Jumat, 05 November 2010

DIM - Bila AC Kendaraan Anda Tidak dingin dengan Tiba-tiba


Hari ini kebetulan dapet tugas nganter Bu menteri keuangan ke Agro Wisata Gunung Mas, Puncak, Bogor. Ada kegiatan Kemah sibungsu dan kebetulan Bu menteri ditugasi sekolah untuk jadi Panitia.

Berangkat dari Tangerang jam 08:30 dan sampai disana jam 10:40, setelah menurunkan muatan dari bagasi belakang yang penuh dengan muatan tas dan kebutuhan dapur untuk kemah anak-anak sekolah, si-santi saya istirahatkan biar adem.

Jam 12:05 Cuaca disekitar Puncak nampak mendung dan tak berapa lama kemudian turun hujan, karena ada keperluan di tangerang saya langsung balik ke tangerang dengan menelusuri jalan Argowisata Gunung Mas, tapi sudah 5 menit menyalakan AC kok kondisi didalam ruangan kabin ga dingin, malahan timbul embun disemua kaca mobil.

Wah masalah nich AC dalam hati, Switch selector posisi Blower saya naikkan tak ada hembusan dingin,…Selector Switch sirkulasi udara dipindah kedalam dan keluar juga ga ada perubahan,….kecurigaan semakin membesar ketika AC saya On dan Off kan…saat di On-kan kok idle speed ga bekerja serta magnetic Clutch compressor kok tidak bersuara…???

Wah pasti ini penyebabnya Compressor tidak berfungsi sebagaimana mestinya, karena berbagai hal pikir saya, yakni :

1. Compressor Brekele…karena sebelumnya suara compressor sudah terasa ngorokkk.

2. Terjadi kebocoran Freon di Evaporator karena udah lama ga di service.

3. Terjadi kebocoran Freon di joint2 pipa

Pokoknya masalah AC yang tiba-tiba tidak dingin ini disebabkan kalau tidak pada Compressornya, ya Freonnya yang kosong…sebab saat AC dinyalakan Idle Speed Control tidak bekerja dan suara Magnetic Clutch tidak terdengar, hal ini merupakan satu kesatuan sebab ketika AC dinyalakan saat itu Clutch Magnetik bekerja dan selanjutnya terjadi kenaikan Pressure/tekanan pada Discharge Compressor, karena tidak adanya tekanan pada discharge compressor maka Pressure switch memberikan signal ke ECU untuk memerintahkan kepada agar magnet clutch untuk tidak bekerja sebagai tindakan proteksi untuk melindungi compressor dari kerusakan...karena bisa kita bayangkan kalau seandannya compressore bekerja sedang freon + oli/pelumasan compressornya tidak ada, bisa beratakan tuh compressor kalau tidak ada Pressure Switch....!!

Hmm..tapi itu analisa hanya berupa pikiran aja, dan untuk memastikan seharusnya dipastikan dengan seksama dengan membuka kap mesin, tapi berhubung hujan semakin deras … ya apa boleh buat terpaksa tindakan sementara untuk membuka sedikit kaca jendela untuk menurangi pengembunan/pengkabutan kaca didalam kabin.

Dengan cuaca yg tidak bersahabat si-santi bisa juga melewati kesulitan itu, dan sesampainya di tangerang langsung si-santi saya bawa kebengkel AC langganan saya di sekitaran jalan raya Serpong.

