Sabtu, 07 Agustus 2010

DIY - Penggantian Accu yang sudah Soak/Brekele


Ini kejadian sebetulnya sejak hari minggu kemaren saat mo nganter anak latihan Tekwondo, ketika menyiapkan mobil ..eh tiba-tiba si-santa ngak mo di start, indikasi yang ada :

1. Lampu panel saat power On => nyala tapi tidak terang alias redup

2. Saat si-santa distart suara ce-ngekkkkkk….lemes buanget dan semua lamp indicator pada matiiiii….

3. Check mata kucing battery sepertinya perlu Charger => ngak kelihatan nyala hitam aja,…..!!

4. Check teganggan Battery indikasi 11,35 Volt.

Wah pasti ngak bener nih battery….langsung aja luncur bawa ke tukang Charger accu….dan selesai kira2 jam 13:00 dan kena biaya 15 rb, dan setelah install battrey serta si-santa distart => langsung nyala, alhamdulillah dalam hati.

Sore tgl 12 kemaren pas si-santa mo dipake buat jemput anak2 sekolah, kasus yang sama terjadi…waduhhhh…ini battery Delkor kalo begitu sudah brekele dan kudu cepet diganti….emang nich battery sudah lama juga ke pake ada kira-kira 2,8 th lumayan lah sudah lama menemani….dan life time battery memang kira-kira 2 – 3 tahun.

Langsung aja call Shop & Drive call center di nomor 0888 808 8555 untuk menanyakan no telp untuk wilayah cipondoh dan sipetugas memberikan alamat untuk wilayah Cipondoh yakni Jl. KH Hasyim Ashari No. 38 dan telp 5574 4436.

Setelah menelpon dan konsultasi masalah accu Shop & Drive cabang cipondoh, langsung aja saya tanyakan mengenai tipe accu yang saya punya yakni NS70MF, dan si-petugas yang bernama “ Agus “ memberikan type GSMF-NS70 dimensi dan power yang sama, dia juga menyarankan agar datang dan membawa accu saya sehingga bisa diperiksa apakah accu saya sudah rusak atau belum, tapi karena hari sudah sore saya tunda besok pagi saja.

Tadi pagi pas jam 09:40, saya bawa accu saya ke Shop & Drive dan diperiksa dengan alat Test Battery BT400 disana, hasil dari pemeriksaan itu diperoleh tegangan : 10.7 Volt dan ketika diberi beban selama lebih kuran 3-4 detik indikasi battery langsung menuju ke 0 diindikasi merah, artinya memang battery sudah Soak ….alias Rusakkkk.

Selanjutnya test dengan Battery baru GSMF-NS70 diperoleh hasil yang kebalikannya, tegangan : 12.3Volt dan Dummy test selam 3-4 detik indikasi dihijau dan bergerak menuju kuning secara perlahan. Dengan sangat menyesal si-delkor terpaksa saya lepas dengan tukar tambah ( trade-in ) seharga 10% dari harga GS Battery baru.

Ada yang menarik di Shop & Drive, bila kita menggunakan Kartu kredit BRI akan mendapat diskon sampe 25%....waduh kebetulan ngak punya nich….Cuma dapat 10 % itupun melepas accu lama….ngak apa2 lah dari pada menuh-menuhin gudang mendingan dilepas aja pan lumayan dihargai 101 rb. Selain dari itu Battery GS ini dapat Garansi 1,5 Tahun dengan syarat harus diperiksa setiap bulannya dengan membawa kartu garansi disemua agent Shop & Drive diseluruh Indonesia….kata petugasnya sih……!!!

Sesampai dirumah Battery baru langsung dipasang dan si-santa langsung distart…….ketikakunci posisi On lampu indikator pada nyala terang dan kemudian distart…..Cengekkkk..ek…ekkkk….langsung si-santa nyala……Alahamdulillah si-santa siap untuk diajak jalan2 lagi menemani filed break yang masih bersisa satu minggu.

Total Biaya Penggantian Accu :

1. Harga Satuan Accu GSMF NS 70 MF = Rp 1.016.000

2. Trade in accu Delkor bekas = Rp 101.600

3. Harga real accu = Rp 914.400

Anda pernah mempunyai masalah dengan Accu anda, atau anda ingin sharing mengenai accu mana yang paling baik menurut pengalaman anda….monggo silahkan …..!!!






1 komentar:

lung sentosa mengatakan...

wah bung zulkifli ada blog juga toh?
ini lung sentosa, member soci yg di fb dan sm :D
sekedar share aja, kemarin aku beli ns70 buat santi, belum ada 3 bulan soak. katanya ampere nya kurang.(santi ane pakai fog lamp + tail lamp belakang nyala). buntutnya ane ganti merek global MF N70ZL. bagus dan siap perang lagi :D