Jumat, 31 Oktober 2008

Etika dalam Berkomunikasi Via Telephone/Handphone


لسلام عليكم و رحمة الله و بركاته


Etika dalam bertelephone sebetulnya suatu hal yang sangat sederhana, saat menelpon atau mengangkat telephon yang berbunyi cukup dengan : Asalamualaikum, selamat pagi, siang, sore atau malam dan seterusnya........tapi kalau kita tahu orang yang akan kita hubungi atau yang menghubungi kita itu muslim, maka kata " assalamualaikum " akan lebih pas.......(imho) .....karena kesanya bersahabat dan niatnya baik.......Insya Allah tentunya. 
Setelah ucapan selamat tersebut baru kita memperkenalkan diri kita dan keperluan kita untuk menghubunginya atau keperluan orang yang menelpon kita.....sangat sederhana khan........???

Pernah kah anda menghubungi/ dihubungi orang yang sejak awal bicaranya sudah ngak enak.....?? .... sehingga membuat kita terpancing atau cuma mengelus dada......nah ada cerita menarik yang saya kutip dari detikom, mengenai pengalaman menarik dari kapuspen kejagung M. Jasman Panjaitan ....... silahkan Klick ....... Saya bisa bayangkan tuh kondisinya Pak Jasman saat dia tahu siapa yag sedang berbicara dengannya......hehehehe.........

Lain dengan Pak Jasman lain pula yang dialami oleh Mantan Kajari Tilamuta, Gorontalo Ratmadi Saptondo ... Silahkan Klick...... posisi dan sekolahnya sih tinggi tapi ngak mempunyai etika dalam berkomunikasi via telephon/ handphone......karena kelalaiannya itulah akhirnya dia dinonaktifkan bahkan kemungkinan dipecat ..... dan bukan itu saja.....rentetan panjang kasus akan menjeratnya karena perbuatan fitnah atau perbuatan yang kurang menyenangkan........wah pasti panjang nich ceritanya......sebuah kisah yang membawa malapetaka karena etika dalam bertelephone.

Dua contoh diatas merupakan contoh sederhana.....yang membuat kita tersenyum lucu atau tersenyum getir....mungkin kita juga pernah mengalami hal yang sama....tapi mudah-mudahan yang lucu seperti pengalaman Pak Jasman........!!!! atau mungkin selama ini etika kita atau etika orang yang menelphone kita sudah bagus sehingga kita selalu berbicara dalam kontek kesopanan dan kesantunan budaya timur......semoga dan semoga tentunya.



Imeges source : klick



Tangerang, 31 October 2008



Wasalam,







Sabtu, 18 Oktober 2008

10 Penyebab Mobil Terbakar



Inilah malapetaka yang paling ditakuti pemilik mobil. Bayangkan, hanya dalam 10 menit, kendaraan sudah menjadi kerangka. Kejadiannya bisa kapan saja dan di mana saja dan selama semester I tahun ini, di Jakarta terjadi 10 kasus mobil terbakar.
Lantas dari mana api berasal? Hengky, workshop manager Simprug Mobil mengatakan, "Kebakaran dikarenakan dua faktor. Pertama, adanya pemantik dan kedua bersentuhan dengan bahan bakar." Selain itu, tambah Teddy Rev, bos Rev Engineering, korsleting pada kabel juga bisa memercik api dengan mudah.
Nah, di bawah ini ada 10 penyulut kebakaran pada kendaraan
1. Kabel terkelupas. Bisa jadi biang pemantik api. Kondisi mobil yang tidak stabil membuat kabel yang sudah getas saling bergesekan. Ciri khasnya, ada aroma bau sangit. Bila sudah tercium, segera pinggirkan kendaraan.
2. Kabel paralel bertumpuk pada aki. Biasanya kabel paralel pada aki suka tidak kencang pengikatannya (baut), sehingga korsleting kerap terjadi. Biar aman, soket kabel atau baut pada pada aki acap diperiksa.
3. Besar kabel tidak sesuai. Kabel sangat riskan jika tidak menggunakan tipe yang tepat. Karena setrum kabel mempunyai daya yang berbeda. Akibat salah mengaplikasi, kabel bisa memuai dan api dapat menjalar ke seluruh bagian mobil.
4. Selang bensin bocor. Terutama untuk mobil yang sudah punya umur. Selang bensin cuma bermaterial serat kain, jadi gampang getas atau robek.
5. Karburator. Untuk mobil yang masih menggunakan karburator, jangnan menggunakan air filternya yang terbuka. Hawa bensin terkadar tembus melewati celah-celah kecil dari boks air filter. Bahayanya, ada kabel yang lecet dan bergesekan trus terkena hawa bensin.
6. Pipa knalpot bocor. Terutama yang melewati di bawa tangki bensin. Karena terkena hawa panas, bensin ikutan mennguap. Secara nggak langsung bisa juga terbakar, walau membutuhkan waktu lama.
7. Oli bocor. Mobil yang telah mengalami upgrade mesin, penggunaan wraping (pembungkus antipanas) pada header memang wajib. Tapi teliti apakah ada cipratan oli dari blok mesin atau bagian lain yang dekat dengan header atau knalpot.
8.Mesin upgrade. Mobil yang mesin sudah dimodifikasi, pakai selang bensin berkualitas. Apalagi bahan bakarnya bensol, sebaiknya pakai selang yang breanded dengnan serat karbon atau baja.
9. O-Ring injektor. Karet atau selang o-ring injektor harus fleksibel. Jika sudah keras, cepat ganti untuk mencegah kebocoran.
10. Setrum kabel busi bocor. Sangat riskan menimbulkan percikan api, jika terkena tetesan bensin. Sekali sentuh saja, tangan bisa kesetrum hebat. Apalagi ada uap bensin.


Tulisan ini dikutip dari harian kompas tanggal 17 October 2007 : Klick
Mudah-mudahan postingan ini bermanfaat



Wasalam,


Tangerang, 17 October 2008

Senin, 13 Oktober 2008

Makna dari sebuah keruwetan Ekonomi Dunia

لسلام عليكم و رحمة الله و بركاته

Ini adalah tulisan kelanjutan  dari Dahlan Iskan Pimpinan Jawa Pos, dimana tulisan pertamanya dimuat tanggal 28 September  : Klick
yang mendapat banyak tanggapan dari berbagai media dan 6 Oktober : Klick

Tulisan-tulisan dari Bpk Dahlan Iskan, sangat mudah dicerana oleh kita semua, khususnya saya yang pemahaman ekonomi yang rada pas-pasan, saya posting di media ini dengan harapan sebagai catatan kaki di blog ini dan sebagai media sharing untuk kita berdiskusi dan saling mengomentari mengenai makna dari beberapa tulisannya.

Mudah-mudahan kita lebih arif dalam bertindak dan tidak memancing diair keruh, sehingga peristiwa krismon 10 tahun yang lalu tidak berulang.


******==******


Sebuah Kuburan Keruwetan
[ Jum'at, 10 Oktober 2008 ]

Di kuburan besar itu tidak ada penjelasan siapa yang dimakamkan ramai-ramai di situ. Di tiap batu nisannya hanya tertulis kata-kata begini: penyebab kematiannya adalah keruwetan. Oh, tidak sulit menebak kuburan siapa gerangan itu: Lehman Brothers dan kawan-kawan! Dan, keruwetan yang menyebabkan tewasnya berbagai perusahaan terbesar di dunia itu adalah sebuah urusan yang, menurut Warren Buffett, bernama "racun derivatif".

Racun itu terbuat dari ramuan "kecerdasan, gairah, dan kerakusan". Unsur-unsur dalam ramuan itu, misalnya, commercial papers, mortgage-backed securities, short selling, hedging, over the counter, credit default swaps, equity swaps, interest swaps, margin trading, futures, forward, option, dan banyak lagi. Kalau toh bisa diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia, arti dari tiap-tiap istilah keuangan itu tetap saja ruwet. Seruwet memahami definisi dan peraturannya.

Gampangnya: semua itu adalah anak-cucu dari sistem perbankan yang merasa tidak cukup lagi kalau hanya mendapat keuntungan dari menerima tabungan dan memberi pinjaman. Harus diciptakan produk-produk perbankan yang baru. Itulah derivatif. Yang menciptakannya harus cerdas, bergairah, dan rakus. Yang menjalankannya harus bergairah, rakus, dan cerdas. Yang memilikinya tidak harus cerdas, tapi tetap harus rakus dan bergairah.

Saya punya teman pengusaha besar yang asalnya sangat miskin. Dia lima bersaudara. Saudara tertua kerja mati-matian membanting tulang secara fisik. Sampai harus bertani dan kemudian berkebun sendiri. Lama-lama si sulung itu menjadi pengusaha besar hasil bumi. Dia tidak ingin adiknya tidak sekolah tinggi seperti dirinya. Karena itu, adiknya yang terkecil disekolahkan ke Amerika. Sekolah keuangan. Maksudnya, agar perusahaan keluarga yang dikelola secara tradisional itu kelak bisa jadi perusahaan modern.