Dan setelah diperiksa oleh Montir AC tekanan pada compressor ternyata benar, tekanannya NOL artinya Freon tidak ada alias KOSONG. Dengan seksama Si-montir mencari sumber kebocoran Freon dengan memasukkan tekanan dari luar dan dalam waktu yang tidak terlalu lama sumber kebocoran dapat diidentifikasi yakni di Seal depan Compressornya BOCORRR, dengan harap2 cemas saya tanya kalau sealnya yang rusak apakah kompressornya juga rusak, bisa ya bisa tidak simontir menjawab….???? Dengan argument yang saya pahami akhirnya saya putuskan untuk mengganti seal aja dan sekalian kompressornya diperikasa…tapi compressor si-santi kan original Hyundai jadi sealnya tidak tersedia ucap si-montir….dengan no kontak Hyundai yang selalu saya ingat saya hubungi SA Hyundai serpong dan menanyakan masalah seal tersebut dan kebetulan tersedia, setelah seal datang…langsung compressor dilepas dan disassembling …dan ternyata memeng benar sealnya sudah brekele…selanjutnya dilakukan penggantian seal luar dan bagian dalam.

Ketika compressor sudah terpasang dan dilakukan pressure test untuk memastikan tidak terjadi kebocoran lagi, selanjutnya dilakukan pemakuman dan pengisian Freon…dan ketika semuanya selesai…AC dinyalakan pressure suction / discharge compressor 20-30/ 200 psi…temprature di duct ventilasi AC 9 deg C…Alhamdulillah dalam hati…sudah was-was compressornya brekele…pan lumayan harga compressor ,.. bisa bikin kantong bolong deh kalau sampai ganti compressor.


Demikianlah Oretan ini, mudah-mudahan ada manfaatnya.



Tangerang, 20 Januari 2010

Total Biaya Perbaikan AC Rp 415K ;

Biaya Service AC Rp 300.000,- ( Jasa Overhaul Compressor Rp. 100K + Vacum, Freon, Oli Comp dan cleaning Filter cabin Rp 200K ).

Biaya Spare Part Rp 115K ( Seal AC Comp P/N : 97707-33300 Rp 100K + Seal Body Comp Rp 15K )

NOTE :

Pemeriksaan standard setelah Perbaikan AC kendaraan adalah tekanan pada compressor di Suction dan Discharge, serta pada putaran mesin 2000 rpm adalah : tekanan di suction 50 - 70 psi dan Discharge 225 - 250 psi, sedangkan temperature di ventilasi kabin sekitaran 9 -10 deg C.







Rabu, 03 November 2010

Mengikat Kasih, Membelah Jiwa


Inilah waktu dimana kita sepakat untuk mengikat,
Ikatan itu berupa janji, yang dilantunkan bak puisi,
Indah dgn ketulusan, dan getar dengan berjuta makna...

Ku menghamba seolah meminta, karena ku belum punya...
Kepunyaan ku cuma satu, sedikit cinta dan segunung tekad..
Tekad ku lebih kuat dari sakuku,
Cintaku lebih kuat dari rayuanku...

Namun iya yg kau ucapkan...
menggapai apa yg ku impikan..
Meminangmu sebagai pendampingku..

Pendampingku...rinduku kadang hilang, kadang pula mengebu..
Ketika hilang kuingat buah hati kita
Dan ketika menggebu kuingat masa2 sulit kita,

Jiwaku,.. 15 tahun tak cukup panjang untuk kita,
Buatlah itu menjadi dua atau tiga lipatnya...
Biarlah hati ini tetap menyatu, meskipun kadang terurai bak pasir dipantai...

Jiwaku,.. ketika jiwa ini terbelah,
ragaku pun mencari ia,..
Ia adalah lentera dikabut senja..
Yang mengiringiku dalam samar2..
Kadang kekiri, kekanan dan kedepan,...
Namun ketika dibelakang,..
Cahayamu kadang tak cukup kuat untuk menerangiku...

Ketika ku merunduk, kakiku tak cukup langkah untuk bergerak...

Jiwaku,.. jalan kadang terlalu terjal untuk kita lewati,..
Maka berdirilah disampiku seperti lentera itu adanya...!!!

Melewati waktu, ruang dan masa dalam kebersamaan...
Membimbing dan melepas titipan hingga waktunya...
Dan melepas raga, dalam kesucian...untukNya dan untuk semuanya....







Tangerang, 3 November 2011