لسلام عليكم و رحمة الله و بركاته
Bermula dari kegiatan iseng untuk mengisi waktu, ya mendingan ngerapihin kabel kendaraan dimana Flexible cablenya pada getes sehingga perlu direisolate dengan isolasi karet ( rubber tape ), biar kelihatan rapih lah sedikit, maklum tunggangan sudah rada lawas tahun 2002 jadi tahu sendirilah gimana kondisinya.
1. Battery Indikator nyala bagus saat kunci diposisi ON
2. Saat distart juga kondisi battery masih nyala dan suara start juga normal tapi mesin kondisi masih tidak hidup….??
3. Check semua connector cable yang dirapihin kemungkinan kedudukan ngak pas dan mobil distart lagi tapi masih gagal juga.
4. Check semua Fuse di box fuse….kondisi ngak ada yang putus dan semua bagus
5. Check system pengapian ( Ignition system ) dengan melepas salah satu busi….dan setelah distart ternyata tidak terjadi percikan api ( Spark ) pada ujung busi.
6. Check Fuel Pump….dengan jalan mem by pass atau men overrate cable dari accu ke connector yang sudah disiapkan …. Ternyata ngak ada juga aliran bensin yang mengalir…..duh bingung deh….apa ya…..??????
oo - CKP Sensor Hyundai Santa-Fe P/N : 39310 38070 - oo
Dalam hal ini ada beberapa kecurigaan didalam pikiran saya :
2. Kalau mesin yang digerakkan oleh dynamo stater tidak dideteksi oleh sensor ini maka selanjutnya Electronic Control Unit ( ECU ) tidak memberikan signal ke actuator yang berupa : Spark Ignition dan Fuel Pump untuk bekerja sehingga kedua peralatan tersebut tidak berfungsi sebagaimana mestinya.
3. Kecurigaan disensor-sensor ini adalah :- CMP : Camshaft Position Sensor
- MAP : Manifold Absolute Pressure
- CKP : Crankshaft Position Sensor
1. Melepas joint connector dan membersihkan pin socket sensor CMP, MAP dan CKP.
2. Memeriksa secara Visual kondisi ketiga sensor tersebut….untuk CMP dan MAP secara visual masih bagus…sedangkan CKP adanya didalam bagian bawah mesin dan untuk memeriksanya harus melepas V-belt AC, V-belt Power Steering dan Timing Belt mesin itu sendiri sehingga mau ngak mau suka atau tidak suka harus memanggil Montir yang berpengalaman untuk mobil Hyundai, artinya untuk yang satu ini saya nyerah deh……hehehehehe.
3. Setelah dilakukan pembersihan pada pin socket dan check visual….tunggangan distart lagi ya ternaya masih gagal juga….ampun deh….!!!
Tapi karena saya sudah sedikit mengetahui masalah yang ada dan lagian ini tunggangan ngak urgent untuk digunakan maka saya memutuskan untuk menunda perbaikan hingga hari rabu saja dan saya minta untuk Mas Sodik yang menanganinya dan beliau menyetujuinya.
Meskipun sebelumnya rada gondok juga karena ketika diperlukan alat yang berupa tester, peralatan tersebut rusak karena dipake anak-anak...satu lagi ada yang cemburu karena saya dapet mainan dan kerjaan baru ....... duh istriku...!!!! paaaa makan.....paaaa minum.....paaaa istirahat.....!!! duh ampun deh kalo kerja dirumah.....!!!
Tapi sungguh menarik pekerjaan ini....kegondokan dan kadang rasa prustasi...membuat kita semakin tertantang untuk menyelesaikannya....memang tak ada masalah yang tak bisa diselesaikan....tak ada pekerjaan yang tak bisa dituntaskan....yang penting kita mau....dan siap bekerja keres serta berkorban tentunya......hehehehehe......!!! ( uang, tenaga, pikiran...dan diomelin istri....mobil bagus2 dikutak-katik jadi rusak....!!! )...hahahahaha....!!!
Nah kalau ada rekan-rekan pengguna Hyundai yang kebetulan berdomisili di tangerang yang mempunyai masalah akan kendaraannya, serta ingin harga yang Murmer karena ngak perlu ke Beres, Mas Sodik bisa dipanggil sebagai pilihan nomor hp-nya 021 9209 0112 dan untuk Spare part bisa menghubungi Surya Kencana Indah ( SKI ) dengan Denny nomor hp-nya 0813 1451 6738 dan jangan lupa saat memanggil atau menghubungi kedua orang tersebut ada password yang harus disebut yakni “ tahu dari Om Kalvin “ …..seru khan….????
Demikianlah Oretan atau tulisan ini, mudah-mudahan ada manfaatnya, lebih dan kurang saya mohon maaf.
Wasalam,
Tangerang, 17 Juli 2008
Crankshaft position sensor ( CKP ) and Camshaft position sensor ( CMP ) are used to detect engine speed/ engine rotation position. They allow the ECU to change the injector opening, spark timing in various engine conditions.
Mass Air Flow ( MAF ) : A sensor measures the flow and temperature of the incoming air into the engine and sends this information to the computer.
9 komentar:
waw... dulu saya ngoprek Hyundai hampir tiap hari nih... jadi inget jaman hyundai oom
Salam juga buat oom Hanny yah..
Wah Si-om jam segini belom tidur.....pagi dan siang ngoprek....apa ngak kecapean Om...???
Kapan2 kita ketemuan ya Om....pengen bener beranjang sana ke pondok cabe....!!!
lg puyeng ama santa fe om, ktnya bermasalah dng sensor ckp trus browsing eh ketemu info disini
thanks Om!
kapan yah ngebahas corona 84? hihihihi
Mudah-mudahan, santinya udh sehat Om Kiting....!
Seumur2 belum pernah punya tunggangan T*Y*A .....jadi secara pengetahuan rabun deh dengan brandnya Abah punya....hehehehe.
Jejaring pertemanan indonesia, The Indonesian Social Network, FacebookNya Indonesia. Gabung yuk di http://www.kombes.com
Submit tulisan anda di Kombes.Com Bookmarking, Agar member kami vote tulisan anda. Silakan submit/publish disini : http://bookmarking.kombes.com Semoga bisa lebih mempopulerkan blog/tulisan anda!
Kami akan sangat berterima kasih jika teman blogger memberikan sedikit review/tulisan tentang http://www.kombes.com pada blog ini.
Salam hormat
http://kombes.Com
di deket timing belt santi ada belt kecil spt timing belt jg, apaan namanya ya om...trs fungsinya utk apa?
yang kecil itu namanya belt balance bro....fugsinya sebagai penggerak balance shaft, supaya getaran mesin lebih stabil....sedang yang gede itu timing belt utama, fungsinya sebagai mekanisme penggerak valve dan oil pump
Posting Komentar