Minggu, 28 Februari 2010

Cara Mereset ECU dengan Teraphi 125

لسلام عليكم و رحمة الله و بركاته

Bermula dari Sharing teman Pengguna santi bro Imsus beberapa bulan yang lalu di SerayaMotor, dimana :
--Ouote-- “ Sampai di rute tanjakan jalur alternatif Sragen-Salatiga, tiba2 si santi ngempos habis... penyakit power-lag di rpm rendah mendadak kambuh. Terpaksa stopdulu dan kasih terapi reset ECU sesuai anjuran pak penyuturbo dulu...habis itu maknyuss lagi” --Quote--
Berdasarkan hal tersebut saya bertanya, Bagaimana caranya mereset ECU..??...Sepengetahuan saya mereset itu dengan jalan menekan Push bottom switch atau merestart power pada kondisi semula, selanjutnya bro Imsus memberikan link ke topic lain di SerayaMotor.
Dimana beberapa rekan mengalami masalah saat speeding karena speedometer telah melewati red line dan speed limiter bekerja, sehingga kendaraan menjadi ngepos ngak punya tenaga sama sekali. Untuk mengatasi hal itu maka Bro PenyuTurbo menyarankan untuk mereset ECU dengan teraphi 125, dimana caranya adalah sbb :
Teraphi 125 detik :

1. Masukkan kunci kontak dan ON-kan (jangan Start)
2. Injak Pedal gas ampe mentok ... Hitung sampai 5 detik
3. Setelah hitungan 5 detik diatas ... kunci Kontak di OFF-kan
4. Setelah kunci kontak OFF ... Lepas kaki dari pedal gas
5. Tunggu 2 menit (120 detik) - Total 125 detik dengan yang 5 detik diatas.
6. Start Mobil ... dan langsung ngacir
7. Rasakan dan perhatikan Throttle Response !!!!!!!!!!!!
Nah, untuk itu saya print out step 1 - 7 diatas dan saya tempel di bagasi dalam kabin, untuk jaga2 bila suatu saat kejadian dengan santiku, udah siap deh dengan teraphi 125 ini.
Btw, perlu dikatahui juga bahwa teraphi 125 ini bersifat general untuk semua brand/ merek kendaraan asal kendaraan tersebut sudah dilengkapi dengan ECU dan terkoneksi dengan OBD II ( On Board Diagnostic Second Generation ) atau kendaraan keluaran tahun 2000 ke atas.
Semoga tulisan ini bermanfaat bagi pengguna Otomotif dan terimakasi pada Bro PenyuTurbo khususnya dan Bro Imsus yang sudah berbagi ilmu dalam hal Reset ECU.


Tangerang, 28 Februari 2010


Wasalam,


Sumber Tulisan :
  1. SerayaMotor
  2. Gambar ECU www.en.wikipedia.org

6 komentar:

Chendra Widyoputra mengatakan...

hm.. kok bs begitu ya om?

Papanya Inez GP mengatakan...

ane juga bingung gimana ceritanya, tapi 10 hari yg lalu ane pernah coba...si-santi kok ga enak bener bawanya...terus ane lepas ke empat busi untuk diperiksa dan dibersihin, kondisi busi masih bagus kuning keabu-abuan...tapi setelah dipasang masih juga ga enak...akhirnya ane coba tuh teraphi dari bro PenyuTurbo...entah knapa, sisanti jadi enak lagi tuh dibawanya....!!????
padahal kalo masih ga enak juga ane mo tune up di beres....!!

Benyamin Faizurahman Fahmie mengatakan...

Chen... Masalahnya Vitara EPI belum OBD II...

Chendra Widyoputra mengatakan...

oh iya, lupa, huahuahuahuahua....

Sonny Sakarsono mengatakan...

betul skali neh ane pernah coba juga dolo terapi 125 ini, tapi sebab skarang santiku enak yaaa gak pernah lagi, tapi mo kucoba lagi resep mbah penyuturbo dan imsus....

Papanya Inez GP mengatakan...

Kang Inoz..dari dulu ana mo coba...tapi selalu ragu karena latar belakang dan alasannya kurang kuat....jadi ane nunggu testimoni sebanyak2nya...tapi buat jaga2 sop itu ane print out dan disimpen di bagasi.....nah 2 hari setelah ane libur 2 minggu lalu...terpaksa ane coba, ternyata hasilnya maknyusss....sekarang yakin and percaya deh teraphi 125nya mbah PenyuTurbo.