Kamis, 15 Juli 2010

Power Accu dilepas adakah efeknya ke ECU

Tunggangan ga bias di Start, sebuah gejala awal ada kelainan pada mesin kendaraan terutama dalam hal ini adalah power start yang pertama diambil dari Battery ( Accu /Aki ). Kejadian ini saya alami saat pertama pulang dari Libur kerja ( Field Break ), saya lihat kondisi battery redup saat kondisi di ON dan saat Start ga ada daya/power sama sekali dan kelihatan di panel indicator redup bahkan cendrung mati, dan saya lihat di indicator hydrometer Accu indictor hitam artinya “ Charger Battery “, karena kondisi masih lelah saya biarin aja kondisi demikian dalam hati besok rabu saya akan cabut battery dan recharge battery dengan power supply yang saya punya ( 5A ).

Rabu, tanggal 19 maret saya lepas battery dan saya Charge battery dengan power supply yang saya punya dari siang hingga pagi tanggal 20 maret, dan setelah saya pasang accu di kendaraan ternyata saat kunci di On kondisi masih redup dan saat di start indicator panel redup bahkan cendrung mati dan suara saat di start “ Ce-tek “ seolah ga ada power padahal tegangan battery saya check 12,05 Volt…..waduh ga ada cara lain nich kayaknya terpaksa ngerepotin tetangga….!!!

Ada beberapa tetangga yg saya pinjamin accunya…dua diantaranya spec nya rada kecilan jadi selalu gagal, sempet juga ngikutin saran dari tetangga untuk didorong tetapi dalam hati kayaknya ga bakalan bisa karena power ke ECU khan ga ada…?? Setelah didorong 10 meter gagal udah saya hentikan juga tindakan itu, dan selanjutnya ada tetangga yang nawarin accu yang spec Accunya sama NS70 dan ketika saya pasang langsung bekerja seperti biasanya, aduh Alahmdulillah dalam hati….!!!

Selama ini kalau saya lagi tugas istri tercinta selalu manasin kendaraan 2-3 hari sekali, dan selama itu pula ga ada masalah, tapi pas hari sabtu tanggal 15 maret coba dipanasin ternyata ga bisa distart, ya artinya dari tanggal 15 s/d 20 maret itu kendaraan ga ada supply power ke ECU ( Electronic Control Unit ) yang merupakan Otak kerja mesin untuk mendeteksi/ Mengkalulasi/ Mengatur system kerja mesin secara keseluruhan.

Agar tidak penasaran mengenai masalah power cut off yang berefek pada ECU, maka saya tanyakan ke Milist Otomotif dan Pak Martin ;

Pertanyaan saya kira2 begini :

Maren pas pulang dari Field break, tunggangan ga bisa di start indicator dipanel saat switch posisi on nyala redup, dan pas distart...ga ada power sama sekali....mati rasa deh......!!!, check tegangan battrey 11,98 Volt indikasi pada battrey black artinya accu memang ga ada power dan butuh dicharger, paralel sama accu tetangga yg kebetulan pake Ivanov....tapi battreynya kecil selalu gagal....pinjem lagi ke yang lainnya selalu gagal......dorong juga gagal......untung aja ada temen yang punya accu yg rada sama NS70.....pas distart tokcer deh langsung nyala......!!! Waduh jadi khawatir nich.....takut kalo lagi jalan battrey tekor...jadi bisa berabe deh......walaupun indikator pada battrey ngak menujukkan "Putih".

Dari kejadian ini, sedikit mo tanya nich,.....kalo tuggangan tidur lama.....bila power accu dilepas apa ada efek gak ya pada ECU atau Engine secara keseluruhan, mohon pencerahannya.....!!!


