Senin, 10 Agustus 2009

DIM - Mengatasi Getaran pada pedal Rem saat digunakan


لسلام عليكم و رحمة الله و بركاته
Rem merupakan komponen mobil yang sangat penting bagi keselamatan anda saat berkendaraan karena rem bisa menjadi penyebab kecelakaan di jalan raya, begitu pentingnya masalah rem ini hingga para ahli otomotif menggolongkan rem sebagai sistem keselamatan nomor satu, lebih penting dari sabuk keselamatan dan airbags.
Secara umum model rem itu terdiri dari;
  1. Rem Tromol ( Drum ) banyak digunakan pada kendaraan berbeban berat seperti Truk, Kontainer dan Bus.
  2. Rem Cakram ( Disc ) banyak digunakan pada kendaraan sedan dan penumpang.
Kelebihan dari kedua model tersebut diatas, pada model Tromol memiliki keunggulan pada performa untuk mengurangi laju kendaraan berbobot berat, kekuatan tenaga pengereman berasal dari sepatu rem yang diam menekan permukaan permukaan tromol bagian dalam. Bagian ini berputar bersama-sama dengan roda. Karena adanya self-enegerzing action yang ditimbulkan oleh tenaga putar tromol dan tenaga mengembangnya sepatu, tenaga pengereman yang dihasilkan sangat besar.
Untuk rem cakram memiliki kelebihan, salah satunya adalah kinerjanya yang lebih pakem, atau dapat menghasilkan daya pengereman optimum karena adanya gesekan antara sepatu rem dan cakram. Konstruksinya sederhana, sehingga perawatan dan penggantian sepatu rem menjadikannya lebih mudah, Ini keunggulan lain dibandingkan dengan rem tromol. Oleh karena itu Rem Cakram dirancang untuk mengurangi kecepatan, memperlambat, dan menghentikan kendaraan, dan dipasang sebagian besar  di roda depan sedangkan rem tromol kebanyakan dipasang pada roda bagian belakang.
Penjelasan diatas merupakan ilustrasi dari kerja system pengereman pada kendaraan anda atau saya tentunya, tapi yang pasti saya pernah mengalami dimana pada saat melaju dengan kecepatan 100kpj, dan saat saya mengurangi kecepatan dengan menginjak pedal rem tiba-tiba terasa kaki kanan saya bergetar hingga steer pun terasa bergetar pula.
Dengan perasaan ingin mengerti permasalahan yang ada, saya konsultasikan kerekan-rekan otomotif mengenai permasalahan ini dan advise yang saya peroleh sebagian besar menyarankan agar carkram ( disc ) rem depan dibubut karena akibat permukaan cakram yang tidak rata menyebabkan efek cengkraman disc shoe/pad pada cakram menjadi tidak stabil dan menyebabkan timbulnya getaran pada pedal dan begitu juga pada steer.
Setelah masuk bengkel HMI Arteri Pondok Indah, advisor bengkel juga menyarankan hal yang demikian, sehingga usul tersebut saya jalankan dengan melakukan pembubutan Cakram yang dilakukan oleh petugas bengkel.
Setelah dilakukan pembubutan dan penggantian Disc shoe/pad karena tinggal 30% dan penggantian Ball Joint karena karet  covernya sdh brekele, maka hasil yang saya peroleh kendaraan tunggangan sudah smooth saat saya menginjak pedal rem, dan getaran pada pedal serta steer sudah dapat diatasi, sehingga dengan kecepatan diatas 120 kpj pun getaran itu sudah tak terasa lagi.
Demikianlah sharing pengalaman ini, mudah-mudahan bermanfaat dan dapat digunakan sebagai referensi jika anda mengalami hal yang sama pada kendaraan anda.




Tangerang, 10 Agustus 2009.


15 komentar:

Chendra Widyoputra mengatakan...

vitara saya agak getar juga. padahal disc brake dan kawan kawan belum lama ganti baru (september 2008).. wis lah, biarin aj dulu

Papanya Inez GP mengatakan...

Kalo getar tersa bener ketidak nyamanannya....mendingan segera perbaiki, tapi kalo jarang dipake speeding saya pikir ga apa2..soalnya si-tejo dipake off road mlulu ya oum chen...??

Chendra Widyoputra mengatakan...

gak dong oom.. offroad baru 2 kali. sisanya geber abis di tol, wekeke.. kita kan SJI aliran jalan tol, speedometer mentok kanan :D

Benyamin Faizurahman Fahmie mengatakan...

