, A/T dan M/T ( Rev. ).

Dimana H/T digunakan untuk kendaraan SUV yang banyak berjalan di jalan beraspal dan jangan sekali2 menggunakannya dijalanan berlumpur karena akan mengalami kesulitan mengeluarkan kendaraan kita, sebab kembangan/gotnya tidak terlalu dalam.

Untuk ban A/T digunakan untuk segala medan ( aspal maupun lumpur ) tapi dengan catatan lumpur yang tidak terlalu berat tentunya, kalau untuk yang lumpur berat sebaiknya menggunakan ban tipe M/T karena kembangan/gotnya dalam dan ban ini biasanya digunakan untuk komunitas Off Road mania, sedangkan bila digunakan pada kondisi jalan yang beraspal, maka suara riuh-rendah ban akan terdengar hingga di dalam kabin alias berisik sanguet,.. dan juga permukaan ban akan cepat habis karena seharusnya digunakan untuk mengeruk lumpur digunakan di aspal, dan ada satu lagi yang membahayakan kita bila menggunakan ban M/T di track aspal yakni daya cengkram ban saat pengereman sangat buruk sekali...pokonya berbahaya deh....!!!

Nah kembali penggantian ban A/T tadi, saat negoisasi masalah harga si-penjual memprediksi bahwa ban serep tidak bisa diganti karena lebar muka ban naik 14 mm dan diameter ban naik 28 mm, tetapi untuk memastikan dicoba untuk dipasang dibagian belakang serep dan memang benar ban tidak bisa masuk dan terpasang sebagaimana mestinya, ya terpaksa untuk sementara cuma beli 4 biji doang sedangkan yang spare/serep akan coba untuk diakali dengan memodifikasi frame support ban serep bagian bawah.

Setelah mengganti ban dengan yang baru dengan kode produksi CLJ4209, 235/70R15 103S maka terjadi size up ukuran ban, nah kalau ukuran ban menjadi lebih besar berarti ada faktor koreksi sebesar 4.1%, jadi kalau speedometer menunjukan kecepatan 100 kpj maka actual speed sebenarnya adalah 104.1 kpj, itulah konsekuensi yang akan saya terima, sedangkan untuk berjalan di jalan yang lumayan berlumpur sudah tidak ragu lagi karena ban ini bisa digunakan dan layak untuk itu.

Bukan promosi hanya untuk sharing aja, jika anda berdomisili di daerah tangerang dan anda pikir ban anda sudah layak untuk diganti, anda boleh mampir ke Warna warni Ban Jl. Raya Serpong di sebelah Surya toto atau didepan Tifico, telp 5397347 - 48, harga persatuan ban Rp 800 rb termasuk Balancing dan spooring dan tambahan udara Nitrogen dan satu lagi anda akan mendapat Voucher belanja senilai Rp 100 rb di Raja Fresh

Demikianlah sharing ini semoga bermanfaat, oh ya untuk ban serep gimana ya menurut rekan2 apakah perlu juga diganti, ngobrol sama tetangga sih katanya ga perlu diganti sebab hanya buang2 uang aja...kalo terjadi masalah kan bisa ganti spare yang 215 meskipun lebih kecil tapi untuk emergency saja karena tukang tambal ban khan sudah merakyat dan ada dimana-mana....gimana ya..???



Tangerang, 28 Februari 2010


Wasalam,


Note :
Specifikasi Ban Baru
235/70R15 103S
DT56952-2
D694D2 ( Dueler A/T )
CLJ4209
Max Load 875 Kg
Max. Press. 44 psi
Mfg : Bridgestone


Specifikasi Ban Lama
215/70R15 98S
DK52127-1
D689DZ ( Dueler H/T )
CCA0805
Max Load 750 Kg
Max. Press. 44 psi
Mfg : Bridgestone


Minggu, 05 September 2010

Pemakaian Ban dan Perawatannya

Ban adalah merupakan salah satu suku cadang dari kendaraan bermotor yang mempunyai fungsi khusus dan sangat penting dalam menentukan keselamatan dalam berkendaraan.

Sehubungan dengan fungsinya pada kendaraan yang sangat penting tersebut, maka perlu cara pemakaian dan perawatan ban yang lebih baik agar tidak hanya diperoleh manfaat keselamatan saja, tetapi juga manfaat keekonomisan, manfaat kenyamanan, dan sebagainya.

Tujuan dari petunjuk keselamatan adalah memberikan pengetahuan mengenai cara memilih, menggunakan serta merawat yang tepat agar ban selalu dalam kondisi prima.

Petunjuk keselamatan ini berisi hal-hal yang berhubungan dengan masalah tersebut agar pemakai tidak salah dalam menentukan pemilihan ban yang sesuai dengan type kendaraan, kondisi operasi dan cara-cara perawatannya.

Pemeliharaan Tekanan Angin

Tekanan Angin adalah merupakan faktor yang sangat penting yang perlu diperhatikan, karena tekanan angin mempunyai peranan tingkat pertama dari segi keselamatan. Dengan memperhatikan masalah pemeliharaan tekanan angin, akan dapat diketahui hal-hal sebagai berikut :

Manfaat Keselamatan

1. Pencegahan pecah ban secara tiba-tiba

Kondisi ban dengan tekanan angin yang kurang, menyebabkan defleksi dengan cepat dan berlangsung cukup lama, sehingga menyebabkan : pembangkitan panas pada ban dipercepat dan lebih tinggi mengakibatkan pemisahan pada lapisan ban, sehingga ban bisa pecah secara tiba-tiba.


2. Jarak pengereman yang lebih baik.

Dengan tekanan angin yang sesuai dengan beban, akan menghasilkan kontak area permukaan ban dengan jalan yang lebih luas sehingga daya cengkeram dan kemampuan pengereman menjadi lebih baik.

Sebaliknya, tekanan angin yang tidak sesuai dengan beban akan menghasilkan kontak area yang sempit, pengurangan daya cengkeram, sehingga akan mengurangi kemampuan pengereman.

3. Kestabilan mengemudi terutama pada kecepatan tinggi atau tikungan.

Tekanan angin yang sesuai dengan beban akan membuat dinding samping pada ban menjadi kuat untuk menahan gaya pada saat kendaraan menikung atau berpindah lajur. Tekanan angin yang kurang akan menyebabkan dinding samping pada ban menjadi lemah, sehingga pada saat menikung atau berpindah lajur, kendaraan menjadi kurang stabil. Tekanan angin yang kurang akan menyebabkan ban lebih cepat rusak.

Manfaat Keekonomisan

1. Umur Pemakaian Ban Yang lebih lama.


Tekanan angin kurang akan mengakibatkan keausan telapak ban terjadi lebih cepat pada bagian ujung telapak ban, sehingga umur ban menjadi lebih pendek dari yang seharusnya.
Tekanan angin lebih akan menyebabkan gesekan telapak ban dengan permukaan jalan hanya terjadi pada bagian tengah telapak ban, sehingga umur ban menjadi lebih pendek dari yang seharusnya. Kontak Area permukaan ban pada tekanan angin kurang.
Tekanan angin yang sesuai dengan beban akan menyebabkan telapak ban yang bergesek dengan permukaan jalan menjadi lebih merata pada semua bagian, sehingga memaximalkan umur pemakaian ban.

Kontak area permukaan ban pada tekanan angin standar

2. Daya Tahan Terhadap Kerusakan Yang Lebih Baik.

Tekanan angin yang tidak sesuai dengan beban akan menyebabkan kerusakan pada ban antara lain :
-retak pada alur telapak ban.
-retak pada dinding samping ban.
-lepas lapisan karena panas:
-telapak ban aus tidak merata


C. Manfaat Kenyamanan

1. Tekanan angin yang tidak sesuai, akan menyebabkan keausan tidak merata pada telapak ban, sehingga akan menimbulkan :
-Suara mendengung pada telapak ban.
-Getaran kendaraan yang berlebihan, karena telapak ban aus tidak merata.


Rotasi

Guna memperpanjang umur ban perlu melakukan rotasi ban dengan cara sebagai berikut :


Penggunaan yang Tepat

a. Tekanan Angin


Tekanan angin harus dikontrol dan disesuaikan dengan muatan. Tidak boleh kurang dari standard dan tidak boleh lebih tinggi dari standard. Karena dapat menimbulkan kerusakan- kerusakan dan memperpendek umur ban.
Kontak permukaan ban harus seluruhnya melekat pada permukaan jalan. Semakin luas kontak area telapak ban dengan permukaan jalan akan menyebabkan daya cengkeram terhadap permukaan jalan lebih sempurna sehingga dapat memperpanjang umur ban dan lebih aman dalam berkendaraan.

b. Beban



Kondisi beban/muatan berpengaruh terhadap umur ban. Apabila muatan melebihi dari yang direkomendasikan, maka akan dapat menimbulkan kerusakan-kerusakan pada ban. Oleh karena itu dianjurkan agar muatan tidak melebihi daya dukung dari pada ban, selain dapat mengakibatkan kerusakan kendaraan juga kurang aman dalam berkendaraan.

Dalam pendistribusian muatan, dianjurkan agar semua exel kendaraan dapat menanggung beban muatan yang sama beratnya.

c. Kecepatan

Kecepatan, beban dan tekanan angin saling berkaitan dalam menentukan umur ban dan keamanan berkendaraan. Dianjurkan agar ketiga faktor tersebut dilaksanakan secara wajar dan tidak berlebihan.