Peace,
Zlk

Nah dari Pertanyaan tersebut diatas ada beberapa respond yang saya terima :

1. Jawaban dari Oum Hary

---------- Forwarded message ----------
From: hary
Date: Fri, Mar 21, 2008 at 8:17 PM
Subject: Re: [ditechinjection] Adakah Efek bila power accu dilepas
To: ditechinjection@yahoogroups.com

Mobilnya apaan om? (jwb : santa fe 02 ) Kalau mobil selain puq palin ecu reset ke standard om. Kalau puq ( maksudnya : Peugeot ), waduhhh mending jangan deh. Ada kawan cuma karena copot aki, jadi kudu benerin ecu. Mungkin temen2 puq ( maksudnya : Peugeot )

Sent from my BlackBerry® wireless device from XL GPRS network punya triknya nih.

2. Jawaban dari Oum Susanto


---------- Forwarded message ----------
From: SA. Susanto
Date: 2008/3/21
Subject: Re: [mobilku_hyundai] Tunggangan yg sering Tidur ( power accu dilepas )
To: Milis Hyundai Group


Tunggangan yg sering Tidur ( power accu dilepas )

Untuk kasus ketiga memang tidak ada pilihan maju kena mundur kena,
jika aki dilepas ECU akan reset dan berpengaruh pada kinerja mesin pengalaman Trajet saya dulu, saya ke Bali tugas kantor saya lepas malah menjadi problem hingga saya jual. Kemudian Lancer saya tidak saya panasi 1 bulan lebih karena saya sakit tidak bisa jalan hingga ndongkrok aja, aki tekor seeh tetapi ECU tidak ada masalah, cuma ganti aki karena terlalu lama keburu rusak. Jika dipasang pasti aki akan tekor karena ECU menyedot daya dari aki, saran saya tinggalkan kunci mobil agar dipanasi minimal 2 hari sekali. Tidak ada pilihan lain. Memang harus dipanasi. No Option.

Demikian urun rembug dan sharing pengalaman dari saya. Terima kasih

Best Regards,
SA. Susanto - Semarang
Hyundai Tucson - 2006
Hyundai Matrik - 2004
Ex Hyundai Trajet 2002 dan Hyundai Atoz 2000


3. Jawaban dari Oum Martin



---------- Forwarded message ----------
From: Martin T Teiseran
Date: 2008/3/22
Subject: Re: Adakah Efek bila power accu dilepas
To: Zulkifli

Selamat malam pak Zulkifli

Kalau aki ditinggal tidak di pakai memang seperti itu, namun juga tergantung pada umur aki. Aki baru mungkin bisa bertahan 1 bulan akan tetapi ia akan bergerak menurun seiring dengan usia aki. Normalnya aki berusia 2 sampai 2.5 tahun. Saran saya mending kalau pergi salah satu kepala aki dilepas. Kalau pulang coba star, kalau tidak bisa beli adaptor ukuran 5 atau 10 Ampere pakai untuk chas. Ketika chas kepala aki dilepas saja.


Soal aki dilepas memang ada mobil yang alergi. Saya pernah tahu, Lexus karena dilepas malah tidak bisa star. Karena memori srkuritinya terhapus. Biasanya pada mobil mewah papan atas. Kalau bangsa Kijang dan Hyundai santa fe saya pikir kok tidak apa apa. Juga aki tidak habis sama sekali bukan?

Salam untuk keluarga, isteri dan anak anak

Salam hangat saya
Email baru: martin.teiseran@yahoo.co.id
Martin T Teiseran- hp 085 225 906 697
http://martin1948.blogspot.com


Nah dari jawaban diatas anda bisa menyimpulkan sendiri, mana yang akan saya atau anda ikuti karena mengikuti atau tidak mengikuti saran tersebut diatas adalah sebuah pilihan.

Bila anda juga sering membiarkan tunggangan anda tidur untuk beberapa waktu yang lama, kira-kira mana ya yang akan anda pilih…..???? atau anda pernah mengalami Accu yg suka tekor atau pernah bermasalah denga ECU kendaraan anda kita sharing yuck…..!!!!

Yang terakhir saya juga ucapkan terimakasih kepada Om Hary, Susanto dan Om Martin atas waktunya untuk menjawab pertanyaan yang saya ajukan dan saya berharap semoga tulisan ini bermanfaat.



Tangerang, 23 Maret 2008.

Tidak ada komentar: