Jumat, 15 Agustus 2008

Berhenti atau Istirahat merokok nich…..??


Rating:★★★★
Category:Other
لسلام عليكم و رحمة الله و بركاته


Merokok, sudah menjadi kebiasaan saya sejak kelas 2 smp dulu artinya sudah lebih kurang 26 tahun paru-paru saya dipenuhi oleh asap rokok, entah sudah berapa batang rokok yang sudah saya hisap dan sudah berapa macam merek rokok yang pernah menemani saya, tapi yang pasti saya hari ini saya sudah tidak merokok lagi…pastinya sejak tanggal 16 juli bulan lalu…dan alhamdulillah mudah-mudahan ini akan bertahan lama …lama dan lebih lama lagi….amin….!!!

Keinginan untuk berhenti merokok itu bermula saat menangani masalah pada kendaraan, dimana butuh tenaga serta pikiran untuk menyelesaikannya, tiba-tiba saat bernapas terasa sakit didada sebelah kiri….sakitnya sih ngak kontiyu terasa sesaat dan tiba-tiba hilang, jadi kalau bekerja rada beratan dikit dada sebelah kiri terasa sakit….dan tentunya alasan kesehatan.

Yang kedua untuk memenuhi permintaan Istri dan anak-anak, terutama istri …..dari dulu dia selalu menasehatkan kesaya agar berhenti merokok, dengan nasehat yang berulang-ulang dan tak henti-hentinya….tapi selalu saja gagal…kalo udah kepepet biasanya saya bilang ..ini rokok lebih duluan jadi pacar papa dibandingkan mama…????
Nah, kalau sudah saya bilang begitu baru deh dia berhenti nasehatin (*ngomelin*).

Yang ketiga Inget pesannya mantan mendikbud Fuad Hasan beliau adalah perokok berat, dan saat meninggal karena terkena kanker paru-paru dan beliau berpesan untuk tidak merokok.

Kemudian sebelumnya juga disarankan oleh teman MP untuk berhenti merokok, dimana saat itu saya memposting cara membersihkan filter AC kendaraan dipoint persiapan disarankan untuk menyiapkan kopi dan rokok…..hehehe ..kebetulan dapet tanggapan dari “ Abah “ bahwa dia sudah menjauhkan kopi dan rokok dari hidupnya : http://konefly.multiply.com/journal/item/18

Photobucket

Bukan hal yang gampang untuk menghentikan kebiasaan merokok ini, tapi butuh usaha dan kerja keras serta butuh dukungan dari lingkungan sekitar kita, terutama Istri dan anak-anak…hari pertama saya tidak merokok…sebagian besar apa yang akan saya kerjakan lupa, dan suka memblow up masalah-masalah kecil dan kesannya marah-marah aja….tapi karena istri sudah tahu jadi dia maklum aja dengan kondisi saya.

Ada beberapa hal tantangan/ cobaan yang berat yang saya alami dalam usaha untuk berhenti merokok :
• Pikiraan kok terasa hampa, ada perasaan yang hilang dan seolah2 segala sesuatu yang kita lakukan itu serba salah => seharian Internetan terus, atau main game atau waktu shallat & zikir diperpanjang, pokoknya isi waktu untuk hal2 yang positif.
• Cobaan dari temen perokok yang mempengaruhi => sebisa mungkin dijelaskan bahwa kita hanya istirahat merokok.
• Kalau ada tawaran gratis rokok => minta yang mungkin mereka ngak bisa penuhi.
• Kalau ada keinginan untuk merokok coba balik ketujuan dasar berhenti merokok.

Photobucket

Mohon Maaf sebelumnya nich…dalam hal urusan berhenti merokok sekarang ini, pokoknya saya ngak ada urusan dengan : Pengurangan akan pajak Rokok, pengurangan pendapatan penjual rokok, pengurangan sahabat perokok, Pengangguran dan seterusnya dan sebagainya……pokoknya saya mikirin diri saya dulu….Istirahat dan kemudian berhenti untuk merokok,,…titikkk….!!

Itulah sekelumit pengalaman saya tentang istirahat atau berhenti merokok, anda juga perokok…? Adakah usaha untuk menghentikannya…atau anda ingin terus menjadi ahli hisab….?? yang selalu mojok duduknya sambil menikmati kepulan asap rokok, walaupun anda tahu bahaya kandungan asap rokok itu…..hehehehe.



Wasalam,


Tangerang, 15 Agustus 2008.


11 komentar:

dwi putra mengatakan...

Wah selamat ya mudah-mudahan bisa berhenti merokok seterusnya, kalau saya ini Mas tidak merokok (sebenarnya pingin merokok) karena kalau merokok sesudahnya pasti langsung tenggorokan gatel, batuk terus kena flu.
Nggak tahu kenapa rokok pengaruhnya/efeknya langsung nggak pakai nunggu berapa tahun kedepan, jadi dari pada sakit saya lebih baik nggak ngerokok. Bahkan saking sensitifnya, kena asap rokok aja (terutama diruangan AC) langsung pusing.

Sabtuminggu Indonesia mengatakan...

emang kalau bulan puasa masih merokok ya oom ? hehe... ) buktinya bisa kan..

Papanya Inez GP mengatakan...

Thanks mas Dwi...Insya Allah bisa deh.....!!!
Kalo kondisi sprt Mas Dwi sih...efeknya langsung....memang sejauh mungkin untuk dekat dengan perokok apalagi menjadi perokok....tapi kalo perokok merokok diruang ac dan diangkot atau di bus sih saya juga protes ....walaupun saat itu saya juga perokok.....!!!

Papanya Inez GP mengatakan...

ketika suara azan bergema....minum air putih hangat + kurma....truss plung aja mojok.....2btg.
bisa Om Arr tapi itu tadi....mojok melulu.......dan bangunnya ngak boleh kesiangan ...karena akan mengurangi jatah merokok.....hehehehe

Lusy Mardiani mengatakan...

setuju pak emndingan berhenti merokok..saya juga lagi dalam taraf menasehati suami yg suka merokok juga. agak susah sih tapi mungkin lama2 dia mau juga berhenti merokok ..suatu hari nanti (ntah kapan) **berharap suami saya juag berhenti merokok. Insya Allah Depe akan saya didik dari kecil supaya jangan merokok seperti omnya Harry..uangnya ditabung dan alhamdulillah bisa punya usaha sendiri...

Papanya Inez GP mengatakan...

Berat loh...kecuali berasal dari keinginan diri sendiri.....!!! makanya jangan pernah bosan menasehati si-ayah.....!!

Abimanyu Panca Kusuma Wachjoewidajat mengatakan...

Mas Zul,
abah boleh ikut urun sharing ya, abah seneng atas niatannya. masalah berhenti merokok itu soal motivasi saja. nggak lebih dari itu.
Ada yang berhenti karena kalo itung2 per tahun misal rokok 7000/pak x 365hari = 2.5jtan berarti dia bisa ganti ponsel tiap taun, atau nabung buat uang sekolah anak yang kian membumbung dll.

Ada yang berhenti karena kesehatan (ini sih nggak udah dijabarin semua udah tau resikonya, temen yg minta abah berenti perlu 2th sampai paru2nya kembali normal gak bolong2, sedang abah butuh 6th!! sampai paru2 normal.. karena waktu itu udah agak telat berenti (th 96 brarti umur 32). semakin kita tua semakin susah/lama recoverynya..

Ada yang berenti karena dia pengin bisa liat cucu.. gak mau mati cepet... :))

Kalo abah berenti karena gak mau anak abah ngerokok.. satu2nya cara ya dengan menjadikan diri sendiri sbg contoh, soalnya kita bakal menjadi ortu yang (maap) goblok kalo kelak minta anak gak merokok sementara kita merokok =)) Dan bayangkan sianak bertahun2 dari kecil melihat setiap kali ortunya merokok kayaknya relax banget dan nikmat banget.. dia pasti berpikir kelak dia akan pengin menikmati rokok & kopi seperti ortunya .. dan parahnya dia bisa mencoba saat umurnya masih remaja (karena gak sabaran nunggu gede).. :)
btw, utk motivasi ini "it takes two to tanggo" jadi yang gak merokok harus bapak ibunya. dan diiringi kegiatan olahraga yang mengasikan sehingga anak melihat kalo gak ngerokok bisa sehat ampe gede (saya bisa maen bareng anak saya maen badminton, futsal dirumah, dan luar rumah kita golf dan menembak bareng)

Atau kalo gak mau berenti ya kita anggap merokok itu sebagai cara untuk memanfaatkan Asuransi :) Gak asik kan 20th bayar asuransi tapi gak dipake ampe tua jadi ya merokok terus dan tuanya dapet "tunjangan" dari asuransi karena bolak balik masuk RS.. hiiiiiiiiiiii.... :))

Cara apapun yang mas Zul akan pakai, abah sangat mendukung mas.. dan abah ingin setia membantu ... at least secara tulisan gini.. hehhehe

Papanya Inez GP mengatakan...

Thanks Bah, saya sih motivasinya kearah kesehatan aja....tapi ternyata ada efek nich waktu nganter ray kemaren kedokter berat badan saya nambah 2 kg...jadi skg sdh 70kg....mudah2an puasa ini akan turun lagi dan insya allah setelah lebaran saya mo intensif lagi olah raga....karena selama ini olah raga saya cuma goes sepeda dan sekali2 renang....!!

Kalo cost saving kayaknya susah jadi pegangan...karena sebetulnya uangnya sendiri juga kepake untuk yang laen....jalan2 ke mall atau kuliner..atau biaya ngutak-ngatik tunggangan ...kecuali kalo uang rokok diambil dan disisihkan buat rencana laen.....!!

untuk anak2 saya berpesan boleh ngerokok asal sudah kerja...kalo msh sekolah mendingan jangan karena bisa mengurangi daya ingat.....pengalaman saya sih...!!!

Bah...yang paling berat itu ketika sdg ngobrol sama ttm......atau sdg bengong nunggu pesawat dibandara......waduh ampun deh.....!!! tapi mudah2an aja selalu bisa karena 1 bulan ini sdh terbukti....

Abimanyu Panca Kusuma Wachjoewidajat mengatakan...

mas Zul, efek berenti rokok yang paling sering ada 2: nambah gemuk.. atau sakit2an.. abah nambah gemuk.. sekitar 5-7kg.. trus dikurangin dengan tennis... dan berhasil..

kalo lagi sama temen.. kalo pengin ngerokok coba alihkan ke permen.. itu alternatif saja.. jangan dibiasain.. kalo di bandara.. siapin beli 2 majalah / koran.. jadi kalo lagi bengong ya baca2 aja.. supaya ada kegiatan.. atau bawa PSP.. maen game aja.. lebih enak kalo punya notebook.. bengongnya bisa dialihkan ke blogging ;))

jadikan setiap hari yang terlewat tanpa rokok sebagai hari bahagia.. jadi kalo pengin ngerokok pikirin bahwa upaya mas Zull yang sebulan bakalan sia2 kalo ngerokok lagi.. begitu seterusnya.. gak kerasa hari jadi minggu.. minggu jadi bulan ke dua.. dst.. tahun 1.. tahun 2.. dst.. ntar bisa 12 tahun deh kaya saya mas.

Papanya Inez GP mengatakan...

Terimakasih....atas sarannya.
Puitis buanget Bah.....Insya Allah hari2ku kini terlewatkan dengan kebahagian dan tanpa rokok, amin...!!

Abimanyu Panca Kusuma Wachjoewidajat mengatakan...

Aamiin... aamiin...