Rabu, 24 Februari 2010

Jangan Pernah Gabungkan saluran Air Buangan Rumah Anda



لسلام عليكم و رحمة الله و بركاته



Sebuah pengalaman menarik dari situasi yang mungkin pernah saya atau anda alami, tapi jangan sampai pengalaman ini terjadi juga pada anda, dimana saluran buangan cuci piring mampet padahal pipa paralonnya ukuran 1-1/4 inci, dan masuk ke saluran utama pipa ukuran 4 inci.

Saya sudah berusaha untuk melancarkan aliran yang tersumbat ini dengan cara merojoknya dengan kabel seukuran jempol, dan selang keran ditambah tekanan air, tapi selalu gagal, aliran air tak kunjung mengalir.

Akhirnya dengan berat hati terpaksa lantai saya bobok karena tak ada bak kontrol saluran air, entah bagaimana pemikiran pemilik rumah sebelumnya sehingga tidak dibuatkan bak kontrol.  setelah lantai saya bobok, saya temukan pipa paralon ukuran 4 inci pada posisi tak jauh dari saluran air ini ( 30 cm ), dan sangat terpaksa pipa paralon tersebut saya pecahkan untuk mengatahui sumber sumbatan yang ada.

Betapa terkejutnya saya ketika saya temukan gumpalan lemak yang mengeras yang menutupi bagian dalam pipa kira2 sepanjang 20 cm, sayang gumpalan lemak kekuning-kuningan tersebut tk sempat saya abadikan karena bau yang kurang sedap dan situasi tempat yang kotor dan amburadul, tapi pikiran saya lemak ini timbul karena digabungnya saluran pembuangan kamar mandi/mesin cuci dan cucian piring di dapur...kemungkinan busa sabun mandi dan busa cucian baju yang tergenang bersenyawa dengan minyak sisa cucian piring dan lama kelamaan terakumulasi dan mengeras, dan inilah yg menyebabkan tersumbatnya pipa saluran berdiameter 4 inci tersebut.

Karena sudah terlanjur saya mengerjakan pekerjaan ini, dan mencari tukang juga mengalami kesulitan, terpaksa dengan kerelaan dan keiklasan pekerjaan ini saya handle sendiri dibantu oleh sang istri dan dua kenek saya sisulung dan adiknya, sedangkan sibungsu ogah mendekat karena ga nyaman dengan bau yang ada.

Pekerjaan ini dimulai dari hari minggu dan selesai hari selasa, pekerjaan dimulai dengan :
1. Pembobukan lantai
2. Pembersihan pipa yang tersumbat
3. Pembutan saluran baru khusus untuk Cuci Piring
4. Penggantian saluran Pipa pembuangan kamar mandi
5. Pembuatan bak kontrol
6. Pemasangan keramik lantai

Alahamdulillah, semua pekerjaan dapat dilakukan sendiri dengan mengeluarkan biaya lebih kurang Rp 250 rb, dengan alat yg terbatas yang pinjam sana-sini dengan tetangga, hari ini istriku dapa mencuci piring dengan senangnya dan aliran airpun mengalir dengan lancarnya...hilang rasa penat, letih dan kotornya wearpack/coverall serta bau yang tidak sedap yang melekat selama tiga hari, begitu juga dengan buah hatiku senang dapet tambahan uang jajan dari hasil kerjanya membantu orang tua.

Dari pengalaman ini ada beberapa hal berharga yang saya dapat, yakni :

1. Jangan pernah menggabungkan saluran buangan dapur/cuci piring dengan saluran buangan kamar mandi atau saluaran buangan cucian baju.

2. Buat saringan di buangan kamar mandi dan tempat cuci piring

3. Buat saluran bak kontrol yang bisa dibuka/tutup untuk perawatan pembersihan kotoran yang mengumpul.

4. Tinggikan pipa saluran pembuangan akhir ke saluran utama/got pada bak kontrol.





Tangerang, 24 Februari 2010



Wasalam,











5 komentar:

Agam Fatchurrochman mengatakan...

Wah etos DIY yang mantabs mas. Saya sendiri cenderung ogah mengerjakan kayak ginian, bayar orang beres.
Coba kalau kejadian itu di Eropa, memakai tukang ledeng, plumber, biayanya bisa bikin bunuh diri.
mas saja perlu waktu 3 hari. Okelah kalau plumber profesional bisa 2 hari. 1 hari 8 jam x 2: 16 jam.
UMR profesional plumber di Inggris bisa 8 pound per jam. Jadi 128 pound atau sekitar Rp 2,3 juta, belum termasuk bahan.

PanjanK WildRose mengatakan...

Artikel bagus bro..
untuk yang belom punya kesempatan "membedah" saluran buangan air rumah, coba biasakan sehari 2 kali untuk menyiram air panas/mendidih dari washbaak. Berguna untuk melunturkan lemak yang "mulai" tertimbun di sepanjang saluran.

Papanya Inez GP mengatakan...

pertamanya sih curious aja, tapi mencari tukang susah ketemu ya..apa boleh buat sekalian aja kerjain sendiri...!!
yang lucu pas menggunakan pasir 1/4 pick up, pas pula ngak berlebih2an....!!

Papanya Inez GP mengatakan...

Thanks bro untuk tambahan infonya....!!

saiful mengatakan...

Saya baru tinggal 7 bulan di rumah baru, tapi sy sudah bongkar saluran air cuci piring 2 kali. Penyakitnya sama: lemak! Sy grojok pake air panas, ttp gak mempan. Eh, pipanya malah meleleh...