Sabtu, 18 September 2010

DIM - Rewal Bridgestone Dueler H/T 215/70R15



Ban Belakang Santiku udah gundul sekali, mungkin kembangannya tinggal 25% dan ban depan masih lumayan kembangannya tinggal 60%, sedang ban serep sudah sangat gundul alias tinggal 10%. Kebetulan kantong masih sedikit berisi ya udah mampir ke toko ban untuk ganti ban, rencana sebelumnya akan ganti kesemua ban yang ada termasuk ban serep, ban sebelumnya juga Bridgestone Dueler H/T standar santi 215/70R15, tapi bila dilihat performanya kurang begitu macho/ agresif karena ini mobil SUV tapi menggunakan ban yang hanya digunakan untuk aspal track, maka sebaiknya ganti ban yang digunakan di semua medan atau yang lebih dikenal dengan A/T ( All Terrain ) dan dengan lebar muka/penampang ban ukuran 235.

Perlu diketahui juga untuk kendaraan SUV/ Jeep ( Sport Utility Vehicle ) dikenal ada Beberapa Tipe Ban, yakni : H/T ( Highway Terrain ), A/T ( All Terrain ), M/T ( Mud Terrain ), H/L ( Highway Luxury ) dan H/P ( Highway Performance ), di negara kita yang dikenal atau kebanyakan menggunakan tiga tipe ban yakni H/T, A/T dan M/T ( Rev. ).

Dimana H/T digunakan untuk kendaraan SUV yang banyak berjalan di jalan beraspal dan jangan sekali2 menggunakannya dijalanan berlumpur karena akan mengalami kesulitan mengeluarkan kendaraan kita, sebab kembangan/gotnya tidak terlalu dalam.

Untuk ban A/T digunakan untuk segala medan ( aspal maupun lumpur ) tapi dengan catatan lumpur yang tidak terlalu berat tentunya, kalau untuk yang lumpur berat sebaiknya menggunakan ban tipe M/T karena kembangan/gotnya dalam dan ban ini biasanya digunakan untuk komunitas Off Road mania, sedangkan bila digunakan pada kondisi jalan yang beraspal, maka suara riuh-rendah ban akan terdengar hingga di dalam kabin alias berisik sanguet,.. dan juga permukaan ban akan cepat habis karena seharusnya digunakan untuk mengeruk lumpur digunakan di aspal, dan ada satu lagi yang membahayakan kita bila menggunakan ban M/T di track aspal yakni daya cengkram ban saat pengereman sangat buruk sekali...pokonya berbahaya deh....!!!

Nah kembali penggantian ban A/T tadi, saat negoisasi masalah harga si-penjual memprediksi bahwa ban serep tidak bisa diganti karena lebar muka ban naik 14 mm dan diameter ban naik 28 mm, tetapi untuk memastikan dicoba untuk dipasang dibagian belakang serep dan memang benar ban tidak bisa masuk dan terpasang sebagaimana mestinya, ya terpaksa untuk sementara cuma beli 4 biji doang sedangkan yang spare/serep akan coba untuk diakali dengan memodifikasi frame support ban serep bagian bawah.

Setelah mengganti ban dengan yang baru dengan kode produksi CLJ4209, 235/70R15 103S maka terjadi size up ukuran ban, nah kalau ukuran ban menjadi lebih besar berarti ada faktor koreksi sebesar 4.1%, jadi kalau speedometer menunjukan kecepatan 100 kpj maka actual speed sebenarnya adalah 104.1 kpj, itulah konsekuensi yang akan saya terima, sedangkan untuk berjalan di jalan yang lumayan berlumpur sudah tidak ragu lagi karena ban ini bisa digunakan dan layak untuk itu.

Bukan promosi hanya untuk sharing aja, jika anda berdomisili di daerah tangerang dan anda pikir ban anda sudah layak untuk diganti, anda boleh mampir ke Warna warni Ban Jl. Raya Serpong di sebelah Surya toto atau didepan Tifico, telp 5397347 - 48, harga persatuan ban Rp 800 rb termasuk Balancing dan spooring dan tambahan udara Nitrogen dan satu lagi anda akan mendapat Voucher belanja senilai Rp 100 rb di Raja Fresh

Demikianlah sharing ini semoga bermanfaat, oh ya untuk ban serep gimana ya menurut rekan2 apakah perlu juga diganti, ngobrol sama tetangga sih katanya ga perlu diganti sebab hanya buang2 uang aja...kalo terjadi masalah kan bisa ganti spare yang 215 meskipun lebih kecil tapi untuk emergency saja karena tukang tambal ban khan sudah merakyat dan ada dimana-mana....gimana ya..???



Tangerang, 28 Februari 2010


Wasalam,


Note :
Specifikasi Ban Baru
235/70R15 103S
DT56952-2
D694D2 ( Dueler A/T )
CLJ4209
Max Load 875 Kg
Max. Press. 44 psi
Mfg : Bridgestone


Specifikasi Ban Lama
215/70R15 98S
DK52127-1
D689DZ ( Dueler H/T )
CCA0805
Max Load 750 Kg
Max. Press. 44 psi
Mfg : Bridgestone


Tidak ada komentar: