Kamis, 03 Januari 2008

Perbaikan Kerusakan TV Sharp

Rating:★★★★
Category:Other
لسلام عليكم و رحمة الله و بركاته


PhotobucketPernahkah peralatan yang anda miliki mengalami kerusakan, baik itu TV, Lemari Es, radio atau peralatan lainnya yang biasanya menemani anda atau keluarga…??
Pas tanggal 28 Desember kemaren, ada banyak hal yang kurang menyenangkan yang saya alami dimulai dari tunggangan yang ada masalah pada powersteering, penyejuk ruangan yang icing pada tubing condenser dan yang terakhir TV masalah, dimana tidak bisa menampilkan gambar saat power dihidupkan dan indicator power berkedip antara hijau dan merah.

Untuk kuda tunggangan udah deh pasti saya nyerah dan saya serahkan kebengkel, untuk penyejuk ruangan juga demikian saya serahkan juga ke service AC dan Alhamdullillah semuanya solved.
Tapi untuk TV sepertinya saya bisa menangani, karena dulu pernah kutak-katik atau troubleshooting peralatan ini tetapi itu ketika kuliah atau tahun-tahun pertama ketika pertama kerja ( era sebelum tahun 1992 ), makanya untuk yang satu ini saya tanganin dan perbaiki sendiri dan Istri juga support agar ditanganin sendiri dulu dari padabeli baru. Saat bongkar tuh TV …. ya dikerumuni 3 orang anak yang semuanya mbantuin dan pada kepengen tahu….padahal anda khan tahu daerah CRT adalah sangat berbahaya karena disana tegangan tinggi atau high voltage.
Jadi ya kurang konsentrasi dan terarah jadinya .... ditambah lagi mamanya selalu mengusik agar anak2 menjauh takut kesetrum katanya. 2-3 hari tuh TV saya kutak-katik eh ngak ada perubahan juga padahal saya yakin masalah ada pada power supply system.



Akhirnya karena sudah capek dan mumet mikirin spare part kuda tunggangan, ditambah lagi TV yang ngak mau bener-bener saya datangin aja service Sharp di jalan Sitanala disamping rumah sakit Kusta Tangerang. Pas datang kesana ternyata service TV tersebut sudah tutup sejak beberapa tahun yang lalu, tapi oleh pemiliknya diberi no telpon referensi Sharp Call Center di nomer 021-460 1705 dan ketika saya hubungi nomornya sudah diganti ke telepon bebas pulsa 0800 122 5588, dari Cotumer Service diberi tahu bahwa cabang di Sitanala sudah ditutup dan disarankan untuk menghubungi agen service yang ditunjuk yakni ” Berkat Service ” di Perumahan Villa Taman Bandara Block B1 No 10, Dadap Tangerang dengan No Telepon 021-7028 3268.
Photobucket
Tanggal 2 Januari saya hubungi ” Berkat Service ”, dia bersedia untuk mengirim Teknisinya pada tanggal 3 Januari jam 11:00, Ok saya pikir ngak ada masalah karena ketika saya telepon sudah jam 14:30 sore.
Tanggal 3 Januari jam 13:50, Teknisi yang Masih Muda datang sambil membawa peralatan service dan beberapa Komponen Elektronik, mungkin sudah disiapkan karena waktu saya telepon ke Berkat Service saya jelaskan kerusakan TV saya secara detail sepengetahuan saya.
Saya tanya kenapa terlambat, dia jelaskan bahwa di datang ke tempat lain yang lokasinya tidak jauh dari lokasi service dan ditambah lagi hujan yang mengguyur kota Tangerang dari pagi, meskipun tidak begitu deras tapi merata.

Jam 15:35 TV sudah nyala dan tampil suara dan gambar lebih bagus dari sebelumnya, Alhamdullillah dalam hati selesai juga nich....!!
Saya tanya apa masahnya..? Mas Teknisi menjawab ada beberapa Komponen yang mengalami kerusakan yakni Elco, Dioda Zener dan Resisitor pada Power Regulator... Oh gitu ya....ucap saya dalam hati.

