لسلام عليكم و رحمة الله و بركاته
Pernahkah kendaraan tunggangan anda mengalami kerusakan yg beruntun yang membuat anda bertanya........??? Kejadian ini saya alami dimana tunggangan operasional si-Sogi mengalami pecah ban secara beruntun untuk jangka waktu kurang lebih tiga bulan ini; kejadian pertama pertengahan bulan september, kemudian saat hari raya Idul Fitri 1 Oktober dan yang terakhir tanggal 30 oktober kemaren … pecahnya ban persis dibawah pinggiran baud Pentil ......semua kejadian disitu….????
Kejadian
pertama dialami oleh istri saya…jadi sempet dorong2 motor nich…. hingga
ditemukan tukang tampal ban, dan kejadian kedua pas saya mengantar adik saya
waktu hari raya pertama….tiba2 ban motor meletus…..dan syukur alhamdulilah saat
itu ada adik jadi dia yang mendorong itu motor hingga ditemukan tempat Tampal
Ban…dan untung aja lokasinya ngak terlalu jauh…..( ya masih untung aja )….nah
yang ketiga pas itu motor parkir dirumah…..tiba-tiba tossssss..sss aja….!!!....
Wah ini kok ga ada hujan dan nga ada angin motor
yang diparkir kok tiba-tiba meletus sih…..saya tengok kiri-kanan ngak ada apa2….bener-bener
nich ban-nya jelek atau masang bannya yang ga bener, atau motor nya yang karena
masih mengunakan velg jari-jari….??? Akhirnya karena ngak mau mendorong motor
ketempat tampal ban, saya beranikan diri untuk membeli ban dalemnya dan mencoba
untuk memasang ban sendiri….hitung-hitung belajar dan memperbaiki kemungkinan
terjadinya salah pasang atau lainnya.
Waktu melepas ban luar ternyata tak
semudah melepas ban sepeda.....berat juga…..butuh dua obeng Minus dan dua buah
Sendok .... Sehingga ban luar bisa terlepas.....dan disini ada hal yg menarik
yang saya perhatikan dimana baud pengunci pentil kendor dan posisi ketarik
kedalam .... saya pikir mungkin ini penyebabnya....kurang kencangnya baud
pentil dalam dan Pentil pengunci bagian luar, sehingga karena putaran roda yang
centripetal membuat pecah disisi baud tersebut…..!!!
Setelah dengan usaha yang berat dan alat seadanya
akhirnya tuh ban terpasang juga dan setelah dipompa dengan pompa
sepeda....ternyata hasilnya cukup memuaskan....dan pekerjaan tersebut selesai
ketikan azan magrib mulai berkumandang.
Hal yang kedua kejadian lagi
pagi-pagi Kemaren, dimana motor ngakbisa distart....lumayan juga ngengkol
beberapa kali hingga akhirnya......bisa juga nyala….indikasi yang ada
sebelumnya adalah lampu hijau posisi N ( normal ) tidak nyala sama sekali....lampu
Sein saya nyalaain juga tidak ada kedipan sama sekali…..ya sudah pasti
penyebabnya masalah Accu....saya periksa kondisi tegangannya drop dibawah 10
Volt….saya periksa air accu nya masih dititik tengah antara L – H jadi masih
bagus….saat kondisi si-sogi nyala….saya bawa muter2 aja biar accunya ngisi
lagi…..dan betul kondisi motor masih bisa digunakan....tapi pas tadi pagi
dipake kembali masalah seperti hari kemaren lagi.....!!!
Kesimpulan Accu soak dan
kudu/mesti diganti.....accu ini saya beli kira2 satu setengah tahun yang lalu
... mereknya Fedral accu basah....tadi pagi accu yang sudah brekele itu saya
ganti di Shop & Drive yang tidak terlalu jauh dari rumah....niatnya sih
ganti accu kering tapi karena stock accu kering tidak ada ya sudah ganti accu
basah aja....tipe sama GM5Z-3B 12V 5Ah...tapi tidak seperti accu
mobil, accu motor tidak ada tukar tambah ( trade in )…setelah diisi
air accu dan di Charger kira2 30 menit....accu dipasang dan distart tokcer
deh....!!!
Total Biaya perbaikan nich
si-Sogi :
- Ban Dalem merek Swallow = Rp 25 rb
- Accu Basah GM5Z-3B 12V 5Ah = Rp 130 rb
- Total = Rp 155 rb
Kesimpuan :
- Saat Penggantian Ban Dalam, Pastikan Mur Pengikat antara Baud dan Pentil sudah benar-benar kencang ==> Pengencangan dengan Kunci Pas 12 ( Lihat Gambar )
- Mur Pengikat antara ban dalam dgn Velg pada Bekas ban dalam jangan dibuang, dan dapat digunakan untuk double mur ==> tujuannya agar baud dan mur benar-benar terkunci ( Lihat Gambar ).
- Periksalah accu kendaraan anda minimal 1 bulan sekali, supaya air accu tidak tekor, dan beli lah accu ditoko langganan kepercayaan anda.....
Mudah-mudahan ini si-Sogi
ngak mogok-mogok lagi sehigga bisa digunakan untuk kendaraan operasional antar
jemput sekolah anak-anak dan buat kuliner/pacaran sama Istri............
Tangerang, 8 November 2008
15 komentar:
Betul Zul kemungkinan dari posisi pentil/klep yang tidak rata jadi terjadi gesekan yang mengakibatkan ban pecah
alhamdulillah kalo udah beres semua.. saya sempet geleng2 kepala tadi.. kok bisa2nya ampe kejadian beruntun gitu. dan tambah geleng2 kepala ngeliat mas Zul mampu ganti ban dalem sendiri.. ueeedaaan tenan.. karena saya dulu pernah mencoba melakukan itu waktu masih umur 25an, pake motor binter merzy. dan kapok.. hahahha... lha ini seumuran anda malah masih mampu... bener2 rrrruuaaarr biasa...
Coba ini kita lihat bisa bertahan berapa bulan ini ban dalem......tapi udah pesen juga sama istri...untuk memperhatikan kedau hal tersebut diatas......!!!
Supaya bisa bertahan lama......dan yang beratttttnya itu ndorong.......tapi tak apelah.....daripada ndorong vespa yg pecah ban belakang.......Hehehehe ( jd inget sma dulu deh )
Alhamdulillah....ban luarnya ketika dilepas keras buanget Bah....lumayan bercucuran keringet.......susah ya cari uang 5 rb perak aja.......!!!!
Binter mercy Yang dua kenalpot ya Bah,........wah jangan2 ntu motor masih tersimpan apik....?????
Wah kalau saya sering banget ngalami ban dalem rusak pas pentilnya seperti itu, beberapa kemungkinan penyebabnya :
1. Ban agak kempes dipaksa menerima beban yang terlalu berat.
2. Baut pengunci pentil dengan velg terlalu kenceng/rapat.
3. Kualitas ban dalam yang jelek (hati-hati jangan beli ban dalam disembarang tempat, banyak yang palsu)
Kebalikan bro... Sejak '94 beberapa kali punya MacanOmpong, alhamdulillah baru 2 kali masalah ban.
Yang terakhir ini malah gak pernah, padahal udah termasuk lama juga (thn 2005).
Mas Dwi item 1 & 3 sepakat......tapi untuk item 2 bisa ya/tidak......karena kenyataannya mur pengencang antara klep/ pentil dan velg kendor.....!!!
Jadi saat TTB ganti ban dalam perhatikan mur/baud antara ban dalam dan pentil/klep harus dikencangkan.....!! dan yg kedua double mur antara pentil dgn velg........!!!
Velgnya racing atau jari2 Bro....??? ane curiga sama jari2 ini...soalnya kalau jari2 kekencangannya ngak sama menyebabkan putaran ban ngak balance....impactnya tarikan ban dalem yg mengikuti putaran gaya centripetal ketarik juga dan ditambah baud/mur pengikat kendor....so joint antara klep dan ban sobek.....and dusssss...dah....!!
saya mah masalahnya adalah ban motor sering bqnget kempes pak..emang sih pernah sekali tertusuk lempengan tajam gitu dan diganti ban dalamnya...tapi sekarang ini sering banget bannya kempes...Lumayan bikin bete sih kalo bentar2 musti nambah angin...
Coba deh saat tambah angin periksa kebocoran dibagian atas klep...kalo ada bocor minta kencengin klepnya......tapi kalo ga....kemungkinan ada bocor halus di ban........trus kalo ada tutup klep dipasang aja.....!!!
Iya nih kalo pake ban dalem sering banget bermasalah, saya baru sekali dorong ZX130 gara2 ban depan bocor, untung aja jalannya turun...btw kalo pake ban tubeless bakal lebih awet gak ya?
Kalo aki, mendingan pake yg kering, males repot soale hehe...
Wah ban Depan.....sempat oleng ga Oum.....??
Bagus sih pake banTubeles...katanya awet....kalo ngak ada ranjau paku tentunya....!!
Tapi bannya keras..kebanyakan jalan dilingkungan kita sih berlubang/ngak rata ya....??? tapi kalo untuk Safety & tampilan sih fine2 aja....soalnya ban tubles ngak langsung bocor besar....!!!
Tadinya sih saya nyari accu kering tapi sedang ga ada stock.....emang bagus accu kering yg free maintenance....!!
Sempet oleng, pas di per4tan kentungan jl kaliurang, saya pikir jalannya emang jelek, saya bablas sampe KM14, pas berhenti saya baru mikir dan saya lihat ban ternyata udah gembos, herannya bannya gak rusak saya bawa jalan jauh,saya tambal biasa aja,sampai hari ini masih belum bocor lagi. Kejadiannya 2minggu lalu.
Kalo saya ban depan malah jarang sekali pecah.......kebanyakan ban belakang....!!
Bannya mereknya sama khan oum Iip...??
Kita lihat nanti sampai dimana ketahanan ban belakang ini setelah dilakukan sedikit Improvment......!!
Ternyata bertahan hanya 4 bulan 11 maret ban dalem ganti baru lageee....!!
Posting Komentar