Batas kemampuan sebuah ban ditentukan oleh hasil perkalian antara beban dan kecepatan yang hasil/ nilainya tidak boleh melampaui dari pada nilai standard yang telah ditentukan oleh pabrik. Oleh karena itu agar nilai batas aman tidak terlampaui, maka kecepatan kendaraan harus dikurangi untuk mengimbangi peningkatan atau penambahan beban.

Pemeriksaan Ban

Pemeriksaan ban perlu dilakukan dengan 2 cara yaitu :

1. Pemeriksaan pada waktu pasang.
2. Pemeriksaan berkala.

1. Pemeriksaan pada waktu pasang.


a. Tentang Ban Dalam.

Ban Dalam harus diganti apabila :
-Sudah melipat.
-Sudah lunak karetnya.
-Sudah ada bagian yang tipis.
-Sudah banyak tambalannya.


b. Tentang Flap.

Flap yang harus diganti apabila :
-Sudah retak
-Sudah sobek.
-Sudah kaku.

c. Tentang Tutup Pentil.

Tutup Pentil harus selalu terpasang agar tekanan angin tetap stabil. dan menjaga agar kotoran/air tidak masuk ke dalam pentil untuk menjamin kelancaran kerja sistim pegas di dalam pentil sehingga klep dapat bekerja dengan sempurna.

d. Tentang Pelek.
Yang harus diperhatikan tentang Pelek adalah :
-Pelek yang bengkok atau cacat harus diperbaiki.
-Apabila terdapat karat atau kotoran lainnya harus dibersihkan.

e. Tentang Ban Ganda.
Yang harus diperhatikan tentang Ban Ganda adalah :
-Tinggi harus sama
-Tekanan Angin harus sama.
-Tidak boleh saling bersentuhan.





Pemeriksaan Berkala

Yang perlu dilakukan pemeriksaan berkala, diantaranya :


a. Pemeriksaan Tekanan Angin
- Sesuaikon tekanan angin dengan berat muatan, atau naikkan tekanan ke standard maximum.
- Periksa tekanan angin paling sedikit sekali dalam satu bulan.
- Pemeriksaan tekanan angin hanya dilakukan pada saat ban dalam keadaan dingin.
- Untuk ban cadangan, tekanan angin harus di atas tekanan standard.

b. Pemeriksaan benda-benda asing.
Buanglah benda-benda yang menempel pada alur ban, seperti batu kerikil, paku, besi dan sebagainya karena akan merusak alur ban.

c. Periksalah kerusakan luar dari ban.
Gantilah ban apabila terdapat kerusakan sobek, retak dan sebagainya karena bisa pecah secara tiba-tiba.

Periksa tanda keausan pada ban.
Bila ban telah aus sehingga dalamnya alur ban menjadi 1,6 mm atau kurang, tanda ini muncul dan memperingatkan agar ban sudah harus diganti. Ada enam tanda keselamatan pada ban Bridgestone yang terdapat pada sekeliling ban.


Pemilihan Pola Tapak Ban

Jenis dan sifat pola telapak ban serta tujuan penggunaannya

a. Sifat pola telapak ban RIB adalah :
-Tahanan gesekan kecil.
-Mengurangi selip ke samping.
-Stabilitas pengendalian baik.
-Kenyamanan baik.
-Tidak berisik.

Alur semacam ini dibuat agar dapat mengalirkan air apabila berjalan pada permukaan basah sehingga dapat terhindar dari kemungkinan slip ke samping.

Dipakai untuk jalan raya dengan kecep

an tinggi

b. Sifat pola telapak LUG adalah :
-Daya tarik dan pengereman yang lebih baik.
-Daya cengkeram yang baik.
Alur melintang pada telapak ban dibuat untuk traksi agar ban dapat tetap bergerak pada permukaan jalan tanah/lumpur untuk menghindari slip.

Dipakai untuk jalan tanah yang lunak.


c.Sifat pola telapak RIB LUG


-Sifat gabungan dari pola telapak RIB dan LUG.

Tujuan pembuatan alur ini adalah untuk memperoleh manfaat kedua macam pola telapak, baik RIB maupun LUG. Dipakai untuk jalan berbatu, jalan tanah dan jalan aspal tidak rata.

d. BLOCK

-Traction dan Braking power baik sehingga performancenya baik.
-Pengendalian pada jalan tanah maupun jalan aspal, cukup baik.

Pola telapak BLOCK mempunyai sifat dan manfaat seperti pola telapak RIB LUG tersebut.

Dipakai untuk segala medan.


Sumber : Bridgestone.co.id