Senin, 29 Oktober 2007

Nikmatnya Martabak HAR……!!!


Rating:★★★
Category:Restaurants
Cuisine: Other
Location:Palembang
لسلام عليكم و رحمة الله و بركاته


 photo Oleh-oleh10_zps8920f940.jpg
Sesampainya di Palembang Jam 12:45 langsung menuju ke Travel Agent untuk persiapan Pulang dari Palembang ke Jakarta tanggal 25 Ocktober dan setelah tanya sana Tanya sini untuk setiap pesawat yang terbang ke Jakarta, semua padal Full Booking, yang tinggal hanya Air Asia itupun harga ticketnya Lumayan Mahal 409 ribu Rupiah.

Dari pada…dari pada ya Mendingan ambil saja….ada sih untuk pesawat tanggal 26 October dengan pesawat garuda jam 6:30 dgn harga ticket yg cukup murah…..tapi hati ini lebih condong untuk cepat2 pulang menemui anak dan istri yang ditinggalkan selama 17 hari untuk tugas kerja.

Setelah Booking Air Asia, langsung menuju ke Rumah Makan Martabak HAR, wah bukan main karena makanan ini adalah makanan kesukaan saya dan di Jakarta atau tangerang saya belum menemukan Rumah makan Martabak HAR ini, saya denar katanya ada sih di Kitaran Harmoni atau Gajah Mada….tapi saya belum tahu.

Sesampainya disana langsung pesan 1 porsi dan Jeruk hangat, Waduh…..bukan main terobati juga keinginan untuk menikmati martabak HAR ini, karena dari sejak kuliah dulu saya dan teman selalu mampir minimal 1 atau 2 kali seminggu untuk menikmatinya.

Kondisi Martabak yang Suam2 Panas dan ditambah dengan Cabe Hijau yang Pedasnya Pas untuk ukuran saya, bukan main Maknyussss…nya…dan setelah itu minum Air jeruk hangat ….. wah….keringet keluar …tanda puas dan nikmat …..tak bias saya lukiskan…..

 photo Oleh-oleh11_zps61d6345a.jpgMartabak HAR ini berlokasi disekitaran Jalan Jenderal Sudirman diperemapatan Dika Shopping Center ( itu nama dulu karena Dika Shopping Center sudah terbakar ).

Martabak HAR sendiri dalam proses pembuatannya hampir sama dengan Martabak Telor, yang membedakan adalah Martabak HAR menggunakan Kuah dari Kentang dan daging.

Kalau dulu waktu masih kuliah tahun 87 an menggunakan Telor Bebek dua Butir dan sekarang menggunakan telor ayam, memang ada sedik beda sih....tapi sepertinya semua Martabak HAR di palembang menngunakan telor ayam semua.
Makan martabak 1 porsi dan dibungkus 2 porsi dan ditambah minum Jeruk Hangat total semua lumayan cukup murah 21 ribu rupiah.
Alahamdulillah kesampean juga menikamati Martabak HAR kesukaan........!!!!
Kalau ada teman yang mampir ke Palembang jangan lupa Nikamati Martabak HAR ini....karena Cuma ada di Palembang kota tertua sejak jaman Sriwijaya.


Palembang, 24 October 2007.

Ada Tulisan tambahan dari milist Sabtuminggu.....ternyata di Jakarta ada juga Martabak HAR....Om Ginting mohon izin ya tulisannya aqu copy paste disini....!!!


On Nov 22, 2007 3:57 PM, Edy Gunawan Ginting Suka wrote:

Assalamualaikum wr.wb., Salam sejahtera, Mejuah-juah.

Martabak HAR yang ada di Palembang merupakan singkatan dari Haji Abdul Rozak, seorang Palembang keturunan India. Di kota Palembang, cabang-cabang martabak HAR dibuka di beberapa pelosok kota. Namun, banyak juga pesaing mengakali konsumen dengan menamai warung/toko/kedainya dengan nama-nama yang mirip, seperti HARvest atau lain sebagainya. Makanya, untuk menjamin keaslian martabak HAR, di setiap kedainya dipajang foto pemilik(HAR) beserta isteri dan anak tertuanya.
Untuk martabak HAR yang di Jalan Hayam Wuruk, Jakarta merupakan cabang dari martabak HAR di Palembang berseberangan dengan mesjid Agung di Jalan Jenderal Sudirman, Palembang. Bukan afiliasi dari Haji Abdul Rozak karena baik yang di Palembang maupun yang di Jakarta tidak memajang foto pemiliknya(Haji Abdul Rozak).

Martabak Haji AR(Abdul Razak) yang di Jalan Biak(Roxy), menurut saya tidak
ada hubungan dengan martabak HAR yang di Palembang. Kini mereka membuka cabang baru menumpang kedai Pindang @ Pempek House, Jalan Bolevar Raya J4/12, telepon (021) 4520024, Kelapa Gading, tidak jauh dari Boplo atau BCA Kantor Cabang Utama Kelapa Gading.

Soal rasa, lebih kurang sama lah.

Wassalam,







6 komentar:

trisna yuniarti mengatakan...

Mas..aku minta foto martabaknya ya...buat tugas!

Papanya Inez GP mengatakan...

Monggo Silahkan.....!!!
Rokoknya juga sekalian ya........:)

Syarif Achmad mengatakan...

sayangnya rasanya nggak seenak dulu. Dulunya martabak HAR itu muantabb banget!

Papanya Inez GP mengatakan...

Wah kalo begitu baru pulkam nich.....iya rasanya sedikit agak beda.....terutama dari telornya.....!!!
Jaman tahun 80an sih telor bebek asli,.....sekarang udh telor ayam.....???

Yunita Ratna Sari mengatakan...

waduh....gw tuh paling doyan sama martabak HAR, kalo gw pulang ke Palembang. yang gw cari pertama kali adalah martabak HAR. saking cinta dan kangennya...hehehhe...kalo gw sekali makan bisa 2 sampe 3 porsi sekaligus. sumpah, kalo ga segitu porsinya ga bakalan nampoooollll.....tujuan gw satu2nya kalo pulang ke Palembang ya itu tuh, nyari martabak HAR..di daerah BSD waktu itu pernah ada, tp mahal harganya Rp 12.500. memang sih porsinya aga gede ikit, tapi kuah kare nya ga nampol and rasanya manis2 gitu deh...gw aja saking sukanya, punya niat mau buka toko martabak HAR disini. tapi siapa yang mau buatnya. gw aja ga tau bumbu2nya apa aja...hehehehe.kalo bisa dikirim sih enak kaya pempek gt, tapi ini kan ga bisa, secara pake kuah gitu. yang ada pas udah sampe kuahnya udah kering...huahahahaha...tolong buat temen2 yang lain di info kalo ada toko atau yang jual martabak HAR di Jakarta ini.. buat kalian yang belum tau pokoke harus cobain makanan kesukaan gw yang satu ini... =)

-yunita-

Papanya Inez GP mengatakan...

Kalo mo coba di Roxy & kelapa Gading ada tuh Mbak...!!