Minggu, 04 November 2007

Pempek Saga " Sudi Mampir " Enak Dehh......!!!


Rating:★★★
Category:Restaurants
Cuisine: Other
Location:Palembang
لسلام عليكم و رحمة الله و بركاته


Pempek adalah makanan ciri khas Orang Palembang, sebab ketika anda memasuki kota Palembang, disetiap sisi/ pojok ataupun keramaian pasti ada orang yang berjualan Pempek.
Sebetulnya ada banyak macam jenis Pempek :
1. Pempek Kapal Selam
2. Pempek Lenjer
3. Pempek kereting
4. Pempek Kulit
5. Pempek Lenggang
6. Pempek Tahu
7. Pempek Panggang dst...

Aroma, rasa dan legitnya pempek mempunyai ciri khas yang berbeda pada setiap warung ataupun penjual Pempek, demikian juga dengan Cuka ( Cuko ), makanya bila kita sudah menemukan cita rasa bagi penggemar pempek + cuka dia akan merasakan bahwa pempek itu enak atau kurang enak bahkan tidak enak.

Kalau di Palembang sih....susah membedakan suatu citarasa pempek, karena nyaris hampir sama rasa dan aromanya....tapi masalah legit atau Cukanya belum tentu sama.

Plg-KulinerWaktu pulang ke Palembang kemaren di ajak oleh Kakak Sepupu makan pempek Saga ” Sudi Mampir ” lokasinya Persis di depan Kantor Walikota Madya Palembang......setahu saya ketika dulu masih anak sekolahan lokasinya bukan ditempat yang sekarang tapi persis disamping Bioskop Saga yang sejak bermunculannya Cineplex 21 sudah pada gulung tikar.



Kemabli ke Pempek Saga tadi, kita bertiga pesan Pempek Panggang satu porsi karena sudah lama sekali saya tidak mencicipi pempek ini, kemudian pempek Campur yang isinya bermacam2 pempek, kemudian Model tiga Porsi.

Model adalah Makannan berkuah yang kira-kira berupa Pempek yang dalamnya isinya Tahu yang kemudian digoreng dan dikasih Kuah + Mie + Timun.
Plg-KulinerSaya juga pesan makanan ini karena sudah lama sekali saya tidak makan Model....susah sekali menemukan makanan ini di Jakarta ataupun di Tangerang.
Bukan Main Nikmatnya Model yang kita Makan......Maknyusss bener rasanya.....terasa benar kuahnya.....sempe kering tuh piring saya nikmati......!!

Seterusnya menikmati Pempek Panggang.....biasanya kalo makan Pempek panggang itu tidak dengan Cuka, karena didalam pempek itu sudah ada bumbu pempek ( kira2 bumbu pempek itu adalah Udang kering + Cabe dan Kecap Manis ) tapi ada juga yang suka dengan mengunakan Cuka dan itu disediakan oleh Penjual Pempek, tergantung selera.
Plg-KulinerWaktu itu saya menggunakan cuka, Wah bukan main cukanya Pedesss Buanget...menurut ukuran saya tentunya, sedangkan untuk Kakak sepupu saya sih bilangnya ngak pedes....mungkin sedah terbiasa dengan takaran pedesnya Cuka Palembang, sedangkan saya yang sudah meninggalkan Palembang kira-kira 16 tahun sudah kurang pas lagi dengan pedasnya cuka tersebut.....jadi cukanya saya temabah air putih sedikit biar berkurang pedasnya........baru deh bisa menikmati Pempek panggang dan pempek lainnya......!!!



Plg-KulinerAsyik buanget....bisa menikamti Model dan Pempek Panggang......dan karena perut sudah penuh....maka sekalian kita pesen lagi Pempek Lenggang untuk 3 Porsi dan Model 3 Porsi dibungkus buat oleh-oleh orang Tua dirumah yang kebetulan Enggan untuk ikut, dan sekalian juga untuk nyicipin Pempek lenggang dan model buat ntar malem atau besok paginya.....ternyata jam 11 malem kepengen lagi tuh sama model dan Pempek Panggang.... Ibu Komen sana-sini saya jadi ketawa dan senyum2 saja......habis Enakkkk sih.....!!!

Alahmdulillah Ya Allah, Engkau berikan Nikmat Rasa dan Nikmat selera kepada Hambamu ini.......mudah2an Hambamu selalu dibawah lindunganMu dan selalu Bersyukur atas Karuniah Mu....!!!

Nah kembali kemenu Pempek tadi yang jumlahnya untuk 6 Porsi menurut saya harganya relatif Murah hanya 130 rb rupiah, lumayan Khan......??? Kalau Teman-teman Kebetulan ke Palembang, silahkan Mampir ke Pempek Saga ” Sudi Mampir ”, yang Empunya Orang Palembang Asli dan Muslim lagi ( bukan Promosi Loh.....!!!! )



Plg-KulinerAlamatnya :
Jl. Merdeka No. 8 22 Ilir depan Walikota Palembang
Telp. 0711 706 9384 atau

Cabang Lainnya :
Jl. Kapt. Cek Syeh No 191/192
Simpang Tiga Kebon Duku 18 Ilir Palembang
Telp. 0711 379 021



Palembang , 24 Ocktober 2007

3 komentar:

ryan meirly mengatakan...

jadi penen nyicip nih.....rasanya model.......???

Papanya Inez GP mengatakan...

Silahkan Om, tapi di Jabodetabek ada ga ya....???

yusuf ahmad mengatakan...

mantap nian pempek disini