Si bungsu sekolah dengan tekun dan jadi ahli keuangan. Ketika pulang, dia merasa perusahaan yang dirintis kakaknya itu harus dibuat modern. Sistem keuangannya harus secanggih di AS, terutama struktur pendanaannya. Si sulung merasa bodoh dan karena itu menyerahkan saja semuanya kepada si bungsu. Terjadilah krismon. Struktur keuangannya ternyata rapuh. Perusahaan itu mengalami kesulitan yang luar biasa. "Pak Dahlan, gara-gara adik, sekarang saya harus kembali bertani lagi," katanya saat krismon masih berlangsung. Syukurlah kini dia sudah jaya kembali.

Sistem keuangan modern memang luar biasa variasinya. Apalagi mendapat dukungan sistem komputer. Perdagangan derivatif kian lama kian membesar. Tentu semuanya di atas kertas, atau di layar komputer. Meski namanya jual-beli, yang berpindah tangan bukan barang atau uang, melainkan angka-angka. Bertukarnya juga sangat kilat. Antarnegara sekalipun bisa secepat kilat. Kalau menanam tebu memerlukan 16 bulan, menanam derivatif hanya dalam hitungan detik.

Enam tahun lalu, Warren Buffett, sudah mengingatkan secara terbuka bahaya perdagangan derivatif ini. "Derivatif adalah senjata pemusnah masal keuangan," katanya. Waktu itu istilah senjata pemusnah masal lagi top-topnya sebagai alasan Presiden Bush untuk menyerang Iraq dan menangkap Saddam Hussein. "Saya tidak tahu kapan meledak, tapi suatu hari kelak pasti meledak," tambahnya.

Derivatif ternyata meledak sekarang.

Warren Buffett adalah orang terkaya di dunia saat ini, mengalahkan Bill Gate. Dialah chairman Berkshire Hathaway yang memiliki bisnis ritel terbesar di dunia: Wal-mart. Dia punya pengalaman pahit membeli perusahaan yang rupanya sudah digelembungkan melalui berbagai perdagangan derivatif. Mau dia jual lagi tidak laku. Maka dia harus membersihkan "lemak dan kolesterol" dari perusahaan itu selama lima tahun dengan kerugian yang sangat besar. Dari situ dia menyimpulkan bahwa derivatif pasti akan meledak jadi bom keuangan. Bahkan, dalam lima tahun setelah dia ucapkan, bom itu sudah lima kali lipat besarnya.

Subprime (mortgage) ternyata hanya satu bagian kecil dari penyebab kekacauan keuangan sekarang ini. Volume uang yang terkait dengan derivatif ini jauh lebih besar daripada perkiraan semula yang hanya USD 15 triliun. (Dalam rupiah harus ditulis begini: Rp 141.000.000.000.000.000, dengan asumsi kurs Rp 9.400 per dolar AS). Bisa jadi transaksi derivatif ini mencapai USD 516 triliun. Angka ini dikeluarkan oleh "ketuanya" bank-bank sentral seluruh dunia yang disebut Bank of International Settlement (BIS) yang berpusat di Basel, Swiss.

Begitu besar dan ruwetnya, sampai-sampai menurut Buffett, pemerintah mana pun, termasuk USA, tidak bisa lagi mengontrol perdagangan derivatif itu. "Bahkan, hanya untuk memonitor pun sudah tidak mampu," katanya.

Derivatif ini sebenarnya sudah sulit dibedakan dengan perjudian. Dalam perdagangan saham murni, meski ada unsur spekulasinya, masih bisa dianalisis. Tapi, dalam perdagangan derivatif yang bisa menganalisis hanya para pelaku sistem itu. Pemilik uang sulit memahaminya.

Saya punya teman baik yang juga penggemar Formula One. Sukanya keliling dunia. Dan memotret. Dia pernah bekerja keras selama 20 tahun untuk mengumpulkan uang sampai Rp 40 miliar. Uang itu dipercayakan kepada satu bank di Singapura untuk diputar. Masuklah ke mesin derivatif. Dalam hitungan detik, uang itu amblas. Di meja judi pun tidak akan secepat itu!

"Saya ini kebalikan dari Anda," katanya menghibur diri. "Kalau Anda, sakit hati dulu lalu mengeluarkan uang. Kalau saya, mengeluarkan uang dulu, lalu sakit hati," katanya.

Tidak sedikit orang atau perusahaan yang punya jalan hidup seperti itu.

Memang tidak gampang memahami rumus derivatif ini. Saya biasanya menghindar saja, daripada pusing. Kelihatannya memang ndeso, bodoh, dan tidak modern, tapi saya memang benar-benar sulit memahami rumusnya.

Bahkan, rumus itu ternyata memang tidak pernah ada. Kesalahan pokok sistem derivatif adalah tidak adanya kepastian apakah harga saham, uang, bunga, margin, aset, dan seterusnya itu bisa diperkirakan untuk jangka 3 atau 5 atau 10 tahun. Bahkan, tidak bisa diketahui apakah pasarnya itu memang ada. Artinya, kalau satu saham yang dibeli itu kini harganya Rp 1 juta, lalu diperkirakan 5 tahun lagi menjadi Rp 10 juta, maka pertanyaannya adalah: apakah benar lima tahun kemudian jadi Rp 10 juta? Kalau toh "ya", apakah ada pembelinya?

Karena kepastian itu memang tidak ada, digunakanlah berbagai asumsi. Sekian banyak asumsi lantas dijadikan satu menjadi "model". Variasi dari gabungan asumsi itu melahirkan berbagai model. Belakangan jadilah "model' itu seperti fakta kebenaran. Yang semula hanya "model" lantas seperti "pasar yang sesungguhnya".

Akibatnya, sebelum transaksi, selalu angka-angkanya dimasukkan begitu saja ke dalam model di komputer. Komputer yang akan menganalisis. Lalu keluarlah angka-angka akhir: berapa harga saham atau uang itu lima tahun ke depan. Nilai itulah yang kemudian dianggap sebagai kekayaan riil saat ini. Termasuk bisa menjualnya atau menjaminkannya untuk pinjam uang. Jaminan itu lantas dijaminkan lagi, dijaminkan lagi, dijaminkan lagi.... Jadilah, pasar derivatif menjadi sebesar USD 516 triliun.

Betapa besarnya angka itu bisa dilihat dari data BIS berikut ini. Nilai saham dan bond (surat utang atau obligasi) di seluruh dunia hanyalah USD 100 triliun. Total nilai realestat di seluruh dunia (yang di pasar modal) adalah USD 75 triliun. GDP Amerika adalah USD 15 triliun.

Jadi, jangan diingat-ingat tulisan ini. Pertama, meski sudah disederhanakan penulisannya, tetap saja ruwet. Kedua, daripada takut sendiri. (*)



Sumber : Klick


Minggu, 12 Oktober 2008

121008 - Ketemuan Ala SMer & Santier's di CITOS




لسلام عليكم و رحمة الله و بركاته

Bermula dari diskusi dan keinginan untuk membentuk Komunitas pengguna Santa Fe, di situs Serayamotor, maka direncanakanlah untuk mengadakan kopdar tanggal 12 October ini di CITOS.
Sebetulnya rencana kopdar ini akan dihadiri oleh pengguna Hyundai Santa Fe ( Kang Andra, Inoz, Kiting, Benzz dan saya sendiri, Sedangkan untuk Bro Benzz tdk bisa hadir karena berhalangan ) dan pengguna Tucson ( Hyndaitucson dan 3 rekan milis TOCI ), tapi ternyata rekan-rekan dari Tucson tak satupun yang bisa hadir sedangkan komunitas Seraya Motor dihadiri Kang Sjamsul dan Kang Nescafe, Kang Moderator SM Andy1800 tidak bisa hadir karena ada undangan pernikahan di TMMI.

Dari ngumpul dan ngobrol itu ada banyak hal yang dibicarakan, baik itu sharing masalah modifikasi Santi, masalah Jumpper Aki, Super air compressor , topik hangat di SM dan sebagainya dan seterusnya…..pokoknya seruuu deh…..!!!
Nah yang menarik lagi kita akan membentuk komunitas pengguna Santa Fe, semua rencana mulai dari logo atau stiker, kemeja, milist sedang dan tengah dipersiapkan oleh Bro Andra sebagai koordinatornya…..
Nah kalau ada rekan-rekan di MP yang kebetulan pengguna Santi, kalo mo joint silahkan sering2 mampir di SM disana akan kelihatan progressnya mengenai Komunitas Santi.




Wasalam,



Tangerang, 12 October 2008.

Rabu, 08 Oktober 2008

DIY - Mengatasi Rembesan pada Hose/Selang Radiator


لسلام عليكم و رحمة الله و بركاته

Hari ini rutin  periksa kondisi si-Santi terutama yang berhubungan dengan : Electric Mirror, air radiator, air wiper & wiper moving, accu, on/off thermostat.  Tapi pas sampai di air radiator kok kondisi direservoir tank kosong dan pas buka cap radiator juga tak tampak air dicap radiator, artinya air radiator tekor nich…..ya udah langsung tambah air radiator dengan air kondensasi ac rumah yang sdh tersedia di dirigen….setelah penuh langsung panaskan mesin dan nyalakan AC, setelah mesin panas ketika periksa semua joint diradiator ditemukan adanya rembesan air di bagian bawah hose/ selang inlet, rembesan itu tidak terlihat tapi pas di raba dengan telapak tangan ada basah…..wah ketemu nich masalah. Untuk memastika periksa lagi dibagian yang lain di hose outlet joint tetapi kondisi tidak ada kebocoran dan bagus, kecuali dihose inlet tadi,  tapi daripada…daripada khan lebih baik semua diperbaiki.
Point Persiapan :
  1. Parkir kendaraan ditempat yang teduh dan nyaman
  2. Ganti pakaian anda dengan pakaian biasa/wearpack karena harus ngolong
  3. Siapkan Red Silicon dan kebetulan sisa bulan lalu masih ada
  4. Kain Lap/ majun
  5. Air sirup dingin atau air putih atau kopi hitam
  6. Rokok ngak rekomen deh….karena sudah berhenti


Alat-alat yang digunakan :
  1. Tang Penjepit yg lock sistem
  2. Tang biasa
  3. Tang Potong
  4. Kawat 1 mm
  5. Sikat kawat atau amplas halus + kasar
  6. Air Coolant atau air kondensasi ac



Point Pekerjaan :
  1. Matikan mesin dan biarkan kondisi mesin tidak panas.
  2. Bila sudah lumayan dingin buang air radiator dengan membuka cap dan vent bagian bawah untuk drain out air radiator, setelah semua air keluar dari dalam radiator.
  3. Lepas Hose/Selang Outlet dengan menggunakan tang penjepit dan kemudian clemp diikat dengan kawat.
  4. Lepas Hose/ Selang Inlet juga dengan menggunakan tang penjepit dan kemudian clemp diikat dengan kawat.
  5. Bersihkan Hose/Selang dengan air diterjen hingga bersih
  6. Bersihkan nozzle/ pipa penghubung dengan sikat kawat atau amplas hingga bersih
  7. Pasang Hose/Selang radiator pada Nozzle bawah dan atas untuk setting posisi selang radiator Inlet.
  8. Bila posisi setting sudah pas, maka lepas kembali hose/selang radiator bagian bawah dan masukkan atau pasang ring /clemp radiator.
  9. Lalu olesi atau lumuri pipa nozzle dengan red silicon sesukupnya dan sebelum kering pasang kembali selang radiator pada nozzle, kemudian setting posisi ring/ clemp yang pas sehingga memudahkan saat pelepasan clemp utk kedepan nanti….setelah pas potong kawat pengikat….nah clemp akan mengunci secara otomatis….praktisss khan….!!!
  10. Untuk joint Hose berikutnya lakukan step 8 dan 9.
  11. Begitu juga untuk pemasangan Hose/Selang Outlet gunakan step 7 s/d 9.
  12. Anda tak perlu menunggu adanya rembesan baru mengerjakan pekerjaan ini, tapi sebagai tendakan preventif anda juga bisa melakukannya untuk tunggangan anda yang usia pakainya lebih dari 3 tahun.
  13. Bila semua pemasanga kembali selang sudah selesai biarkan beberapa saat agar red silicon mengering, dan setelah itu isi kembali air radiator hingga penuh.
  14. Setelah Penuh nyalakan mesin dan juga ac hingga mesin panas dan thermostart bekerja…..perhatikan kebocoran/ rembaan pada joint selang yang kita kerjakan tadi, bila tidak ditemukan adanya kobocoran/rembesan berarti pekerjaan sudah selesai.
  15. Selamat mencoba dan anda tak perlu biaya yang besar untuk mengerjakan pekerjaan ini.





Wasalam,


Tangerang, Selasa 7 October 2008.





Senin, 06 Oktober 2008

Rencana yang gagal …..!!!






لسلام عليكم و رحمة الله و بركاته

Sudah direncanain sejak seminggu yang lalu, bahwa kita akan main ke ancol menikmati liburan yang masih bersisa seminggu lagi, pikir2 sih kondisi ancol ngak terlalu rame untuk tanggal sekarang ini. Tapi rencana tinggal rencana ternyata mamanya anak2 sedang kondisi ngak Fit karena biasa kondisi bulanan….dan waktu diajak nonton kemaren juga sebetulnya kondisi kesehatan juga kurang bagus tapi karena untuk menyenangkan anak2 ya udah ikut aja…..tapi setelah pulang kondisi semakin drop …sehingga rencana untuk ke ancol dibatalkan saja.

Karena sudah janji sama anak2 maka sebagai gantinya kita akan makan berger di BSD, yakni “ Blenger Berger “, nih berger yang katanya super eunaakk…jadi kita mo coba….dan Istri juga setujuu….jadi berangkatlah kita kesana kira2 jam 10 an dan betapa kecewanya kami ketika sampai disana ternyata Blenger Bergernya tutuppppp……!!

Puter balik lagi sambil berdiskusi sama anak2….maunya makan dimana nich….2 mengusulkan makan di Hoka2 Bento …. 2 lagi di McD…..nah saya pemutus paling utama karena sebelumnya suara sudah seri…..tapi alasan si-sulung sih membuat saya memutuskan untuk makan di McD katanya di HHB ngak ada sertifikat Halalnya…..!!!
Ya udah kita putuskan untuk makan di McD : 1 pesan Big berger 2 pesan gourmet wrap dan 2 pesan Crispy Chiken…..nah selesai makan di McD kita lanjut main ke Telaga Serpong….tempat bermain anak2 sejak kecil dulu……nich ada photo-photonya…..lumayan, buat kenangan akhir dari sebuah rencana yang gagal atau tertunda…..!!!




Wasalam,


Tangerang, 6 October 2008





Minggu, 05 Oktober 2008

Cara Mendownload lagu dari eSnips.com



Bila anda sudah mempunyai Account ataupun tidak mempunyai account di esnips.com
http://www.esnips.com/signin/index.jsp

Dan ingin mendownload lagu-lagu Favourite yang anda suka maka anda bisa lakukan itu dengan terlebih dahulu mengklick situs dibawah ini dan ikuti petunjuk yang sudah ada :
http://www.speedytown.com/goodday/index.php/bagaimana-cara-melakukan-download-lagu-musik-di-esnips/

Selamat bersurfing ria dan nikmati lagu-lagu yang anda suka.....



Wasalam,


Tangerang, 4 October 2008

Jumat, 03 Oktober 2008

Film Laskar Pelangi di Cinema 21


Rating:★★★★
Category:Movies
Genre: Drama



Film Laskar Pelangi
• Produser : Mira Lesmana
• Produksi : Miles Films & Mizan Production
• Pemain : Cut Mini, Ikranagara, Tora Sudiro, Selamat Raharjo, Mathias Muchus, Rieke Diah Pitaloka, Ikal (Zulfani), Lintang (Ferdian) dan Mahar (Veris Yamarno).
• Sutradara : Riri Riza
• Penulis : Salman Aristo, Riri Riza, Mira Lesmana.


لسلام عليكم و رحمة الله و بركاته

Laskar Pelangi sebuah nama yang diberikan oleh Ibu Muslimah kepada murid-muridnya yang terdiri dari : Ikal, Lintang, Mahar, Harun, Sahara, A kiong, Syahdan, Kucai, Borek, dan Trapani, dimana mereka ini semua adalah anak-anak yang kalau boleh pinjam bahasanya Andrea Hirata anak-anak melarat, yang hanya memiliki semangat untuk sekolah dan semangat untuk lepas dari kemiskinan.

Kesepuluh anak ini bersekolah di SD Muhammadiyah – Gantung dimana sekolah mereka memiliki kondisi yang sangat minim: Bocor, posisi sudah miring hingga harus ditahan dengan penyangga kayu, juga sering digunakan untuk berteduh hewan peliharaan dan perlengkapan sekolah yang apa adanya.

Dengan perpaduan kedua hal tersebut diatas sepertinya tidak mungkin mereka bisa bersaing dengan kondisi sekolah yang sudah maju dan menerapkan kurikulum yang moderen, tapi fakta berbicara lain walaupun mereka memiliki keterbatasan : mereka memiliki semangat dalam belajar dan juga memiliki guru yang mempunya dedikasi yang sangat tinggi terhadap pendidikan muridnya, selain dari itu mereka memiliki bakat alamiah yang mungkin tidak dimiliki oleh sekolah lainnya.

Kisah Film Laskar pelangi adalah kisah nyata kehidupan disebuah daerah di belitong yang dikelilingi oleh sebuah industri yang maju saat itu yaitu PN Timah, masyarakat lokal yang mempunyai keterbatasan pendidikan termarginalkan didaerah mereka sendiri, mereka hanya bisa melihat dan menyaksikan kemajuan yang ada namun tak bisa menikmatinya, mereka terpinggirkan oleh sebuah keadaan dan kesempatan kerja bagi mereka adalah hanya sebatas kuli…. ya kuli adalah pegawai rendahan, yang memandang sekolah adalah tempat bagi kaum elit sedangkan buat mereka dan keluarga adalah bekerja untuk menghasilkan uang, sebuah phenomena dan pemikiran yang berkembang saat itu…mugkin termasuk saya atau anda yang pernah merasakan ditahun 70 an.

Kembali lagi ke pola pendidikan yang dikembangkan oleh SD Muhammadiyah – Gantung, disekolah ini mengembangkan pendidikan budi pekerti yang sangat dalam, dimana guru-gurunya yakni Pak Harfan, Ibu Muslimah dan Pak Bakri lebih mengedepankan Hati daripada Nilai dan lebih mengedepankan Memberi daripada Menerima, cara penyampaian pelajaran juga tidak menoton dilingkungan kelas tapi dihalaman sekolah atau ditempat2 lain yang berhubungan dengan pelajaran yang diberikan, metode belajar juga biasa-biasa saja tak ada yang begitu istimewa.







Tokoh utama dalam cerita ini adalah Ikal, Lintang dan Mahar yang mempunyai kelebihan dan bakat alamnya masing-masing, kelebihan dari ketiga tokoh ini menghantarkan mereka pada juara Karnaval dan Jaura Cerdas cermat yang mengalahkan SD PN Timah yang nota bene memiliki kelebihan pada pasilitas sekolah dan kurikulum yang sudah mapan. Ikal yang mempunyai cerita tersendiri dalam hal cinta dengan A Ling pemilik toko kapur tulis “ Sinar Harapan “, Lintang anak pesisir Jenius yang mempunyai semangat tinggi untuk bersekolah, dimana untuk mencapai sekolah dia harus menggoes Kereta anginnya ( Sepeda ) yang melewati sarang buaya, adegan ini sengaja diperlihatkan berulang-ulang mungkin dengan tujuan untuk memotivasi penonton tentunya, serta Mahar yang mempunyai kelebihan dalam hal musik, yang selalu mengalungi radio kesayangannya dan mempunyai kebiasaan bertengger dipohon dalam memperoleh imajinasi baru, dan satu lagi sering menjemur battery bekas supaya bisa digunakan lagi untuk radionya…..hehehehe ( jadi inget masa lalu suka juga dapet tugas menjemur batu battery ).

Kisah sedih dalam Cerita ini dimulai saat meninggalnya Pak Harfan, Kepala sekolah dan guru pendidikan agama dan budipekerti. Meninggalnya Pak Harfan ini ditemukan oleh Ibu Muslimah diruang guru….mengharukas sekali seorang guru meninggal diruang guru…!, dan yang kedua saat Lintang harus keluar dari sekolah karena ayahnya diperkirakan meninggal dilaut saat menangkap ikan dan tak kembali lagi, lintang mempunyai beberapa adik perempuan yang sudah tak memiliki ibu….jadi saat ayahnya meninggal mereka sudah menjadi yatim piatu diusia yang masih belia dan Lintang berhenti dari sekolah karena harus menghidupi adik-adiknya….saat Lintang izin untuk berhenti sekolah disinilah keharuan itu timbul…sungguh sangat mengharukan menurut saya dan keluarga…..!!

Akhir cerita Ikal sudah dewasa dan kembali ke Belitong dan bertemu kembali dengan lintang yang saat itu sudah berkeluarga dan mempunyai anak perempuan yang sama pintarnya seperti lintang masih kecil dulu, sedangkan Ikal pulang kebelitong dengan tujuan untuk pamit kepada teman karibnya itu karena akan belajar ke Prancis….sebuah kota yang konon tempat orang-orang pinter bersekolah dan tempat berkumpulnya pembuat dan pemikir seni.

Film Laskar Pelangi sangat layak untuk ditonton, terutama bagi anda yang mempunyai anak yang masih bersekolah, saat kami menonon Film ini di Cinema XXI Sumeracon Serpong ada 2 studio yang memutar film ini dan kondisi tempat duduk semuanya full terisi, dan kami datang satu jam sebelum pertunjukan dan kami mendapatkan tempat duduk dibarisan no 3 dari depan dan itupun disebelah pinggir, jadi dengan tiket Rp 15 rb saat hari biasa dan Rp 25 rb saat hari libur nilai tersebut tak seberapa dibandingkan dengan nilai yang kita peroleh untuk memotivasi buah hati kita.

Saat Pulang si-sulung langsung membuka-buka buku Laskar pelangi yang saya beli bulan April kemaren padahal sebelumnya tak ada ketertarikan sama sekali untuk membaca buku ini, meskipun saya sudah beberapa kali menawarkan kepadanya…..apakah sisulung mendapatkan sesuatu pelajaran yang berharga dari Film ini…??? Untuk sementara saya belum bisa menjawabnya….yang pasti Film ini bagus untuk ditonton dan perlu untuk diambil hikmahnya…..!!!




Wasalam,

Tangerang, 3 October 2008




Note :
Ada satu lagi yang perlu saya sharing disini, kalo anda mau menyaksikan Film-film di Ceneplex 21 sebaiknya anda masuk ke website ini : http://www.21cineplex.com/
Disana anda bisa memilih kota tempat anda tinggal atau lalu Film yang anda ingin saksikan, maka semua akan tersaji dengan jelas kapan pertunujukan itu akan dimulai dibioskop mana saja…dst…dsb…!



Kamis, 02 Oktober 2008

Saatnya Berbagi Kebahagiaan


Alhamdulillah, selesai juga kita melewati ujian dalam menahan hawa nafsu dan mengikuti ritual kiamullail.  Hal-hal yang sulit, berat ataupun menggangu dapat kita singkirkan karena niat dari dalam hati dan diimplementasikan pada sebuah ketundukan dan kepatuhan kita kepadaNya, hal itulah membuat kita khusyuk beribadah kepada Allah dengan harapan agar segala pikiran, jiwa dan tubuh kita menjadi bersih….bersih dari penyakit kotor dunia yang fana ini……!!
Kebahagiaan yang kita rasakan sekarang ini tak lebih dari perasaan melihat kedalam, bahwasanya…dihari kemaren itu…..hampir saja saya marah….dihari kemaren itu hampir saja saya minum…dihari kemaren itu terasa benar perihnya perut ini…..dihari kemaren itu terasa benar saya bersimpuh ketika imam shallat membaca ayat2 suci sambil menitikan air mata dan berimbas kediri saya pribadi…..dihari kemaren itu sebetulnya kami bangun kesiangan sehingga kami tetap melakukan ibadah puasa…..dihari kemaren itu kami sekeluarga bersyukur bahwa kami tidak termasuk orang yang mengantri untuk menerima zakat….dan seterusnya dan sebagainya…..!!!
Meskipun Ibadah puasa ini setiap tahun kita lakukan….namun disetiap tahun itupula maknanya berbeda….perbedaan makna itu akan terasa sekali ketika ada perubahan dalam kualitas ibadah yang kita lakukan….apakah itu semakin Khusyuk….apakah itu semakin bulat…..apakah itu semakin berserah diri dan bersabar…..apakah itu penguasaan kita dalam berbicara dan bertingkah laku….dst…dsb….!!
Nah kalau makna itu bisa kita tarik sebagai garis lurus maka akan terlihat perbedaannya….perbedaan itu tidak bisa kita ungkapkan tapi bisa kita rasakan sebagai hal yang religius…..sifatnya sederhana tapi maknanya sangat dalam…..!!
Jadi Pemahaman akan makna Ibadah puasa yang telah kita lakukan…..akan membawa kita kearah yang lebih baik….baik dalam membina hubungan yang bersifat Vertikal ataupun yang bersifat Horizontal….Insya Allah tentunya.
Menyangkut Hubungan diatas tadi “ saya selaku mahluk pribadi dan mahluk sosial kalau ada ucapan, kata ataupun tindakan yang kurang berkenan dihati rekan-rekan Mper, Mohon dibukakan pintu maaf yang seluas-luasnya “ atas kesalahan dan kekhilafan tersebut….mudah-mudahan jalinan silaturahmi dan pertemanan di MP akan mendekatkan kita….untuk saling berbagi ….ya berbagi kabaikan dan berbagi kebahagiaan…..!!
“ Selamat Idul Fitri 1 Syawal 1429H “
Minal Aidin Walfaizin Mohon Maaf Lahir dan Bathin

Wasalam,

Tangerang, 1 Oktober 2008