Ya sudah selanjutnya saya tanya pengalaman kerja Mas Teknisi ( Mas Budiarto ) yang memperbaiki TV saya, Mas Budi menjawab; saya lulusan STM Negeri 1 Kebumen jurusan Elektronika dan mulai service sejak tahun 1997 yang lalu dan saya sekarang sudah berkeluarga dengan satu anak yang masih berumur 3 Tahun dan selanjutnya dia ceritakan suka dan dukanya sebagai Teknisi Perbaikan/ reparasi Televisi.

Photobucket

Kalau saya lihat dari cara kerjanya memperbaiki TV, kelihatannya dia Teknisi yang Trampil, buktinya memperbaiki TV hanya 45 menit saja itupun termasuk bongkar dan pasang, ngak seperti saya ya....2 hari belum selesai juga.....mungkin peralatannya kurang lengkap kali ya .... atau tau ah gelep.....hehehehehe....!!!

Mas Budi bilang kalau ada Pruduct terbaru dari Sharp biasanya Teknisi Service di Training 2 – 3 hari, sehingga Teknisi mengerti schematic Diagram dan Teori dasar dari Product terbaru tersebut, selain dari itu dia juga menjelaskan bahwa komponen elektronik itu mempunyai life time khususnya eketrolit kapasitor, saya bilang bahwa TV saya ini saya beli tahun 2000 yang lalu ketika istri saya sedang hamil anak yang ketiga ( 7 tahun lebih ).

Alhamdulillah, Permasalahan satu persatu bisa diatasi meskipun dengan biaya....tapi masih untung biayanya ngak terlalu besar, dari service TV ini biaya service Plus penggantian komponen elektronika tak lebih dari Rp 175.000,-. Relatif murah khan bila dibandingkan dengan membeli TV baru....??

Tahun telah berganti,....tahun ini melewati akhir tahun dengan berkumpul bersama keluarga sambil membakar sate dan jagung tanpa ditemanin tontonan acara Televisi....ngak apalah....biasanyanya juga gitu kok......berkumpul dirumah bersama keluarga......!!!

Selamat Tahun Baru 2008, Mudah-mudahan kesuksesan dan Kebahagiaan selalu menyertai Kita dan Keluaraga Semua, Amin....!!

Kalau anda mempunyai TV merek Sharp dan kebetulan ada kerusakan dan kebetulan pula anda berdomisili di Wilayah Tangerang dan Sekitarnya anda dapat Mengubungi :

Photobucket
” Berkat Service ” ( Agen Service Sharp )
Alamat : Perumahan Villa Taman Bandara, Block B1/ 10, Dadap, Tangerang.
Tel. : 021-7028 3260.

Kalau anda berdomisili di luar kota Tangerang, anda bisa menghubungi :
” Sharp Call Center ”
Telp. : 0800 122 5588 ( Bebas Pulsa )
Melaui Costumer Service anda bisa tanyakan Agen service terdekat di Kota anda.

Mudah-mudahan Tulisan ini berguna dan bermanfaat ..... !!

Thanks Mas Budiarto, Thanks Sharp Call Center…..dan Thanks juga atas Layanan dan Servicenya.


Tangerang, 3 Januari 2008.

13 komentar:

HanunG RebeL mengatakan...

saya kebalikannya pak..klo elektronik saya angkat tangan..ga ngerti blas :-D
klo motor biar sampe belah mesin ya ayuuwks..:-D

Lusy Mardiani mengatakan...

TV ortu saya di antapani lagi rusak kayaknya heheheh merks nya samsung jadul bangt yg dulu lagi booming TV gede bazoka gitu..ukuran 29 inch..kalo saya sih mendingan ganti baru aja barang elektronik yg udah lebih dari 5 thn..hehehe..Oh iya saya pernah punya pengalaman buruk mengenai TV..saya beli TV baru merk Sanken..COURT Jimbaran Bali eh blom 1bulan warnanya udah rusak..katanya ada medan magnet di sekitar TV..padahal gak punya speaker atau barang2 yg mengandung magnet..akhirnya di perbaiki pake garansi...tapi gak nyampe 2 minggu begitu lagi...bikin sebel..akhirnya pas kita mo pindahan saya jual aja TV nya hehehhe aman deh pikiran kita..kapok ah beli TV merk baru begitu walaupun dulu yg jadi bintang iklannya Desy ratnasari..gak menjamin..!!

Sabtuminggu Indonesia mengatakan...

wah tv sharp saya tuner nya ngaco tuh.. gak bisa disetel, jadi sekarang cuma 2 channel.. bisa dibenerin gak ya.. hehe.

Papanya Inez GP mengatakan...

Ga apa2 Mas Hanung, kemampuan itu berkembang karena intrest kita terhadap suatu hal.....*katanya sih*
Wah bisa sharing juga dunk kalo ada perbaikan motor....!!
setiap pengalaman yang kita alami kalau kita sharing akan mungkin berguna buat yang lain....Insya Allah....!!

Papanya Inez GP mengatakan...

Niatnya sih tadinya mo ganti baru.....tapi Istri dirumah menyarankan agar diperbaiki dulu....pan papa bisa ....katanya....!!!
saya coba perbaiki memang ada bagian kecil saja yang rusak....dan saya yakin bisa diperbaiki.....
Ya udah, ternyata memang bisa diperbaiki oleh service resmi sharp tentunya......ada garansi 3 bln lagi setelah service....jadi kalo kenapa2 lagi ya udh panggil lagi......tapi mudah2an ngak lah....*Teknisinya canggih kok*

Semua TV bagus kok Mbak Lussy....masalahnya mungkin ada yang cacat produksi aja.....!!
Kalo saya Mah ... KALO BISA NICH yg product lokal....pruduct yg sdh hengkang dari Indonesia mah Ogah....biar bagus juga......!!
ga ada value addednya buat kita sebagai bangsa.......

Papanya Inez GP mengatakan...

Tapi chanal *4mata* dan kick andy masih bisa khan Om Ar.... ?? Hehehehe.....!!
Coba aja Om ke Costumer Call Center Sharp di 0800 122 5588, ntar tanya lokasi service terdekat......saya yakin bisa diperbaiki kok....!!!

Sabtuminggu Indonesia mengatakan...

thanks om Zul. say coba deh, ini tipi belinya th 90.. tp masih kuat aja.. jadi mending dibenerin aja.hehe

Papanya Inez GP mengatakan...

Siplah......dari jaman Kibenen....kita mah Sharp terussss.......!!!

randy ramon mengatakan...

om saya pendatang baru nech,mo tanya tentang tv sharp kepunyaan saya,dengan gejala:jika di hidupkan lampu led indikator warna marah berubah jadi hijau,selang beberapa detik trus mati.tolong solusinya dunk om....please.by randy

Papanya Inez GP mengatakan...

Kemungkinan ada masalah dengan internal remote receiver atau sistem control modul tvnya...coba aja hubungin alamat diatas kalo andi berdomisili di tangerang, kalau tidak coba hubungi call centernya....nati disana dirujuk ke loksi service terdekat.

afria zuantika mengatakan...

mas, tv saya bermasalah d rumah, gejala nya :stanby .klo d hidup kan,lampu indikator nya merah ,trus hijau sbntar.kmudian merah lagi..
gmna solusi nya

abdul malik mengatakan...

permisi pak mau nanya nich, vt sharp ane type 1705 gambar normal tapi suara tidak ada hanya bunyi seeet.mohon solusinya dong pak. trim's ( nabila21250@yahoo.com)

Papanya Inez GP mengatakan...

kemungkinan bisa disebabkan solderan atau socket ke speaker terlepas....sehingga suara tak ditampiklan di speaker....