Awal tahun 2000an, sekitar 2001-2002, ketika saya masih punya Trajet, keluhan utama bagian pengereman adalah rem getar pada saat kecepatan tinggi. Kemudian di temukan pada batch awal versi CBU, brake pad terlalu keras sehingga disc cepat kemakan. Setelah itu adalah rem cepat fading pada temperatur tinggi, sementara ketika temperatur dibawah 25 derajat Celcius, gejala tersebut tidak ada. Ini sangat terasa, ketika saya pake Trajet turun dari Lembang menuju Bandung jam 5 pagi. Temperatur ketika berangkat jauh dibawah 25 derajat Celcius, rem terasa sangat responsif. Satu jam kemudian setelah masuk Tol Cipularang (waktu itu baru sampe Padalarang), respons rem sangat berbeda. Setelah dilakukan penggantian material brake pad, gejala fading akibat temperatur sekitar tinggi, berkurang banyak. Hanya harus rajin bersihkan velg depan, karena brake dustnya cukup membuat kotor.

Papanya Inez GP mengatakan...

Hahhh...mentok...!! cepet periksa deh oum....?? bukan soal nyalinya...tapi masalah sa-fe-ti-nya...!!
hati-hati dijalan oum chen....!!

Papanya Inez GP mengatakan...

Bener oum..teman2 otomotif bicara seperti itu break pad/ shoenya hyundai yg ori terlalu keras sehingga disc kemakan..kalo yg kw1 brake pad agak lunak tapi cepet habis...!!
hyundai khan turunannya mitsu...jadi untuk bagian brake ini memang cocok di daerahnya yg bermusim dingin...pengaruh ketahanannya akan terasa.....mungkin santi ane suka melewati jalan yg tergenang....secara lokasi tempat ane tinggal khan jalanannya kalo dimusim hujan sering tergenang...jadi hal ini yg mempercepat proses tersebut ya oum...!!!

Benyamin Faizurahman Fahmie mengatakan...

Cepet habis sebenernya gak terlalu masalah, selama performancenya tetap terjaga pada suhu tinggi. Yang kita butuhkan adalah tenaga pengereman, bukan brake pad/shoe yang awet tapi gak berhenti...

Papanya Inez GP mengatakan...

Yup, benar sekali oum Benz...kemaren karena masuk beres ya break shoenya pake yang ori....tapi kedepan perlu pemikiran ulang untuk pake yang kw1...punya recommend ga oum Benz kalo yang bukan ori break padnya merek apa yang bagus tapi tidak terlalu lunak...???

Benyamin Faizurahman Fahmie mengatakan...

Hmmm... Hyundai saya yang paling jauh baru 62rb km Oom... Kebanyakan partsnya masih dari beres... Kalo yang udah di utak-atik yaa Getz saya. Itu karena BT ajah jadi cungkring setelah pasang velg 16".

Sonny Sakarsono mengatakan...

aku mo tanay juga neh, kmarin mam[ir ke beres tuk tune up dan ganti oli+ filternya, trus minta tenisi lihat shoe padnya ternyata dah minta diganti, ada saran gak neh sebab yg ORI rp. 950 rb tuk rem depan, emang katany blm ada Kw1 tuk santa fe masih BU, ane tanay bisa gak diganti ama pubya trajet yg kira2 sama sb sdh ada kw1 nya, mereka saranin tetep pake yg ori, sb blm ada kw aja katanya. mhn saran

Papanya Inez GP mengatakan...

Kalo ane sih sudah kadung bro ganti ama yang ori, tapi temen2 nyaranin yang merek bendix...bagus tuh katanya sebagai pengganti yang ori.....!!

Benyamin Faizurahman Fahmie mengatakan...

Saya pake Bendix buat Vitara saya Oom. Puas banget dech. Lalu temen saya juga pake di APV-nya. Bagus banget. Lebih bagus dari di Vitara saya. Nah kalo buat Santa Fe saya baru denger nich. Boleh juga nich kalo nanti harus ganti juga.

Papanya Inez GP mengatakan...

Yang denger dari threat sebelah seperti itu bro Benz...nanti saat diganti dgn bendix untuk santinya di review ya bro..!

Sonny Sakarsono mengatakan...

he eh bisa aja merek bendix tpiaapa ada tipe yang sama dan pas masuk ke santi gitu, pake mobil apa. trus masih inget gak shoe pad yg diganti kmarin, depan blakang or hanya yang depan, klo komplit depan blakang kira2 berapa yaaa. klo lihat tulisan bro imsus segitu itu tuk empat roda. mohon pencerahan neh

Papanya Inez GP mengatakan...

Buat yang depan aja Bro yang disc, kalo yg belakang khan tromol, kemaren ganti shoe padnya untuk yg depan 984 rb...makanya kalo bisa pake bendix khan lebih murah takiye...???