Selasa, 13 Juli 2010

DIY - Cleaning Filter Fuel Pump


Awal Bulan Juli kemaren, teman-teman di milis Otomotif banyak mengalami Permasalahan pada Fuel Pump, dimana kondisi awalnya speed tiba-tiba drop, meskipun gas sudah dibejek sampe mentok namun kendaraan seolah-olah tidak punya tenaga/ power dan akhirnya mati...saat di start lagi suara mesin tetap berputar dan kadang2 start ini berhasil dan kemudian bisa jalan lagi dengan kondisi yang tidak maksimal...kemudian kejadian akan seperti awal lagi....kendaraan akan mati...dan begitu seterusnya, sampai akhirnya kendaraan tidak bisa distart atau dinyalakan lagi.

Dari kondisi diatas, dapat saya deskripsikan bahwa kondisi pertama kemungkinan Filter Fuel Pump Mampet, selanjutnya akibat dipaksa untuk berjalan maka supply bensin bensin yang masuk sangat sedikit sedang gas diinjak dengan maksimal, akibatnya pompa dipaksa untuk mensupply bensin dari tanki, padahal kondisi bensin didalam impeler pompa sangat sedikit yang diakibatkan filter yang mampet/clogging.  Akibatnya Ruang didalam pompa akan panas, dan terjadi kavitasi.  Hal inilah yang menyebabkan pompa bensin Fuel Fump jadi Rusak alias koitttt.
Kalau sudah seperti ini, maka kendaraan sudah tidak bisa dinyalakan lagi, dan tentu saja kendaraan harus di derek untuk dibawa kebengkel terdekat, bisa dibayangkan akan keluar biaya yang cukup besar untuk ongkos derek, ongkos bengkel dan tentunya ongkos penggantian spare part.
Untuk itulah beberapa hari yang lalu saya lakukan pemeriksaan terhadap Fuel Pump kendaraan saya, walaupun belum pernah saya menangani permasalahan Fuel pump ini dan belum pernah pula membongkarnya, tetapi dengan literatur yang ada saya bisa membayangkan bentuk Fuel pump seperti apa,  sehingga saya beranikan diri untuk mencobanya, dan ternyata memang tidak sulit alias gampang.


Hal yang perlu kita siapkan bila akan membersihkan Filter Fuel Pump :
A. Alat / Tool yang digunakan :
1. Obeng Plus

2. Obeng Minus
3. Kunch Sock 8mm
4. Kunci Pas/ ring 10 mm
5. Kunci Pas & kunci Ring ukuran 14 mm
6. Kable Jumpper 2 pcs
7. Contact Cleaner
8. Sikat Gigi Halus
9. Ditergen secukupnya
10. Kain Lap bersih
11. White Marker/ atau indikasi penandaan
12. Ember

B. Poin Persiapan :
1. Parkirkan kendaraan ditempat yang teduh dan usahakan lantai tidak berdebu

2. Matikan Kunci Mobil hingga benar benar Off
3. Angkat/ buka jok kursi sebaris dengan tanki bensin
4. Buka Cover pelastik Kursi dengan Obeng Plus lalu tarik hingga karpet kelihatan
5. Buka/lepas ke dua Baud bagian dalam kursi dengan kunci Pas/ Ring ukuran 14 mm
6. Tutup Kembali Jok kursi ketempatnya
7. Buka/ lepas kedua baud bagian depan bawah dengan kunci Ring/ Pas ukuran 14mm
8. Tundukkan sandaran kursi lalu angkat serta geser kursi kearah bagasi belakang secara perlahan2.
9. Buka Karpet yang berbentuk sobekan persegi dan disanalah lokasi cover fuel pump berada.

C. Poin Pelepasan Fuel Pump :
1. Buka Cap Mesin lalu Lepas terminal Positif Battery dengan kunci ring/pas 10mm atau lepas fuse didalam cabin

2. Angkat tuas pembuka cover bensin dibawah kursi serta lepas cap bensin dengan tujuan agar tekanan/ kevakuman didalam tanki sama dengan udara luar.3. Buka Cover/ Penutup Fuel Pump dengan obeng plus4. Beri Indikasi pada tube/ selang saluran bensin Inlet, Outlet & return dengan cara yg menurut anda mudah ( kalau saya menggunakan white marker dengan tanda I , II dan III ).5. Lepas Cable socket dengan cara menekan lock hendle kemudian tarik perlahan2 hingga terlepas lalu rapihkan posisi cable dan cover fuel pump.6. Rapihkan dan pinggirkan 3 tube/ selang kearah dalam hingga tidak mengganggu saat pelepasan fuel pump nanti.7. Lepas 12 Baud Pengikat pada Frame Fuel pump dengan kunci sock 8mm dan pelepasan baud secara beseberangan ( jangan menggunakan obeng plus karena akan membuat baud rusak, posisi baud sangat kencang )8. Angkat Fuel pump setengahnya lalu secara perlahan putar 90 derajat, pastikan posisi pelampung dan Filter bisa melewati lubang/ hole framenya Fuel Pump.9. Gunankan kain lap bersih untuk menampung ceceran bensin yang keluar dari fuel pump10. Tutup Hole Frame fuel pump dengan Plastik dan pastikan kondisinya aman dan tidak kemasukan material asing.

D. Pembersihan Filter dan Fuel Pump
1. Lepas Gasket dari Fuel Pump dan bersihkan
2. Lepas Filter bagian bawah dengan menggunakan obeng Minus secara pelahan2 ( angkat/ congkel bagian lock pinnya di ketiga posisi dan angkat perlahan2 )

3. Rendam Filter Fuel Pump dengan diterjen secukupnya dan biarkan selam 15 menit.
4. Bersihkan Variable resistor pelampung dengan contact cleaner
5. Periksa socket Cable dan lakukan cleaning juga dengan contact cleaner.
6. Bersihkan permukaan Fuel Pump dengan kain lap bersih.
7. Setelah Filter direndam 15 menit lalu sikat permukaan filter dengan sikat gigi halus hingga benar benar bersih.
8. Keringkan Filter Fuel pump dan setelah kering rendam kembali dengan bensin lalu bersihkan kembali dengan sikat halus.
9. Pasang Kembali Filter fuel pump pada tempatnya.

E. Pengetesan Fuel Pump
1. Tegakkan Posisi Fuel pump

2. Beri Supply Tegangan 12 volt dengan cara mengkonek dgn kabel sesaat dan pastikan Fuel pump bekerja ( hati-hati semprotan sisa bensin yg ada didalam Fuel pump ).
3. Kalau Fuel pump bekerja berarti kondisi fuel pump masih bagus.

F. Pemasangan dan Starting Engine
1. Pasang kembali Gasket Frame Fuel pump yang sudah dibersihkan ( pastikan posisi gasket tidak terbalik )
2. Lakukan kebalikan step 8 s/d step 1 pada poin pelepasan.

3. Setelah Fuel Pump terpasang, biarkan selama 5-10 menit agar supaya bensin benar2 masuk kedalam pompa dan ruang pompa dipenuhi oleh bensin ( untuk menghindari kavitasi ).
4. Nyalakan Kunci di posisi ON dan biarkan selama 1 menit
5. Start Engine dan pastikan kondisi benar benar menyala dan biarkan kondisi mesin Idle untuk beberapa saat, bila kondisi Idle sudah normal tekan gas perlahan2 hingga putaran mesin benar-benar normal.
6. Test running kendaraan kita sambil mengamati kondisi tarikan mesin dijalan raya.....mantabs khan...????7. Kalau sudah benar-benar normal jangan lupa pasang kembali Kursi yang dilepas tadi.

Selamat mencoba dan semoga SOP ini bermanfaat


Tangerang, 13 Juli 2010


Wasalam,





Panjang Pompa 16,5 Cm, Elevasi Pelampung 9,7 Cm






























































8 komentar:

Agam Fatchurrochman mengatakan...

Mantabs... Memang sangat SOP sekali hehehe Kudunya dikasih keterangan: ver 02, revised 10 July 2010. Prepared by .... Reviewed by ....
Bulan lalu fuel pump Baleno saya tewas, terpaksa diderek ke Panca Julang. Nggak terlalu mahal 350 ribuan, tapi ya menjengkelkan saja tewasnya

Papanya Inez GP mengatakan...

Terus ada controlled copy....hehehe
bener mas Agam, mabok kita kalo lagi mogok dijalan...apalagi bawa keluarga.....dulu th 2002 perah mogok di lampung tengah....bawa keluarga lagi....mana didesa lagi.....alhamdulillah ketemu, bengkel radiator....dan disolder, selesai.

Kalo Fuel pump ini belum pernah, dan semoga tidak terjadi....bersihinnya gampang kok....complete spare Fuel Pump 2 jt an untuk yg genuine

Chendra Widyoputra mengatakan...

mantap. ditunggu DIY selanjutnya :D

Papanya Inez GP mengatakan...

Thanks om Chen....!!

Agam Fatchurrochman mengatakan...

mas, rupanya memang masalah fuel pump ini sedang hangat:
http://www.serayamotor.com/diskusi/viewtopic.php?f=34&t=13298&p=404344#p404344
ini dari milis baleno
m: ajat sudrajat
Date: Thu, 15 Jul 2010 08:52:45
To:
Reply-To: baleno@yahoogroups.com
Subject: [baleno] Ada apa dengan premium ..?

Sudah seminggu ini Baleno kesayangan dipake istri tercinta, barusan ketika
perjalanan pulang dari kantor kerumah dia telp, katanya mesin mobil sempat mati
3x dan ada gejala tersendat2 mungkin karena mobilnya matic jadi ngga begitu
terasa. Fuel pump mobil baru diganti 2bln lalu, Sy agak sedikit ngga yakin kalau
fuel pump nya yg kena so konsultasi dan diskusi dengan Om Marcel dari
Pancajulang dan hasilnya sungguh mencengangkan 2bln ini bengkel2 termasuk
Pancajulang dan TG panen penggantian fuel pump. Di TG aja 2 minggu ini total
sudah 8 Baleno yg kena, 6 dibenerin di TG dan 2 karena mogok dirumah, mereka
beli fuel pump nya aja. Blm yg telpon ada 3 org yg mengalami kasus sama dan
karena keterbatasan Sy ngga bisa bantu. Kemaren malem yg mogok karena fuel pump
dan dibawa ke TG mobil Timor, bulan kemaren Sy juga mengganti fuel pump 2 Estilo
dan 1 Genio. Dibengkel sebelah TG ada VW Carravele dan Nisan Terano yg mogok
gara2 fuel pump juga.

Di Panca Julang kata Marcel bulan ini aja ada 3 Escudo XL7 yg ganti fuel pump
padahal mobil ini termasuk yg bandel fuel pump nya. Belom lagi Baleno dan
Karimun. Yg luar biasa info dari Om Marcel stock fuel pump Karimun di Indomobil
kosong melongpong. Nah setelah dicermati ternyata hampir 99% mobil2 yg ganti
fuel pump itu menggunakan premium. Pertanyaannya ada apakah dengan premium..?
apakah hanya satu kebetulan saja 2bln terakhir ini puluhan mobil ganti fuel
pump..? sungguh hal yg ngga masuk akal kalau hanya kebetulan semata. Apalagi ada
kasus mobil yg baru ganti fuel pump assy SGP 1-2 bln eh skr dah mati lagi.


Sy hanya bisa menyarankan buat temen2 untuk sementara yg biasa pake premium
beralih dulu ke Pertamax atau bahan bakar dari produsen lain. Soalnya mobil2 yg
pake Pertamax keliatannya ngga ada masalah apa2. Percaya atau tidak itulah
kenyataannya, Sy tidak bilang kualitas premium jelek atau tidak bagus, cuman tau
deh ya mudah2an semua hanya kebetulan saja dan dua bulan ini memang bulan mati
fuel pump he he he.


Salam
Ajat
BCI 247

Papanya Inez GP mengatakan...

Wah ternyata bukan hanya terjadi di mobil2 Korea aja....kalau terjadi disemua kendaraan ya, berarti kualitas bbm kita sedang ga bagus dunk....???

Agam Fatchurrochman mengatakan...

iya as. makanya cepet posting ulang di SM tuh

Papanya Inez GP mengatakan...

udah Mas...saya sdh buat cross linknya di Hyundai santa fe.....!!