Selasa, 27 Desember 2011

Situ Patengan Rancabali @Ciwidey




Situ Patengan atau Situ Patenggan versinya Doel Sumbang atau sering disebut juga Situ Pengantin, berlokasi dikawasan Kebun Teh Rancabali Ciwidey, Kabupaten Bandung. Kalu dari Tangerang berjarak lebih kurang 220 Km, melewati jalur JORR BSD - Cikampek - Cipularang dan keluar Tol Kopo kearah Soreang dan Ciwidey.

Situ Patengan berasal dari bahasa sunda Pateangan-teangan yang berarti saling mencari, yang merupakan Mitos masyarakat dimana di situ ini merupakan tempat pertemuan antara Prabu Kiansantang atau yang lebih dikenal dengan Syeh Sunan Rohmat Suci dan Dewi Rengganis yang Cintanya tidak b isa bersatu karena suatu keadaan.
Namun mereka akhirnyabertemu pada sebuah batu setelah sekian lama saling mencari.

Makanya di situ ini ada batu yang dijadikan sebagai " BATU CINTA " dimana dibawahnya ada gua yang merupakan sumber air dari danau atau situ ini, dimusim kemarau akan terlihat gua tersebut ujur pendayung yang kami sewa untuk mengantarkan kami ke batu cinta tersebut yang melewati juga Pulau Asmara disekitar batu cinta tersebut.

Ongkos untuk naik perahu untuk menuju batu cinta ini adalah Rp 15-18 rb perorang dan ditunggu hingga penuh sepuluh penumpang, atau tidak mau repot untuk menunggu penumpang lainnya, anda bisa menyewanya dengan biaya Rp 150 rb.

Masuk ke area atau lokasi wisata Situ Patengan, tidak begitu mahal bahkan boleh dibilang murah, setiap kendaraan dikenakan biaya Rp 10 rb dan Tiket masuk perorang dikenakan biaya Rp 2 + 4 rb, untuk anak-anak atau non dewasa tidak dipungut biaya.


Tangerang, 27 Desember 2011.






Situ Patengan


Situ Patengan


Situ Patengan


Situ Patengan


Situ Patengan


Situ Patengan


Situ Patengan





3 komentar:

Teh Icho mengatakan...

masih indah sprt belasan tahun lalu saat pacaran di sana hahaha

Papanya Inez GP mengatakan...

mitosnya sih langgeng kalo kesana Sis, Aamiin YRA.....:)

Teh Icho mengatakan...

amin yaaa