Rabu, 14 Juli 2010

DIY - Cleaning Filter Fuel Pump

Awal Bulan Juli kemaren, teman-teman di milis Otomotif banyak mengalami Permasalahan pada Fuel Pump, dimana kondisi awalnya speed tiba-tiba drop, meskipun gas sudah dibejek sampe mentok namun kendaraan seolah-olah tidak punya tenaga/ power dan akhirnya mati...saat di start lagi suara mesin tetap berputar dan kadang2 start ini berhasil dan kemudian bisa jalan lagi dengan kondisi yang tidak maksimal...kemudian kejadian akan seperti awal lagi....kendaraan akan mati...dan begitu seterusnya, sampai akhirnya kendaraan tidak bisa distart atau dinyalakan lagi.

Dari kondisi diatas, dapat saya deskripsikan bahwa kondisi pertama kemungkinan Filter Fuel Pump Mampet, selanjutnya akibat dipaksa untuk berjalan maka supply bensin bensin yang masuk sangat sedikit sedang gas diinjak dengan maksimal, akibatnya pompa dipaksa untuk mensupply bensin dari tanki, padahal kondisi bensin didalam impeler pompa sangat sedikit yang diakibatkan filter yang mampet/clogging. Akibatnya Ruang didalam pompa akan panas, dan terjadi kavitasi. Hal inilah yang menyebabkan pompa bensin Fuel Fump jadi Rusak alias koitttt.

Yang Kedua Bensin menyebabkan karat pada spring carbon brush, atau permukaan carbon brush tertutup oleh kotoran sehingga aliran arus untuk memutar rotor tidak bekerja maksimal, dan karena kerja Fuel Pump dipaksa oleh sipengendara, maka menyebabkan coil stator rusak alias terbakar, artinya Fuel Pump akan Brekele.


Kalau sudah seperti ini, maka kendaraan sudah tidak bisa dinyalakan lagi, dan tentu saja kendaraan harus di derek untuk dibawa kebengkel terdekat, bisa dibayangkan akan keluar biaya yang cukup besar untuk ongkos derek, ongkos bengkel dan tentunya ongkos penggantian spare part.

Untuk itulah beberapa hari yang lalu saya lakukan pemeriksaan terhadap Fuel Pump kendaraan saya, walaupun belum pernah saya menangani permasalahan Fuel pump ini dan belum pernah pula membongkarnya, tetapi dengan literatur yang ada saya bisa membayangkan bentuk Fuel pump seperti apa, sehingga saya beranikan diri untuk mencobanya, dan ternyata memang tidak sulit alias gampang.

Hal yang perlu kita siapkan bila akan membersihkan Filter Fuel Pump :

A. Alat / Tool yang digunakan :

1. Obeng Plus
2. Obeng Minus
3. Kunch Sock 8mm
4. Kunci Pas/ ring 10 mm
5. Kunci Pas & kunci Ring ukuran 14 mm
6. Kable Jumpper 2 pcs
7. Contact Cleaner
8. Sikat Gigi Halus
9. Ditergen secukupnya
10. Kain Lap bersih
11. White Marker/ atau indikasi penandaan
12. Ember

B. Poin Persiapan :

1. Parkirkan kendaraan ditempat yang teduh dan usahakan lantai tidak berdebu
2. Matikan Kunci Mobil hingga benar benar Off
3. Angkat/ buka jok kursi sebaris dengan tanki bensin
4. Buka Cover pelastik Kursi dengan Obeng Plus lalu tarik hingga karpet kelihatan
5. Buka/lepas ke dua Baud bagian dalam kursi dengan kunci Pas/ Ring ukuran 14 mm
6. Tutup Kembali Jok kursi ketempatnya
7. Buka/ lepas kedua baud bagian depan bawah dengan kunci Ring/ Pas ukuran 14mm
8. Lipat sandaran kursi lalu angkat serta geser kursi kearah bagasi belakang secara perlahan2.
9. Buka Karpet yang berbentuk sobekan persegi dan disanalah lokasi cover fuel pump berada.


C. Poin Pelepasan Fuel Pump :

1. Buka Cap Mesin lalu Lepas terminal Positif Battery dengan kunci ring/pas 10mm atau lepas fuse didalam cabin
2. Angkat tuas pembuka cover bensin dibawah kursi serta lepas cap bensin dengan tujuan agar tekanan/ kevakuman didalam tanki sama dengan udara luar.
3. Buka Cover/ Penutup Fuel Pump dengan obeng plus
4. Beri Indikasi pada tube/ selang saluran bensin Inlet, Outlet & return dengan cara yg menurut anda mudah ( kalau saya menggunakan white marker dengan tanda I , II dan III ).
5. Lepas Cable socket dengan cara menekan lock hendle kemudian tarik perlahan2 hingga terlepas lalu rapihkan posisi cable dan cover fuel pump.
6. Rapihkan dan pinggirkan 3 tube/ selang kearah dalam hingga tidak mengganggu saat pelepasan fuel pump nanti.
7. Lepas 12 Baud Pengikat pada Frame Fuel pump dengan kunci sock 8mm dan pelepasan baud secara beseberangan ( jangan menggunakan obeng plus karena akan membuat baud rusak, posisi baud sangat kencang )
8. Angkat Fuel pump setengahnya lalu secara perlahan putar 90 derajat, pastikan posisi pelampung dan Filter bisa melewati lubang/ hole framenya Fuel Pump.
9. Gunankan kain lap bersih untuk menampung ceceran bensin yang keluar dari fuel pump
10. Tutup Hole Frame fuel pump dengan Plastik dan pastikan kondisinya aman dan tidak kemasukan material asing.


D. Pembersihan Filter dan Fuel Pump

1. Lepas Gasket dari Fuel Pump dan Bersihkan
2. Lepas Filter bagian bawah dengan menggunakan obeng Minus secara pelahan2 ( angkat/ congkel bagian lock pinnya di ketiga posisi dan angkat perlahan2 )
3. Rendam Filter Fuel Pump dengan diterjen secukupnya dan biarkan selam 15 menit.
4. Bersihkan Variable resistor pelampung dengan contact cleaner
5. Periksa socket Cable dan lakukan cleaning juga dengan contact cleaner.
6. Bersihkan permukaan Fuel Pump dengan kain lap bersih
7. Setelah Filter direndam 15 menit lalu sikat permukaan filter dengan sikat gigi halus hingga benar benar bersih.
8. Keringkan Filter Fuel pump dan setelah kering rendam kembali dengan bensin lalu bersihkan kembali dengan sikat halus.
9. Pasang Kembali Filter fuel pump pada tempatnya.


E. Pengetesan Fuel Pump

1. Tegakkan Posisi Fuel pump
2. Beri Supply Tegangan 12 volt dengan cara mengkonek dgn kabel sesaat dan pastikan Fuel pump bekerja ( hati-hati semprotan sisa bensin yg ada didalam Fuel pump ).
3. Kalau Fuel pump bekerja berarti kondisi fuel pump masih bagus.


F. Pemasangan dan Starting Engine

1. Pasang Kembali Gasket Frame Fuel Pump yang sudah dibersihkan ( pastikan jangan terbalik )
2. Lakukan kebalikan step 8 s/d step 1 pada poin pelepasan.
3. Setelah Fuel Pump terpasang, biarkan selama 5-10 menit agar supaya bensin benar2 masuk kedalam pompa dan ruang pompa dipenuhi oleh bensin ( untuk menghindari kavitasi ).
4. Nyalakan Kunci di posisi ON dan biarkan selama 1 menit
5. Start Engine dan pastikan kondisi benar benar menyala dan biarkan kondisi mesin Idle untuk beberapa saat, bila kondisi Idle sudah normal tekan gas perlahan2 hingga putaran mesin benar-benar normal.
6. Test running kendaraan kita sambil mengamati kondisi tarikan mesin dijalan raya.....mantabs khan...????
7. Kalau sudah benar-benar normal jangan lupa pasang kembali Kursi yang dilepas tadi.

Selamat mencoba dan semoga SOP ini bermanfaat



Tangerang, 13 Juli 2010



Wasalam,






Panjang Pompa 16,5 Cm, Elevasi Pleampung 9,7 Cm













Tidak ada komentar: