Selasa, 13 Juli 2010

PowerSteering Problem

PowerSteering adalah alat yang berfungsi untuk memperingan pengendara saat mengemudikan mobil, jadi bila Powersteering terasa berat pasti ada yang tidak beres pada sytem powersteering itu karena logikanya udah kebalik....hehehehe....!!

Nah, tanggal 28 Desember 2007 kemaren pas kita jalan2 ke Mall dan parkir kendaraan yang rada susah, saya temukan Powersteering kendaraan tiba-tiba berat dan ada suara yang berisik dan berlomba dengan suara mesin....wah saya pikir suara apa itu gerangan…..???? padahal sebelumnya ngak ada suara yang berlomba hanya suara mesin saja.
Karena sedikit curiga langsung saya buka kap mobil dan mencari sumber suara asing itu, analisa pertamanya sih sudah curiga sama Powersteering...ya udah yakin deh powersteering yang masalah.





Setelah belanja dan balik kerumah langsung saya bawa si-santa ke bengkel terdekat, bukan kebengkel resmi....karena saya yakin kalau dibengkel resmi akan antrian karena biasanya saya telpon dulu ke bengkel Hyundai terdekat sebelum membawa tunggangan ke bengkel resmi.
Setelah dibawa kebengkel dan dibongkar tuh Powersteering, eh bener ternyata ditemukan ada komponen yang Aus pada Pompa P/S yakni Pulley dan Shaft pompa.

Langsung saja saya telepon ke beberapa supplier Spare Part Hyundai, kebanyakan nawarin yang complete spare Powersteering harganya kalau Genuine Part Hyundai 2,2 Jeti dan yang import 1,6 Jeti....tuh khan gedek juga ditawarin dengan harga segitu padahal yang rusak Cuma Shaft & Pulley.....!!!

Cari punya cari akhirnya ketemu juga yang jual part tapi yang ada hanya shaftnya dan ditempat lain ada yang Pulleynya aja....tapi yang ada shaftnya akan diusahan untuk cari Pulleynya dan akan diiformasikan bila ada sesegera mungkin.....dan yang sangat kebetulan lagi orang yang bekerja ditempat penjualan spare parts itu rumahnya tidak berjauhan dengan tempat saya tinggal......sedangkan yang supplier satunya lagi sdh nyerah alasannya sekarang sedang akhir tahun Spare Parts supplier sedang Stock opname jadi dia bisa menyiapakn Shaft setelah tahun baru.....( *dalam hati ogah kalo abis tahun baru mah*).





Ya udah akhirnya saya buat deal dengan ” Ria Jaya Motor ” untuk membeli spart parts seperti yang saya inginkan dan akan diantar kerumah saat dia pulang kerja nanti...lumayan khan ga perlu datang ke Atrium dan untuk membeli spare part cukup nunggu di rumah.

Pas jam 7 malem datang tuh spare part kerumah dan diterima oleh istri karena saat itu saya sedang tidak dirumah menghadiri acara perpisahan rekan sekaligus anak buah saya dulu yang sudah memasuki Pensiun alamiah. Jam 10 malem saat sampe dirumah saya check spare part sama seperti yang saya order, waduh tenang deh.....!!

Tanggal 29 Desember Jam 08:15 saya kebengkel untuk menyerahkan spare part yang saya beli dan selanjutnya di pasang kembali tuh Powersteering pump seperti semula dan diganti Olinya sekalian, setelah dites putaran steer ternyata lomba suara antara mesin dan Powersteering sudah tidak ada lagi....dan yang paling tersa adalah putaran Steer smoth buangeeetttt ........ tidak seperti sebelumnya yang rada-rada berat apalagi pas kerusakan kemaren.

Alhamdullilah, selesai satu masalah si-santa sudah kembali normal dan bisa digunakan buat tunggangan besok hari minggu untuk mengantar adik Ipar yang rencananya mau Melamar ke Camer-nya di Cibubur.

Sebetulnya rencananya mau saya promosiin tuh bengkel tempat perbaikan Powersteering saya, tapi atas permintaan si-pemilik yang meminta dengan cara halus untuk tidak melakukan hal itu.....karena dia sudah cukup puas dengan yang ada sekarang ” dia bilang ; saya hanya punya montir 3 orang, 10 mobil aja yang masuk perhari saya sudah kebinggungan apa lagi lebih.....saya takut mengecewakan pelanggan..kilahnya dengan sederhana ”. Jadi atas permintaan tersebut saya tidak bisa memberikan contact person dan nama serta alamat bengkel tersebut.
Adapun total Cost untuk Spare Parts dan Bongkar pasang PowerSteering adalah :

Nbr Nama Parts Part Number Harga/ Biaya
1. Saft Assembly Drive 57120 22001 Rp 175,000.-
2. Pulley Power Steering Pump 57130 3A000 Rp 195,000.-
3. Seal Kit P/S Pump 57150 34A00 Rp 55,000.-
4. Powersteering Fluid Dextron-III H Rp 30,000.-
5. Ongkos Bongkar Pasang - Rp 70,000.-
6. TOTAL - Rp 525,000.-


Jauh khan, bila dibanding beli complete spare yang harganya 2,2 jeti….sisanya khan bisa digunakan buat keperluan lain yang telah menanti……hehehehehe…..!!!





Berikut ini ada tip-tip sederhana untuk pemeliharaan PowerSteering yang saya peroleh dari Searching di Om Google, mudah-mudahan membantu untuk rekan2 dalam hal Powersteering :

1. Cek Minyak Power Steering
Untuk mengecek kondisi minyak power steering kita dapat melihat dari dipstick yang ada di tutup tempat minyak power steering tersebut. Pada dipstick terdapat tulisan Cold atau Min dan Hot atau Max. Cold atau Min adalah batas minyak harus pada batang garisnya pada saat mesin dingin atau belum dinyalakan. Apabila dibawah garis minyak perlu ditambah. Apabila diatas garis ditambah maka pada saat mesin dihidupkan minyak akan meluap. Hot atau Max adalah batas minyak pada batas yang pada saat mesin panas atau sudah dihidupkan.

Cairan power steering sebaiknya diganti setiap 2 hingga 3 tahun khusus untuk kendaraan yang pemakaiannya normal. Sementara yang bekerja berat ganti sekira 1,5 tahun sekali. Pastikan juga botol cairan power steering disimpan tertutup rapat agar air tidak masuk.

2. Kerusakan Umum Power Steering
Penyakit yang sering menimpa perangkat power steering adalah masalah kebocoran. Akibatnya, minyak berkurang sehingga tekanan juga menurun dan membuat setir berat. Kalau diputar sampai habis dan ditahan akan menimbulkan bunyi berdengung. Komponen yang paling sering mengalami kerusakan adalah seal. Biasanya karena umur peranti yang sudah lama. Tekanan yang terus menerus membuat seal yang tua bakal robek. Paling sering kena adalah seal steering rack. Gejalanya, setir jadi terasa berat. Selain itu bisa dilihat dengan adanya tetesan minyak di bagian bawah mesin. Paling gampang dengan melihat sekitar permukaan rack yang dipenuhi pelumas. Yang pasti minyak jadi sering ditambah.

Kalau dibiarkan bisa menular ke komponen lain karena cairan yang semakin berkurang. Makanya, sebelum terlambat harus ganti baru. Jumlahnya satu set ada sepuluh biji.



Seal lain yang juga sering jebol adalah yang terdapat di pompa. Gejala awal mirip-mirip, yaitu setir berat dan minyak sering habis. Cara gampang mengenalinya adalah dengan memperhatikan kondisi pompa. Jika disekujur bodinya terdapat minyak, berarti ada kebocoran.

Kemudian slang. Peranti penyalur cairan ini jika tertekuk atau sudah getas bisa pecah, akibatnya isi minyak akan berkurang. Bisa juga lantaran klem-klemannya enggak kuat. Dapat diketahui dengan melihat ujungnya, apakah dibasahi oleh minyak atau tidak. Khusus buat pengikat, gunakan yang tidak melukai slang agar lebih aman.

Jika kebocoran dibiarkan bisa mengakibatkan kerusakan pada kipas pompa. Karena tidak adanya minyak yang lewat mengakibatkan ujung kipas gores.

Kalau masih tetap enggak diperbaiki, akan menyebabkan dinding kipas ikutan baret. Kalau sudah begini tidak bisa direkondisi lagi.

Penyakit akibat kurang cairan lainya adalah AS ( Shaft ) steering rack baret karena tidak adanya pelumasan yang maksimal. 'Luka' tersebut juga bisa membuat oli keluar. Cirinya, tinggal melihat permukaan AS dengan membuka karet pelindungnya. Bisa dipastikan banyak rembesan pelumas. Dan ingat pada saat kendaraan parkir atau berhenti, posisi roda harus lurus dan jangan dibelokkan karena akan merusak sistim power steering. ( Sumber : http://boorsa.co.id )

Yang terakhir tentunya disebabkan karena Gear Shaft & Pulley yang sudah Aus, sehingga tidak mengikat lagi yang menyebabkan putaran mesin yang di joint dengan V-belt jadi Loose/ Slack atau kendor dan tidak ada aliran fluida dan tekanan sehingga efeknya adalah Powersteering menjadi Berattt....ratt....rattt......!!! serta ada lomba paduan suara antara mesin dengan putaran Pulley yang bergesekan.........!!!

Problem ini kemungkinan Solved ya....???
tapi yang menjadi pertanyaan adalah MENGAPA YA SHAFT DAN PULLEYNYA MENJADI AUS SEPERTI ITU......???
Adakah kemungkinan karena Pompanya sdh ga bener, settingannya ga center, karena baud2nya kendor atau karena life time......ada banyak pertanyaan yang belum bisa dijawab nich....???
Pertanyaan diatas butuh waktu untuk menjawabnya.......atau mungkin ada rekan-rekan yang mempunyai pengalaman mengenai powersteering ......????
Kita Sharing Yuck........!!!





Tangerang, 29 Desember 2007.


Note :
Kalau anda pemilik kendaraan Hyundai, lokasi/alamat dibwah ini dapat membantu anda untuk membeli Spare Parts;
1. Ria Jaya Motor Atrium Plaza Lantai V Block E No. 135 – 136 Telp. 021 - 345 1564.
2. Surya Kencana Indah - Latumenten, Grogol Telp. 021 - 567 3511
3. Champion Atrium Senen - Telp. 021-3867856
4. Dinamika Atrium Senen Telp. 021-3458770
5. Sentosa Kemayoran Telp. 021-65851056
6. Sakura Motor Kemayoran Telp. 021-6540866
7. Surya Kencana Kemayoran Telp. 021-6545880
8. Surya Kencana Abadi Jl. Lapangan bola No.38 Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Telp. 5358626, 53677320 Fax 5358582
9. Persatuan Motor Ps. Mobil Kemayoran blok A no.36B - Jakarta Pusat Telp. 6544007, 6540859
10. Bengkel PT Layanan Prima II Jl. Jatiwaringin no.45, Pd Gede - Jakarta Timur Telp. 8485931
11. Maju Jaya Motor Jl. Raya Kalimalang no.43 (Depan Auto200) - Jaktim Telp. 8656174

Anda juga bisa sharing dan tanya seputaran mesin atau permasalahannya di Hyundai Owner Club Indonesia ( Hyocid ) dengan milist yahoogroups yakni : mobilku_hyundai@yahoogroups.com

Tidak ada komentar: