Kamis, 17 Juli 2008

DIM – Masalah pada Crankshaft Position Sensor

لسلام عليكم و رحمة الله و بركاته

Bermula dari kegiatan iseng untuk mengisi waktu, ya mendingan ngerapihin kabel kendaraan dimana Flexible cablenya pada getes sehingga perlu direisolate dengan isolasi karet ( rubber tape ), biar kelihatan rapih lah sedikit, maklum tunggangan sudah rada lawas tahun 2002 jadi tahu sendirilah gimana kondisinya.
Selesai beres-beres dan lumayan rapih tuh flexible….pas tunggangan distart kok ngak bisa2 ya….kondisi aktual saat start :
1. Battery Indikator nyala bagus saat kunci diposisi ON
2. Saat distart juga kondisi battery masih nyala dan suara start juga normal tapi mesin kondisi masih tidak hidup….??
3. Check semua connector cable yang dirapihin kemungkinan kedudukan ngak pas dan mobil distart lagi tapi masih gagal juga.
4. Check semua Fuse di box fuse….kondisi ngak ada yang putus dan semua bagus
5. Check system pengapian ( Ignition system ) dengan melepas salah satu busi….dan setelah distart ternyata tidak terjadi percikan api ( Spark ) pada ujung busi.
6. Check Fuel Pump….dengan jalan mem by pass atau men overrate cable dari accu ke connector yang sudah disiapkan …. Ternyata ngak ada juga aliran bensin yang mengalir…..duh bingung deh….apa ya…..?????? 
                                               oo - CKP Sensor Hyundai Santa-Fe P/N : 39310 38070 - oo
Dalam hal ini ada beberapa kecurigaan didalam pikiran saya :
1. Ada deteksi sensor yang malfunction sehingga tidak dapat mendeteksi putaran dynamo stater ke mesin sehingga seolah mesin tidak berputar.
2. Kalau mesin yang digerakkan oleh dynamo stater tidak dideteksi oleh sensor ini maka selanjutnya Electronic Control Unit ( ECU ) tidak memberikan signal ke actuator yang berupa : Spark Ignition dan Fuel Pump untuk bekerja sehingga kedua peralatan tersebut tidak berfungsi sebagaimana mestinya.
3. Kecurigaan disensor-sensor ini adalah :

  1. CMP : Camshaft Position Sensor
  2. MAP : Manifold Absolute Pressure
  3. CKP : Crankshaft Position Sensor
Karena sudah membatasi permasalahan maka tak ada cara lain selain konsultasi sama rekan-rekan yang ada dimilis : hyundai_mobilku@yahoogroups.com dan surping di internet mengenai ketiga sensor tersebut diatas, hasilnya positif  : berdasarkan jawaban yang diperoleh dari milist dalam hal ini Om Hani ….Pujangga sekaliguh pengelola Panti “ Premium Autocare “ dan juga Om Rommy yang memberikan schematic Diagram Electrical system dan Trouble Shooting dan pengertian serta fungsi dari ketiga sensor diatas dari Om Google, maka step berikutnya adalah :
1. Melepas joint connector dan membersihkan pin socket sensor CMP, MAP dan CKP.
2. Memeriksa secara Visual kondisi ketiga sensor tersebut….untuk CMP dan MAP secara visual masih bagus…sedangkan CKP adanya didalam bagian bawah mesin dan untuk memeriksanya harus melepas V-belt AC, V-belt Power Steering dan Timing Belt mesin itu sendiri sehingga mau ngak mau suka atau tidak suka harus memanggil Montir yang berpengalaman untuk mobil Hyundai, artinya untuk yang satu ini saya nyerah deh……hehehehehe.
3. Setelah dilakukan pembersihan pada pin socket dan check visual….tunggangan distart lagi ya ternaya masih gagal juga….ampun deh….!!!
Akhirnya dengan kemampuan yang terbatas coba hubungi salah seorang montir Hyundai yang biasa dipanggil oleh rekan-rekan Milis yakni Mas Sodik…pas dihubungi ternyata Mas sodik hari Rabu libur kerja….tapi kalo diperlukan dia akan datang setelah magrib…atau dia juga menyarankan untuk memanggil Hyundai emergency 24 jam.
Tapi karena saya sudah sedikit mengetahui masalah yang ada dan lagian ini tunggangan ngak urgent untuk digunakan maka saya memutuskan untuk menunda perbaikan hingga hari rabu saja dan saya minta untuk Mas Sodik yang menanganinya dan beliau menyetujuinya.
Hari rabu jam 10:05 Mas Sodik Montir Hyundai datang dengan membawa peralatan yang diperlukan melakukan pengecheckan dan dia langsung tahu bahwa permasalahan memang kemungkinan di CKP sensor…..ya udah ban sebelah kanan dilepas …jam 12:10 masalah diketemukan dimana secara visual sensor CKP sudah rusak dan bagian kabel yang menuju sensor sudah getas…..dia menyarankan untuk mengganti sensor CKP.
Setelah mengetahui permasalahan, segera luncur ke AAP serpoong untuk membeli sensor CKP dan harganya Rp 662 rb, duh sensor sekecil gini harganya minta ampun saya pikir….saya hubungi supplier spare part Hyundai SKI dengan Denny harganya 450 rb tapi nganternya sore setelah pulang kerja…..karena kalau sore akan kesulitan untuk menyelesaikan kerjaan ini maka saya putuskan untuk membeli yang 662 rb tadi.
Jam 16:08 pekerjaan pemasangan sudah selesai dan ketika mobil distart….langsung tokcerrrr….aduh selesai juga nich masalah….Alahmdulillah saya berucap dalam hati….!!
Meskipun sebelumnya rada gondok juga karena ketika diperlukan alat yang berupa tester, peralatan tersebut rusak karena dipake anak-anak...satu lagi ada yang cemburu karena saya dapet mainan dan kerjaan baru ....... duh istriku...!!!! paaaa makan.....paaaa minum.....paaaa istirahat.....!!! duh ampun deh kalo kerja dirumah.....!!!
Tapi sungguh menarik pekerjaan ini....kegondokan dan kadang rasa prustasi...membuat kita semakin tertantang untuk menyelesaikannya....memang tak ada masalah yang tak bisa diselesaikan....tak ada pekerjaan yang tak bisa dituntaskan....yang penting kita mau....dan siap bekerja keres serta berkorban tentunya......hehehehehe......!!! ( uang, tenaga, pikiran...dan diomelin istri....mobil bagus2 dikutak-katik jadi rusak....!!! )...hahahahaha....!!!
Nah kalau ada rekan-rekan pengguna Hyundai yang kebetulan berdomisili di tangerang yang mempunyai masalah akan kendaraannya, serta ingin harga yang Murmer karena ngak perlu ke Beres, Mas Sodik bisa dipanggil sebagai pilihan nomor hp-nya 021 9209 0112 dan untuk Spare part bisa menghubungi Surya Kencana Indah ( SKI ) dengan Denny nomor hp-nya 0813 1451 6738 dan jangan lupa saat memanggil atau menghubungi kedua orang tersebut  ada password yang harus disebut yakni “ tahu dari Om Kalvin “ …..seru khan….????
Demikianlah Oretan atau tulisan ini, mudah-mudahan ada manfaatnya, lebih dan kurang saya mohon maaf.


Wasalam,

Tangerang, 17 Juli 2008

NOTE : Manifold Absolute Pressure Sensor (MAP) Sensor :  Monitors the changes in the intake manifold or vacuum pressure during various engine operating loads and sends a corresponding signal to the ECU.
Crankshaft position sensor ( CKP ) and Camshaft position sensor ( CMP ) are used to detect engine speed/ engine rotation position. They allow the ECU to change the injector opening, spark timing in various engine conditions.
Mass Air Flow ( MAF ) : A sensor measures the flow and temperature of the incoming air into the engine and sends this information to the computer.

9 komentar:

PanjanK WildRose mengatakan...

waw... dulu saya ngoprek Hyundai hampir tiap hari nih... jadi inget jaman hyundai oom
Salam juga buat oom Hanny yah..

Papanya Inez GP mengatakan...

Wah Si-om jam segini belom tidur.....pagi dan siang ngoprek....apa ngak kecapean Om...???
Kapan2 kita ketemuan ya Om....pengen bener beranjang sana ke pondok cabe....!!!

kiting kiting mengatakan...

lg puyeng ama santa fe om, ktnya bermasalah dng sensor ckp trus browsing eh ketemu info disini
thanks Om!

Abimanyu Panca Kusuma Wachjoewidajat mengatakan...

kapan yah ngebahas corona 84? hihihihi

Papanya Inez GP mengatakan...

Mudah-mudahan, santinya udh sehat Om Kiting....!

Papanya Inez GP mengatakan...

Seumur2 belum pernah punya tunggangan T*Y*A .....jadi secara pengetahuan rabun deh dengan brandnya Abah punya....hehehehe.

kombes com mengatakan...

Jejaring pertemanan indonesia, The Indonesian Social Network, FacebookNya Indonesia. Gabung yuk di http://www.kombes.com

Submit tulisan anda di Kombes.Com Bookmarking, Agar member kami vote tulisan anda. Silakan submit/publish disini : http://bookmarking.kombes.com Semoga bisa lebih mempopulerkan blog/tulisan anda!

Kami akan sangat berterima kasih jika teman blogger memberikan sedikit review/tulisan tentang http://www.kombes.com pada blog ini.

Salam hormat
http://kombes.Com

Arfiadi Meidiansyah mengatakan...

di deket timing belt santi ada belt kecil spt timing belt jg, apaan namanya ya om...trs fungsinya utk apa?

Papanya Inez GP mengatakan...

yang kecil itu namanya belt balance bro....fugsinya sebagai penggerak balance shaft, supaya getaran mesin lebih stabil....sedang yang gede itu timing belt utama, fungsinya sebagai mekanisme penggerak valve dan oil pump