Rabu, 03 September 2008

Perpanjangan SIM di Polres Metro Tangerang

Rating:★★★
Category:Other
لسلام عليكم و رحمة الله و بركاته


Masa berlaku SIM A tinggal beberapa minggu lagi jadi biar tidak mengalami kesulitan maka saya putuskan untuk mempepanjang SIM A di Polres Metro Tangerang, sesampai disana jam 09:30 dan sewaktu masuk ke pintu gerbang dengan membuka kaca saya ucapkan selamat pagi kepada petugas dan menanyakan lokasi parkir serta tempat perpanjangan SIM, sipetugas dengan sopan menyambut ucapan selamat pagi dari saya dan dia menyuruh saya untuk berbelok kekanan untuk parkir dan menawarkan bantuan untuk membantu saya dalam pengurusan SIM, tapi dengan ramah saya ucapkan terimakasih.

Setelah Parkir saya masuk kedalam area polres tangerang untuk pemeriksaan kesehatan ditempat biasanya dilakukan, tetapi betapa kagetnya saya ketika memasuki area tersebut ada banyak sekali calo pembuat SIM yang menawarkan jasa ( ada 5-6 orang yang menawarkan jasa ) tapi saya tolak dengan halus, untuk pengurusan Perpanjangan SIM A ini ada beberapa point yang harus kita lalui :

1. PEMERIKSAAN KESEHATAN, lokasinya berbeda dan berada diluar komplek Polres Metro Tangerang, saat anda tidak mengetahui lokasi ini maka anda akan dipimpong oleh orang-orang yang ada disana, jadi sebaiknya anda pergi ke tempat photo copy sambil menanyakan dimana lokasi pemeriksaan kesehatan, saya diberi petunjuk oleh petugas photo copy bahwa lokasi ada diluar complek polres metro Tangerang : Lokasinya ada disebelah Pintu Gerbang Masuk kira-kira 10-20 meter. Sesampai disana anda menyerahkan photo copy KTP + SIM dan nama anda akan didata dan anda akan diberi Slip Kuning dan dikutip biaya Rp 20.000,- Selesai hanya itu….tidak ada pemeriksaan pengecheckan mata, berat badan atau sebagainya.

2. Setelah itu anda masuk ke area lokasi pembuatan SIM sambil menunjukkan slip Kuning pada petugas, tangan anda akan di Cap oleh petugas jaga disana.

3. Setelah itu anda langsung menuju ke LOKET ASURANSI dimana, sambil menyerahkan uang Rp 15.000,- dan petugas akan menyerahkan tanda terima premi asuransi dari PT. Asuransi Bhakti Bayangkara dan anda juga dikutip uang Rp 2000,- untuk uang bantuan bulan dana PMI kota Tangerang.

4. Kemudian sambil membawa slip kuning kesehatan + tanda terima asuransi anda menuju ke loket BAS/ BANK dan disana anda akan diberikan blanko isian yang harus anda isi yang berhubungan dengan data pribadi anda dan diloket ini kita membaya biayar Rp 60.000,- untuk perpanjangan SIM dan akan diberikan juga slip bukti pembayaran.

5. Setelah anda isi semua blanko isian + Slip kuning Kesehatan + Slip Asuransi + Photo copy KTP & SIM Lama + Bukti Pembayaran perpanjangan, anda akan kembali lagi ke Loket PERPANJANGAN/ HILANG dan diloket ini anda akan dikutip biaya sebesar Rp 50.000,- dan tidak ada tanda terima yang saya peroleh seperti halnya loket asuransi dan loket bas/bank. Dari sini si-petugas memberitahu bapak silahkan tunggu dan akan dipanggil untuk Photo.

6. Kira-kira jam 10:50 nama saya dipanggil untuk photo, saat dipanggil kita mengisi absen dengan menuliskan nama dan tanda tangan dan kemudian kita masuk keruang photo dimana disana sudah menunggu antrian untuk photo SIM, diruangan photo ini sekarang sudah dilayani oleh 3 orang petugas, meskipun saya mengantri untuk photo ini lebih kurang 15 menit, dan sebelum diphoto petugas mengkonfirmasi mengenai data pribadi, selanjutnya sidik jari elektronik jempol kiri dan kanan serta yang terakhir tanda tangan elektronik, setelah diphoto si-petugas yang tampak ramah dan santun mempersilahkan saya untuk menunggu pengambilan SIM yang akan segera selesai.

