Minggu, 08 Agustus 2010

DIY - Mengatasi Rembesan pada Hose/Selang Radiator

Hari ini rutin periksa kondisi si-Santi terutama yang berhubungan dengan : Electric Mirror, air radiator, air wiper & wiper moving, accu, on/off thermostat. Tapi pas sampai di air radiator kok kondisi direservoir tank kosong dan pas buka cap radiator juga tak tampak air dicap radiator, artinya air radiator tekor nich…..ya udah langsung tambah air radiator dengan air kondensasi ac rumah yang sdh tersedia di dirigen….setelah penuh langsung panaskan mesin dan nyalakan AC, setelah mesin panas ketika periksa semua joint diradiator ditemukan adanya rembesan air di bagian bawah hose/ selang inlet, rembesan itu tidak terlihat tapi pas di raba dengan telapak tangan ada basah…..wah ketemu nich masalah. Untuk memastika periksa lagi dibagian yang lain di hose outlet joint tetapi kondisi tidak ada kebocoran dan bagus, kecuali dihose inlet tadi, tapi daripada…daripada khan lebih baik semua diperbaiki.
Point Persiapan :
  1. Parkir kendaraan ditempat yang teduh dan nyaman
  2. Ganti pakaian anda dengan pakaian biasa/wearpack karena harus ngolong
  3. Siapkan Red Silicon dan kebetulan sisa bulan lalu masih ada
  4. Kain Lap/ majun
  5. Air sirup dingin atau air putih atau kopi hitam
  6. Rokok ngak rekomen deh….karena sudah berhenti

Alat-alat yang digunakan :
  1. Tang Penjepit yg lock sistem
  2. Tang biasa
  3. Tang Potong
  4. Kawat 1 mm
  5. Sikat kawat atau amplas halus + kasar
  6. Air Coolant atau air kondensasi ac


Point Pekerjaan :
  1. Matikan mesin dan biarkan kondisi mesin tidak panas.
  2. Bila sudah lumayan dingin buang air radiator dengan membuka cap dan vent bagian bawah untuk drain out air radiator, setelah semua air keluar dari dalam radiator.
  3. Lepas Hose/Selang Outlet dengan menggunakan tang penjepit dan kemudian clemp diikat dengan kawat.
  4. Lepas Hose/ Selang Inlet juga dengan menggunakan tang penjepit dan kemudian clemp diikat dengan kawat.
  5. Bersihkan Hose/Selang dengan air diterjen hingga bersih
  6. Bersihkan nozzle/ pipa penghubung dengan sikat kawat atau amplas hingga bersih
  7. Pasang Hose/Selang radiator pada Nozzle bawah dan atas untuk setting posisi selang radiator Inlet.
  8. Bila posisi setting sudah pas, maka lepas kembali hose/selang radiator bagian bawah dan masukkan atau pasang ring /clemp radiator.
  9. Lalu olesi atau lumuri pipa nozzle dengan red silicon sesukupnya dan sebelum kering pasang kembali selang radiator pada nozzle, kemudian setting posisi ring/ clemp yang pas sehingga memudahkan saat pelepasan clemp utk kedepan nanti….setelah pas potong kawat pengikat….nah clemp akan mengunci secara otomatis….praktisss khan….!!!
  10. Untuk joint Hose berikutnya lakukan step 8 dan 9.
  11. Begitu juga untuk pemasangan Hose/Selang Outlet gunakan step 7 s/d 9.
  12. Anda tak perlu menunggu adanya rembesan baru mengerjakan pekerjaan ini, tapi sebagai tendakan preventif anda juga bisa melakukannya untuk tunggangan anda yang usia pakainya lebih dari 3 tahun.
  13. Bila semua pemasanga kembali selang sudah selesai biarkan beberapa saat agar red silicon mengering, dan setelah itu isi kembali air radiator hingga penuh.
  14. Setelah Penuh nyalakan mesin dan juga ac hingga mesin panas dan thermostart bekerja…..perhatikan kebocoran/ rembaan pada joint selang yang kita kerjakan tadi, bila tidak ditemukan adanya kobocoran/rembesan berarti pekerjaan sudah selesai.
  15. Selamat mencoba dan anda tak perlu biaya yang besar untuk mengerjakan pekerjaan ini.










Tidak ada komentar: