Kamis, 22 April 2010

DIM - Tune Up, Service dan Penggantian Oli Santi-Jo



لسلام عليكم و رحمة الله و بركاته


Tanggal 14 Kemaren Santi-Jo ku ganti Oli mesin di Shop & Drive Jl. KH. Hasyim Ashari tangerang, Filter oli udah ku siapin dari rumah dangan P/N seharga Rp 24 rb dan masuk langsung dilayani, oli yang aku gunakan biasanya Repsol 10-40W dan aku suka oli ini karena dulu saat pertama masuk beres rekomendasi Hyundai menggunakan oli ini, selanjutnya mulai tahu 2008 kerjasama dengan repsol berkahir dan Hyundai menyarankan untuk ganti oli patner yang kebetulan kurang aku minatin, jadi tetap saja menggunakan oli Repsol dan ganti nya di Shp & Drive, total cost untuk penggantian Oli ini plus bersih2 ruang mesin dan check Accu Rp 300rb.

Sehabis dari Shop & Drive, si-santi jo ku langsung luncur ke Hyundai Serpong yang lokasinya sudah berpindah dari sekitaran RS Assobirin ke lokasi lebih dekat dari rumah yakni di depan Pabrik Pratama serpong. Di lokasi yang baru ini Hyundai berpatner dengan PT Eka Jaya Mobilindo gedung ini terintegrasi untuk bengkel ( One Stop Service Shop ), ada bengkel Suzuki, Mercy dan Hyundai sendiri...saat masuk kagok juga karena masih dalam tahap pengembangan yg belum semuanya rampung, tapi gedung ini sangat komplit dari mulai perawatan/ service, spooring balancing, cuci mobil dan pengecatan ulang semua lengkap dalam satu atap, kebetulan saya berkenalan dengan service managernya pak Supandi yang kebetulan ruamahnya berdekatan dengan rumah saya.

Perlu diketahui juga bahwa Group PT Eka Jaya Mobilindo ini pemiliknya adalah dokter Eka Julianta, specialist Bedah Syaraf yang sudah mumpuni dan pernah masuk acara Kick Andy, Begitu kata Pak Supandi mempromosikan bengkelnya dengan memperlihatkan semua pasilitas yang ada.

Kembali ke service Santi Jo ku, rencana ini boil mau Tune Up dan Ganti Oli Transmisi serta pengecekan suara yang riuh rendah di ruang mesin, dan setelah dilakukan pemeriksaan ditemukan beberapa item yang harus diganti yakni roda depan sebelah kanan terasa Oblak jadi harus ganti Long Tie rod, suara yang berisik disebabkan karena Pully Tensioner yg kemungkinan tidak bagus, disarankan juga untuk diganti dan ketika saya ngolong 4 buah CV Bootnya ( Rubber Flexible cover CV ) sudah harus diganti dan demikian juga untuk Mounting Engine kiri-kanan dan belakang, tapi sangat disayangkan spare partnya belum tersedia dan kalaupun ada saya lebih memilih yang Mobis karena harganya akan jauh lebih miring, selain dari itu santi ini juga akan dipakai besok, karena sudah janjian dengan teman, jadi terpaksa service kali ini tidak dilakukan semua dan partial saja, entar deh kalau udah punya uang cash baru diganti semua.

Setelah dilakukan Penggantian Oli Transmisi, Tune up dan penggantian Long Tie Rod, santi langsung ke lokasi Spooring di gedung ini juga nah disini juga ada masalah saat spooring karena ban Depan sebelah kiri Caster tidak bisa diadjust oleh montir spooring, hal ini terjadi kemungkinan karena ini boil pernah nabrak sesuatu sehingga posisi frame bergeser sebesar +1.37 derajat....nabark dari hongkong saya bilang, lah wong ga pernah nabrak kok....dia bilang saat di tol coba steer dilepas ini mobil akan lari ke kiri, dan ketika saya coba steer tidak lari kekiri kok...tetap lurus, saya sedikit bingung juga karena ini spooring sdh 3 dimensi dan teknologi terbaru hal ini dapat saya lihat kondisi mesin spooring yang memang masih baru, akhirnya karena sudah tidak bisa diadjust lagi saya biarin aja kondisi seperti itu karena hari memang sudah mulai gelap.

Hingga selesai saya tungguin nich santi yang lagi Opname, dari saat Tune Up, ganti Oli Transmisi, Ganti Long Tie Rod dan Spooring, serta adjust AFR atau atau lebih dikenal dengan sebutan Test Uji Emisi meskipun tidak disediakan sticker, semua saya ikuting dan masuk juga kekolong mobil untuk memeriksa semua kondisi yang ada, special untuk bagian bawah ruang mesin, mungkin saja ada rembesan oli, tapi alhamdulilah tidak rembesan. Dan selain dari itu saya memperhatikan juga kerja montir yang menangani santiku karena Montir ini sepertinya cukup berpengalaman dan dia adalah montir bawaan dari bengkel sebelumnya yang lokasinya dekat RS Assobirin.

Meskipun Montir yg ada disini kebanyakan Montir baru namun hasil kerjanya lumayan memuasakan, sebetulnya saya lebih percaya dengan montir lama saya yakni Mas Sodik, tapi katanya dia ikut dengan bosnya terdahulu di Hino Truck karena disana gajinya lumayan memuaskan, tapi tidak apalah dengan montir yg ada ini juga lumayan, bahkan dia mau kalau diajak ngobrol sambil mengerjakan tugasnya.

Service Santi Jo akhirnya selesai kira2 jam 19:20, kondisi mesin setelah Tune Up semakin maknyuss, saya coba tambah bensin dengan bensin bersubsidi tarikan juga masih terasa enak.
Terimakasih Yuli atas kerjamu yang bagus menservice Santiku, mudah-mudahan santiku tetap okey dan nyaman dikendarai.

Demikianlah semoga tulisan ini bermanfaat sebagai referensi dan catatan perjalanan Santi Jo ku tentunnya dan pengguna Santa Fe pada umumnya.



Tangerang 22 April 2010



Wasalam,


Biaya Service dan Pemakaian spare Part

1. Engine Tune Up Rp 215 rb
2. Ganti Pully Tesioner Rp 85 rb
3. Ganti Long Tie Rod Rp 125 rb
4. Spooring Rp 125 rb
5. Spark plug/ Busi Champion RN9YC 6bh Rp 15 rb
6. Joint Assembly - Inner Ball P/N : 57724 - 3A000 Rp 269 rb
7. Tensioner Assy Rp 323 rb
8. Oli Transmisi Hyundai 85W-85 GL4 Rp 169 rb
9. Engine Conditioner Performance Rp 80 rb

Total Cost : Rp 1.47 jt






Tambahan Info Peresmian Bengkel Hyundai Serpong 05-05-2010

6 komentar:

Agam Fatchurrochman mengatakan...

kecil-kecil, tapi dihitung2 banyak juga mas

Papanya Inez GP mengatakan...

Iya tuh, tapi ini maintenace routine kok...tapi finding data lumayan buat kedepan....!

Chendra Widyoputra mengatakan...

sip om, heheh

Papanya Inez GP mengatakan...

Thanks oum Chen....santi jajan melulu nich.

Chendra Widyoputra mengatakan...

makin tua makin berulah, hahaha

Papanya Inez GP mengatakan...

Biasa batuk2.....hahaha