7. Setelah menunggu kira-kira 5 menit nama saya dipanggil dan kemudian sambil menyerahkan tanda terima pembayaran perpanjangan SIM A, sayapun mendapat SIM baru yang akan berlaku hingga tahun 2013.

8. Selanjutnya saya menuju ke Loket Asuransi untuk mengambil kartu asuransi dan dengan membawa SIM baru dan kartu Asuransi saya pun keluar Polres Metro Tangerang dengan membayar biaya Parkir Rp 1000.

9. Tepat jam 11:15 saya meninggalkan Polres Metro Tangerang dengan perasaan lega, Alahmdulillah tentunya…..masih terlintas dipikiran saya motto yang terpampang di samping loket pendaftaran Janji layanan “ Kepuasan Masyarakat adalah Citra Pelayanan Kami “ Indah dan mulia benar cita-cita Polisi Kita....mudah-mudahan oknum yang selalu mengutip uang yang tak seharusnya membaca Motto dan Janji layanan ini....sehingga diakherat kelak dia tidak mengalami kesulitan dalam mempertanggung jawabkan perbuatannya didunia.

Total Pengeluaran Perpanjangan SIM :
1. Photo Copy Rp 4.000,-
2. Kesehatan Rp 20.000,-
3. Asuransi + PMI Rp 15.000,-
4. Biaya Perpanjangan SIM loket BAS/Bank Rp 60.000,-
5. Pembayaran Loket Perpanjangan/ Hilang Rp 50.000,-
6. Parkir Rp 1.000,-
7. Total Biaya keseluruhan Rp 150.000,-

Sewaktu saya ditawari oleh calo saat mau perpanjangan SIM tadi dia menawarkan biaya Rp 250.000,- khan lumayan bisa cost saving …..hitung-hitung buat nambah menu untuk berbuka puasa bersama keluarga.

Jadi kesimpulannya :
• Perpanjanglah SIM Anda sebelum masa berlakunya habis…kalau terlanjur habis maka pengurusannya akan lebih ribet lagi, sebab dianggap bikin SIM baru dan ini berarti anda harus mengikuti ujian Tertulis dan Praktek….wah waktunya akan lebih panjang lagi tentunya, kalau perpanjangan SIM seperti halnya saya waktu yang dibutuhkan kurang dari 2 jam.

• Jangan gunakan Calo saat melakukan perpanjangan, sebab pengurusannya tdiak sulit, ikutin aja jalur yang ada, hitung-hitung melatih kesabaran anda.

• Bila anda ingin menghemat lagi ya anda bisa photo copy diluar area Polres Metro tangerang dengan menyiapkan photo copy KTP & SIM lama = 3x, kalau saya photo copy didalam Rp 4.000,- masing-masing 5x.


Demikianlah semoga tulisan ini bermanfaat, lebih dan kurang saya mohon maaf.


Wasalam

Tangerang, 3 September 2008

8 komentar:

dwi putra mengatakan...

Good info..Trims

Papanya Inez GP mengatakan...

Sama-sama mas Dwi, cuma mo sharing mudah2an ada gunanya....!!

Lusy Mardiani mengatakan...

TFS pak...mudah2an saya juga nanti bisa melakukan sendiri perpanjangan SIM...btw SIM saya keluaran Bali, boleh gak perpanjangannya di jakarta atau bandung ?

Papanya Inez GP mengatakan...

Mungkin bisa....tapi mutasi...cmiiw
yang penting perpanjangan dari pada bikin baru harus test teori dan praktek.....ini pake jalur normal ya....!!

astuty astuty mengatakan...

tanya dunk pak:kalo SIM daerah bisa dperpanjang d sini ga?tnx

Papanya Inez GP mengatakan...

Kalau KTPnya disini sih bisa ya...kalau bukan disini sih mungkin ngak bisa ya.....!!!

budi wibowo mengatakan...

lebih baik untuk pemeriksaan kesehatan SIM, dilaksanakan di luar saja, misalnya di dokter praktek umum, klinik 24 jam, atau puskesmas/rumah sakit, karena lebih murah hanya Rp.7500-Rp.10.000, dan pemeriksaan kesehatannya lebih profesional karena yang meriksa adalah dokter.Ini berdasarkan pengalaman saya karena saya dokter yang pernah PTT di lingkungan polri.Surat kesehatan dari luar institusi Polri juga diterima kok

Papanya Inez GP mengatakan...

Oh gitu ya Dok, saya baru tahu kalau itu bisa dilakukan.....Thanks ya dok atas infonya...!!