Sabtu, 15 September 2007

Meredam dan mengatasi Anak2 yang suka Berantem….!!


Rating:★★★★
Category:Other
لسلام عليكم و رحمة الله و بركاته

0707 Tekwondo di SMUN2 (1) photo 024-5TekwondodiSMUN2Jul07.jpg
Mendidik anak memeang gampang-gampang susah…..!!
Kadang diperlukan kearifan dan strategi agar anak-anak kita bisa tumbuh kembang lebih baik, baik itu secara fisik, mental dan spiritual.
Dalam menangani hal semacam ini saya mempunyai kiat-kiat khusus….terutama dalam hal “ Berantem “ antar mereka sendiri.

Kebetulan anak pertama dan kedua selisih umur 15 bulan, jadi secara postur tubuh gak terlalu beda jauh……!!
Kebiasaan mereka dalam berselisih paham selalu saja timbul keributan-keributan kecil : baik itu adu mulut bahkan kadang sampe berantem…..ujung-ujungnya yang kecil nangis….nah kalo udah nangis…..yang gede juga berhenti…..karena mereka pada takut juga kalau sampe Mama/ Papanya turun tangan……!!!

Hal yang sering saya lakukan bila anak-anak berantem :
1. Kalau mereka ribut…….saya biarin dulu……..maksud saya biar mereka bisa ngatasin masalah mereka sendiri……!!, kalau mereka masih juga berantem, baru saya ikut melerai…!
2. Kalau sampe saya/ istri turun tangan biasanya semua akan SALAH…..ga ada satu pun yang bener….pokoknya kalau berantem semuanya SALAH…..titik….!!!, ada banyak penyelesaian yang bisa dilakukan tapi bukan dengan berantem.
3. Setelah semua adem….baru saya deketin satu-persatu dan memberi tahu mana yang bener dan mana yang salah, kemudian menekankan pada mereka bagaimana sebaiknya sikap Abang terhadap adik dan begitu juga sebaliknya.
4. Yang aneh kalau salah satu diantara mereka ga ada dirumah…..mereka akan nanya Ma/ Pa dimana Bang Aji atau dimana Adek Ray…..( hehehehe…dasar anak-anak, kalau ga ada mereka kesepian juga ).

Kiat-kiat untuk mengurangi mereka agar ga sering berantem :
1. Usahakan mereka tetap bersama, misalnya : Saat mereka Mandi pagi, Tidur, Makan ataupun bermain  kendala pertamanya memang akan ada dan besar. Tapi akan bekurang dengan sendirinya, karena mereka akan saling membutuhkan.
2. Kembangkan Fisik dan Sportifitas mereka, misalnya dengan Les Tekwondoo, Silat atau Karate, Karena saya alami sendiri….( noh …kalo mo berantem saat “ Fighting “ ….gunakan pikiran dan tenaga untuk menjatuhkan lawan )…tapi dalam kondisi Muka dan badan dilindungi alat ( body covering ), kalau dirumah gak boleh berantem.
3. Kalo lagi dimana aja usahakan yang lebih Tua jadi Leader…..biar dia memfungsikan dirinya bahwa yang tua harus jadi pemimpin dan yang muda harus patuh.
4. Tekankan 2 hal bahwa Abang HARUS SAYANG sama Adek & Adek HARUS PATUH sama Abang”

Itulah Kiat2 saya dalam mengatasi anak2 supaya jangan berantem, dan hasilnya memang ada banyak perubahan, terutama setelah meraka Les Tekwondoo sejak 4 bulan yang lalu.

Ada Comments…..??? Sharing Yuck…..!!!!!

6 komentar:

Lusy Mardiani mengatakan...

no.4 mirip banget ama kita2 (3 saudaraan..) kalo deket ribut melulu...giliran satu gak da ..dikangenin hahaha..oh iya..kita semua juga ikutan beladiri waktu masih sekolah..Saya ikutan Merpati Putih waktu kelas 3 SMA...berhenti karena mau ujian akhir.. adik cewek+cowok ikutan karate di gelanggang remaja.. Tapi sekarang kita malah kompak ..apa2 curhat (via sms atau tlp bahkan chat..karena saya jauh sama mereka)...gak pernah tuh bertengkar lagi kayak dulu masih kecil hehehhe..!

Papanya Inez GP mengatakan...

Begitu ya......!!!
saya pikir memang kondisi dan masalahnya ga beda2 amat....pasti akan seperti itu dan itu juga.....tapi penanganannya yang mungkin beda disesuaikan dengan kondisi/ zaman pada saat itu.......!!!
Be Wise and Smart....!!!

Wienn . mengatakan...

Kalo anak2 saya, berantemnya khas cewek, ledek2an, lempar2an boneka sampe salah satu ato salah dua dari mereka nangis karena kalah omongan tapi mereka gak sampe 'turun tangan'.
Kadang saya dan emakna anak2 kalo liat mereka berantem, suka geli, makanya suka kita biarin dulu, kalo udah memanas, baru deh salah satu saya ajak keluar ( biasanya yang memulai perkara duluan) untuk saya wejangin dan mampir ke warung membeli sesuatu untuk oleh2 dan sekedar ungkapan penyesalan sembari ngajarin minta maap...biasanya setelah itu ya damai....hehehehe - mungkin karena coklat ato makanan kecilnya yang bikin mereka damai-

Papanya Inez GP mengatakan...

Hehehehe...!!
saya bisa bayangin bila 2 putri adu mulut....!! karena anak saya yg ketiga juga cewek yg rada lebih galak bila adu mulut....!!!
Tapi kita masih bersyukur setelah keributan atau keramaian itu mereka mau saling minta maaf dan kemudian akor lagi spt tdk terjadi apa2...!!
Biarin dulu ya.....? tujuannya biar mereka bisa mengatasi masalah mereka sendiri..!!

Thanks sharingnya...!!

afifudin afifudin mengatakan...

Thanks atas kiatnya. Anak saya juga (2 cowok) selisihnya deket cuman 1 th 2 minggu. Emang sering berantem, tapi kalau salah satu pergi suka nyari. Umur berapa yah minimal bisa ikutan taekwondo / karate ?

Papanya Inez GP mengatakan...

Wah ini lebih deket lagi, kalau saya 15 bulan.......!!
kebetulan waktu itu di tempat saya tinggal ada buka Tekwoondo ya udah daftarin aja...
umur anak saya saat itu 10 dan 9 Tahun,...tapi ada yang kelas 2 SD sdh ikut.....!!